Cara Membatalkan Submit Jurnal Di SINTA

Halo sobat publikasi, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membatalkan submit jurnal di Sinta. Bagi Anda yang mengalami persoalan tersebut dan ingin mencari tahu solusinya, Anda datang pada artikel yang tepat.

Sebelum membahas mengenai cara membatalkan submit jurnal Sinta, tentunya Anda harus mengetahui lebih dahulu pengertian dari sebuah jurnal Sinta. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pengajuan jurnal ke dalam database Jurnal SINTA adalah suatu kegiatan penting bagi para peneliti dan akademisi di Indonesia. Hal ini dikarenakan, jurnal SINTA merupakan bagian dari program Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Dengan adanya Sinta, tentunya memiliki tujuan dalam memperkuat riset dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Akan tetapi, terdapat beberapa kondisi dimana pengaju perlu membatalkan submit jurnal yang telah dilakukan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Apa Itu Jurnal SINTA?

Cara membatalkan submit jurnal di SINTA

Science and Technology Index (SINTA) adalah sebuah portal ilmiah daring yang dioperasikan oleh Kemendikbud Ristek dan menyajikan daftar jurnal nasional terakreditasi.

Jurnal Sinta telah menjadi database atau pusat data untuk jurnal-jurnal nasional terakreditasi. Sudah tak asing lagi jika Sinta menjadi tujuan utama bagi para akademisi ataupun para peneliti yang sedang mencari referensi dalam bentuk jurnal nasional dengan kualitas yang telah diakui oleh Kemendikbud Ristek. Untuk jurnal-jurnal yang termasuk dalam Sinta, tentunya telah dianggap layak sebagai referensi, sering dikutip, dan sebagainya.

Alasan Memilih Jurnal SINTA

Sebelum memilih submit jurnal di Sinta, tentunya Anda harus memiliki alasan dalam mempublikasikannya. Bagi Anda yang mengajukan jurnal ke dalam database Jurnal SINTA, tentunya Sinta  memberikan beberapa keuntungan bagi para peneliti dan akademisi.

Keuntungan yang pertama adalah jurnal SINTA dapat memberikan reputasi yang baik bagi jurnal yang telah diakreditasi. Alam Hal ini memperkuat posisi jurnal sebagai sumber pengetahuan yang terpercaya dan kredibel di mata publik.

Keuntungan yang kedua, pengindeksan jurnal di Jurnal SINTA dapat membantu para peneliti dan akademisi untuk meningkatkan visibilitas dan citasi publikasi mereka.

Hal ini memberikan keuntungan dalam proses penilaian kinerja akademik dan promosi karir di bidang akademik.

Ingin Publikasi Jurnal SINTA Dengan Biaya Terjangkau Dan Cepat Terbit? Yuk Konsultasikan Dengan Tim Ahli Kami Di Bawah ini!


Syarat Membatalkan Submit di Jurnal SINTA

Cara membatalkan submit jurnal di SINTA

Ketika terdapat kesalahan ataupun perubahan kebijakan, pembatalan submit jurnal di Jurnal SINTA dapat Anda lakukan.

Selain itu, proses pembatalan submit jurnal dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa syarat dan prosedur yang telah ditentukan oleh Kemenristek/BRIN.

Untuk melakukan pembatalan submit jurnal di Sinta, pengaju harus memenuhi beberapa syarat yang telag ditentukan oleh Kemenristek/BRIN. Untuk syarat pertama adalah pengaju harus memiliki akses ke akun Jurnal SINTA yang digunakan untuk mengajukan jurnal.

Selain itu, pengaju harus menghubungi tim administrasi Jurnal SINTA melalui email atau layanan pengaduan yang tersedia di situs Jurnal SINTA.

Cara Membatalkan Submit Jurnal Di Sinta

Di bawah ini terdapat  beberapa saran yang perlu diperhatikan dalam membatalkan submit jurnal Di SINTA. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Periksa Kembali Sebelum Submit Jurnal

Sebelum melakukan submit jurnal di SINTA, Anda dapat memastikan dan memeriksa berbagai hal terkait jurnal. Anda dapat mengecek kembali sebelum submit jurnal, seperti format penulisan, kebenaran data dan informasi, dan sebagainya.

Hal tersebut dapat Anda lakukan agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan perlu dilakukan pembatalan submit jurnal.

Simpan Bukti-bukti dan Informasi Penting

Selama proses submit jurnal, Anda dapat menyimpan beberapa bukti selama proses submit jurnal dan informasi penting seperti nomor ID jurnal, tanggal submit.

Dengan menyimpan informasi penting tersebut,  tentunya ketia terjadi masalah pada jurnal dan diperlukan tindakan seperti pembatalan submit jurnal.

Berkomunikasi dengan Pihak SINTA

Jika terjadi masalah atau kesulitan pada proses submit jurnal, maka jangan ragu untuk berkomunikasi dengan pihak SINTA melalui email atau media sosial mereka.

Pihak Sinta akan membantu dan memberikan solusi atas permasalahan yang dialami penulis.

Cari Bantuan dari Ahli atau Pakar

Apabila merasa kesulitan dalam melakukan submit jurnal di SINTA, atau ingin mengetahui lebih jauh tentang tata cara dan persyaratan submit jurnal di SINTA, carilah bantuan dari ahli atau pakar di bidang tersebut.

Ahli atau pakar dapat memberikan solusi dan saran yang tepat dan akurat untuk masalah yang dihadapi.

Dalam pengajuan pembatalan jurnal, pengaju perlu menjelaskan secara jelas dan terperinci mengenai alasan pembatalan submit jurnal tersebut.

Sehingga, pengaju tak perlu menyediakan bukti-bukti yang mendukung pembatalan submit jurnal seperti email konfirmasi atau bukti pembayaran yang telah dilakukan.

Proses Pembatalan Submit Jurnal di Jurnal SINTA

Anda dapat mengirimkan permintaan pembatalan submit jurnal, tim administrasi Jurnal SINTA akan memproses permintaan tersebut.

Proses tersebut dapat memakan waktu yang bervariasi tergantung pada kompleksitas kasus dan jumlah permintaan yang sedang diproses. Setelah permintaan pembatalan submit jurnal diterima dan diproses, pengaju akan menerima notifikasi mengenai status pembatalan submit jurnal melalui email.

Walaupun Kemenristek/BRIN telah menyediakan opsi pembatalan submit jurnal di Jurnal SINTA, terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan dan tidak memungkinkan untuk melakukan pembatalan submit jurnal.

Kondisi yang memungkinkan untuk pembatalan submit jurnal antara lain adalah terdapat kesalahan pengaju dalam pengisian formulir pengajuan jurnal, perubahan kebijakan terkait jurnal yang diajukan, dan terjadinya kesalahan teknis pada sistem Jurnal SINTA.

Adapun kondisi yang tidak memungkinkan untuk pembatalan submit jurnal adalah jurnal telah diproses oleh tim editorial jurnal yang dituju atau jurnal sudah terbit.

Kesimpulan

Pembatalan submit jurnal di Jurnal SINTA merupakan suatu hal yang dapat dilakukan apabila terdapat kesalahan atau perubahan kebijakan dari pengaju terkait jurnal yang diajukan.

Proses pembatalan submit jurnal dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa syarat dan prosedur yang telah ditentukan oleh Kemenristek/BRIN.

Meskipun opsi pembatalan submit jurnal tersedia di Jurnal SINTA, terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan dan tidak memungkinkan untuk melakukan pembatalan submit jurnal.

Oleh karena itu, pengaju perlu memahami dengan baik syarat dan ketentuan pembatalan submit jurnal di Jurnal SINTA sebelum melakukan pengajuan.

Sekian sedikit pembahasan mengenai cara membatalkan submit jurnal di sinta, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like