Cara Update Publikasi Di Sinta

Halo teman-teman! Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Pada artikel ini akan memberikan informasi lengkap mengenai cara update publikasi di sinta dan biaya publikasi di sinta.

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal untuk pengelolaan data dan informasi publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh institusi akademis dan peneliti di Indonesia. SINTA menjadi sebuah platform bagi para peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka dan mengukur kualitas publikasi melalui indeksasi. Artikel ini akan membahas pengertian, syarat, dan cara update publikasi di SINTA.

Pengertian SINTA

terindeks sinta

SINTA adalah sebuah portal yang dibuat oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia sebagai sistem informasi publikasi ilmiah dan hasil penelitian yang berbasis pada kriteria yang ditetapkan. SINTA berfungsi sebagai basis data yang dapat menampilkan informasi mengenai publikasi ilmiah yang berasal dari peneliti dan akademisi di Indonesia. Portal ini membantu dalam pemantauan dan evaluasi publikasi ilmiah serta menjadi tolak ukur kualitas penelitian.

Syarat Update Publikasi di SINTA

Sebelum melakukan pembaharuan publikasi di SINTA, peneliti harus memastikan bahwa publikasi tersebut sudah terdaftar pada portal SINTA. Selain itu, publikasi harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti harus merupakan hasil penelitian yang orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Publikasi juga harus terdaftar pada jurnal yang terindeks di SINTA dan memiliki nomor DOI (Digital Object Identifier). Selain itu, publikasi harus telah diterima dan dipublikasikan oleh jurnal yang terindeks di SINTA.

Cara Update SINTA Hanya 5 Menit

Langkah pertama untuk melakukan update publikasi di SINTA adalah dengan mendaftar sebagai pengguna pada portal SINTA. Setelah mendaftar, peneliti dapat login ke akun SINTA dan memilih menu “Publikasi”. Kemudian, peneliti dapat mencari publikasi yang ingin diupdate dan mengklik tombol “Edit”. Pada halaman edit publikasi, peneliti dapat melakukan perubahan data, seperti judul, nama penulis, keterangan, dan lain-lain. Setelah selesai melakukan perubahan, peneliti dapat mengklik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan tersebut.

Setelah publikasi diupdate, SINTA akan melakukan proses verifikasi ulang terhadap publikasi tersebut. Proses verifikasi ini meliputi pengecekan kembali terhadap data dan informasi publikasi. Setelah proses verifikasi selesai, publikasi akan ditampilkan dengan data yang telah diupdate.

Pendampingan Publikasi Jurnal SINTA 2,3,4 & 5 Pasti Terbit

Nah, dalam proses publikasi jurnal sinta , kamu diwajibkan untuk memiliki naskah jurnal terlebih dahulu dan kemudian baru kita publikasikan.

Nah sebenarnya, untuk publikasi di daftar jurnal sinta sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Jika Sobat Green Publisher memilih jurnal sinta  yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang mendampingimu. Selain prosesnya yang ketat, untuk menunggu naskah yang kamu miliki di terima atau tidak oleh jurnal tersebut, memakan waktu yang cukup lama. Bisa 3 bulan, 4 bulan hingga 6 bulan lamanya.

Jika ternyata naskahmu tidak diterima di jurnal sinta , maka naskah akan dikembalikan dan diperlukan revisi jurnal. Dan bilamana di terima, maka kamu juga perlu menunggu sekitar 6 bulan – 1 tahun untuk naskah tersebut bisa dipublikasikan.

Akan tetapi, jika kamu berinisiatif untuk memilih yang berbayar, maka kamu akan didampingi dalam proses review yang mana tidak akan menguras waktu lama.

Kamu hanya perlu menunggu maksimal 1 minggu saja untuk proses review jurnal. Jika naskah jurnalmu tidak sesuai, maka akan dibantu dalam proses revisinya. Dan jika sesuai, maka naskahmu akan dipublikasikan pada waktu yang dekat. Kami siap mendampingi naskahmu sampai benar-benar bisa terbit di jurnal sinta impianmu.

Kami memiliki banyak Tim yang masing-masing sudah ahli dalam bidangnya. Semua rumpun ilmu, bisa kami dampingi publikasinya di jurnal sinta.

Apakah biaya publikasi jurnal sinta ini mahal? Tidak, kami menyesuaikan kantong mahasiswa.

Apakah dijamin bisa terbit di jurnal sinta ? Kami jamin 100%, dengan catatan naskah tersebut sudah sesuai.

Kesimpulan

Pembaharuan publikasi di SINTA merupakan proses yang penting bagi para peneliti dan akademisi di Indonesia. Sebelum melakukan pembaharuan publikasi, peneliti harus memastikan bahwa publikasi tersebut memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh SINTA. Proses update publikasi dapat dilakukan dengan mudah melalui portal SINTA dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan.

Update publikasi di SINTA sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian dan akademisi di Indonesia serta membantu pemantauan dan evaluasi publikasi ilmiah yang dilakukan oleh pihak yang berwenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like