Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta

Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta sangatlah mudah dilakukan oleh kamu hanya cukup mengikuti langkah langkah yang terdapat pada artikel dibawah ini.

Walaupun menerbitkan sebuah jurnal ilmiah merupakan hal yang wajib dilakukan bagi para lulusan perguruan tinggi, meskipun begitu sangat disayangkan karena masih sedikit orang yang mengetahui Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta.

Adapun salah satu syarat wajib kelulusan dari S1 hingga S3 yaitu publikasi di jurnal ilmiah yang telah terakreditasi.

Sangat khusus untuk PhD, terhadap jurnal internasional yang bergengsi seperti Scopus. Untuk programnya sendiri yaitu jurnal ilmiah nasional yang diakreditasi oleh Sinta.

Hal yang paling sederhana tentu saja S1, Yang paling sederhana tentu saja S1, yaitu jurnal nasional yang berlisensi, biasanya hanya terindeks oleh pihak Copernicus saja.

SINTA (Indeks Sains dan Teknologi) adalah Indeks Sains dan studi yang berbasis web dan dirancang untuk mengukur kinerja dari beberapa peneliti, lembaga, dan jurnal ilmiah Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta

Cara Mencari Jurnal Di Sinta

Dan untuk teman-teman yang masuh belum mengetahui Cara Mencari Judul Jurnal Di Sinta yang baik dan benar, maka dari itu, Simaklah langkah langkah dibawah ini sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang kalian harus lakukan ialah mengunjungi laman resmi sinta https://sinta.kemdikbud.go.id/ lalu kalian  klik menu Sources / Sumber lalu klik Jurnal / Journal.
  • Ada juga langkah yang kedua yaitu kamu tulis nama jurnal yang kalian cari dan kamu bisa mengklik atau gunakan opsi pencairan selanjutannya.
  • Setelah ke opsi pencairan, kemudian…, kamu dapat memilih salah satu dari berbagai rumpun ilmu yang ada seperti rumpun kesehatan, Pendidikan Agama, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni,Sosial, Permesinan, dan Sains
  • Jika kamu sduah menemukan jurnal yang kamu inginkan, kemudian kamu dapat memilih target sinta yang kamu butuhkan seperti sinta 1,2,3 atau 6.
  • Jika kamu sudah memutuskan sinta berapa yang akan kamu ambil dan kamu bisa mengklik jurnal tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari jurnal itu.

Baca Juga : Ciri Ciri Jurnal Terindeks Sinta

Cara Download Jurnal di Sinta

Cara Download Jurnal di Sinta

Berikut Langkah-langkah cara download jurnal di sinta:

1. Buka website Sinta

Pertama-tama kalian buka  https://sinta.kemdikbud.go.id

2. Memilih Kualitas Jurnal

Di sini kamu bisa memilih kualitas jurnal yang menggunakan ( sinta 1, sinta 2, sinta 3, sampai sinta 6 ) dan kamu juga bisa memilih salah satu kata kunci, kemudian cari judul jurnal ( journal ) yang akan kamu unduh atau unduh sesuai pada kolom pencarian.

3. Memilih Judul Jurnal

Setelah menulis jurnal yang kamu inginkan langkah selanjutnya yaitu klik cari dan akan muncul beberapa rekomendasi jurnal.

Setelah kamu bisa klik logo yang ada di bawah judul, logo tersebut merupakan penyedia indeks jurnal, bisa Arjuna, PDDIKTI, Risbang, Garuda atau Scopus (Indeks Jurnal Internasional),

5. Masuk pada Tautan

Selanjutnya adalah kamu bisa memilih judul jurnal yang kamu inginkan, dan kamu juga bisa melihat abstrak yang ada di dalam jurnal.

Setelah kamu dapat mengklik masuk lalu kamu akan diarahkan ke perguruan tinggi atau universitas jurnal yang kamu pilih untuk mengetahui teks lengkap dari jurnal tersebut

6. Unduh Jurnal

Sehabis itu akan muncul artikel jurnal yang kamu inginkan dan kamu bisa download dalam bentuk PDF.

Baca Juga : Cara Melihat Peringkat Jurnal Di Sinta

Format Penulisan Jurnal Sinta

Ada juga Format Penulisan Jurnal Sinta nya sebagai berikut :

Format Penulisan Jurnal Sinta

1. Judul Artikel

Penulisan Jurnal Sinta yang pertama yakni menulis Judul artikel.

Tulislah judul yang harus menarik perhatian dan provokatif, menggambarkan isi atau temuan, tidak berupa singkatan dan nama peraturan, atau tanpa nama subjek penelitian atau tempat penelitian.

2. Abstrak

Penulisan Jurnal Sinta yang kedua adalah Abstrak.

Ini adalah bagian terpenting dari jurnal. Abstrak dapat dikatakan sebagai inti dari penelitian. Reviewer akan membaca artikel terlebih dahulu.

3. Keyword

Selain abstrak, ada juga beberapa kata kunci yang harus diperhatikan dengan seksama. Kata kunci ini sangatlah penting untuk mengetahui arah pembahasan jurnal yang akan berlangsung.

4. Pendahuluan

Yakni bagian pertama dari jurnal. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana jurnal tersebut akan dibahas.

5. Metode Penelitian

Penulisan Jurnal Sinta berikutnya yaitu metode penelitian. Dalam metode penelitian ini, kamu harus memastikan bahwa metode yang Anda gunakan dalam penelitian kamu sudah tepat.

6. Hasil Dan Pembahasan

Pada saat menulis jurnal, hasil dan diskusi penting untuk memahami arah penelitian. Selain itu, hasil dan pembahasan juga sangat penting untuk memahami hasil penelitian ini.

7. Diskusi

Penulisan Jurnal Sinta yang ketuju yaitu bagian Diskusi.

Pembahasan pada bagian Diskusi ini penting dilakukan supaya jurnal lebih mudah dipahami. Untuk itu, bagian ini membutuhkan gambaran yang jelas.

8. Simpulan

Dalam jurnal, tentu saja, juga diikuti kesimpulan. Penulisan Jurnal Sinta pada bagian kesimpulan ini harus diperhatikan dengan seksama, supaya jurnal dapat dengan mudah diserap oleh pembaca.

9. Ucapan Terima Kasih

Selain kesimpulan, ucapan terima kasih juga adalah Penulisan Jurnal Sinta yang tidak boleh kamu lewatkan. Ucapan terima kasih biasanya mencakup beberapa pihak yang sudah membantu dalam proses produksi jurnal.

10. Referensi

Penulisan Jurnal Sinta yang terakhir merupakan Format Penulisan Jurnal Sinta.

Tidak kurang dari yang lain. Pada bagian referensi juga penting untuk membuat jurnal yang kamu tulis lebih terpercaya. Maka dari itu, kamu dapat menyertakan beberapa referensi yang telah digunakan untuk menulis jurnal.

Baca Juga : Tingkatan Jurnal Sinta

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mencari Judul Jurnal di Sinta, Cara Download Jurnal di Sinta dan Format Penulisan Jurnal Sinta. Semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like