Cara Lolos Jurnal Sinta 2

Jurnal SINTA 2 adalah salah satu kategori jurnal yang diakui secara nasional di Indonesia. Jurnal ini memiliki kriteria yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurnal SINTA 1, sehingga membutuhkan upaya lebih untuk dapat lolos sebagai jurnal SINTA 2. Dalam artikel ini, kami akan membahas pengertian dari jurnal SINTA 2 serta cara-cara untuk lolos menjadi jurnal SINTA 2.

Pengertian Jurnal SINTA 2

Cara Lolos Jurnal Sinta 2

Jurnal SINTA 2 adalah jurnal yang telah diakui oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BIRNas) sebagai jurnal yang memenuhi kriteria kualitas tertentu. Jurnal SINTA 2 memiliki kriteria yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurnal SINTA 1, yang berarti jurnal SINTA 2 dianggap lebih prestisius dan dianggap lebih berkualitas.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Mengetahui pengertian jurnal sinta memang penting tapi yang paling penting adalah mengetahui ilmu cara upload jurnal sinta, tentu saja dengan mengetahuinya Anda akan dengan mudah untuk mempublikasikan karya ilmiah yang Anda miliki.

Cara Lolos Jurnal SINTA 2

1. Memperhatikan Kriteria Penilaian

Sebelum mengajukan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal SINTA 2, perlu untuk memperhatikan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Kemenristek/BIRNas. Kriteria tersebut meliputi faktor seperti kualitas penulis, kualitas editorial, kualitas artikel yang dipublikasikan, dan kualitas review.

2. Meningkatkan Kualitas Penulis

Salah satu faktor yang dinilai dalam akreditasi jurnal SINTA 2 adalah kualitas penulis. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kualitas penulis agar jurnal dapat diterima sebagai jurnal SINTA 2. Caranya dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas penulisan, melakukan riset yang lebih mendalam, dan memperhatikan aspek-aspek keilmuan yang relevan.

3. Meningkatkan Kualitas Editorial

Editorial merupakan faktor penting dalam proses pengajuan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal SINTA 2. Kualitas editorial harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemenristek/BIRNas. Hal ini mencakup kualitas editor, proses editing, dan pemilihan artikel yang akan dipublikasikan.

4. Memperhatikan Kualitas Artikel yang Dipublikasikan

Kualitas artikel yang dipublikasikan juga menjadi faktor penting dalam proses pengajuan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal SINTA 2. Artikel yang dipublikasikan harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemenristek/BIRNas, seperti memiliki metode penelitian yang baik, data yang akurat, dan analisis yang tepat.

5. Meningkatkan Kualitas Review

Kualitas review juga menjadi faktor penting dalam proses pengajuan jurnal untuk diakreditasi menjadi jurnal SINTA 2. Review yang dilakukan harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kemenristek/BIRNas, seperti dilakukan oleh reviewer yang terkualifikasi dan independen, dilakukan dengan waktu yang cukup, dan memberikan saran yang membangun untuk penulis.

6. Mengikuti Prosedur Pengajuan Jurnal ke SINTA 2

Setelah memperhatikan kriteria penilaian dan meningkatkan kualitas jurnal, langkah selanjutnya adalah mengikuti prosedur pengajuan jurnal ke SINTA 2. Proses ini dapat dilakukan melalui situs resmi SINTA yang disediakan oleh Kemenristek/BIRNas. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan dalam pengajuan jurnal ke SINTA 2 adalah sertifikat pengakuan jurnal, laporan keuangan, dan laporan aktivitas jurnal.

Dalam proses pengajuan jurnal ke SINTA 2, Kemenristek/BIRNas akan melakukan evaluasi terhadap jurnal yang diajukan. Evaluasi ini dilakukan melalui penilaian terhadap dokumen yang telah disiapkan dan pengujian terhadap jurnal yang diajukan. Evaluasi ini melibatkan beberapa aspek, seperti penilaian aspek keilmuan, penilaian aspek teknis, dan penilaian aspek manajerial.

Setelah selesai dievaluasi, jurnal akan diberikan status akreditasi oleh Kemenristek/BIRNas. Jurnal yang lolos sebagai jurnal SINTA 2 akan diberikan peringkat akreditasi tertinggi di Indonesia dan diakui sebagai jurnal yang berkualitas dan prestisius.

Segera Konsultasikan Kebutuhan Publikasi Anda Bersama Greenpublisher Sekarang Juga! dan Dapatkan Diskon UpTo 10% Hanya Untuk Bulan Ini!!!

Kesimpulan

Jurnal SINTA 2 adalah jurnal yang memiliki kriteria yang lebih tinggi dibandingkan dengan jurnal SINTA 1. Jurnal SINTA 2 diakui sebagai jurnal yang berkualitas dan prestisius di Indonesia. Untuk dapat lolos sebagai jurnal SINTA 2, perlu memperhatikan kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh Kemenristek/BIRNas, meningkatkan kualitas penulis, meningkatkan kualitas editorial, memperhatikan kualitas artikel yang dipublikasikan, meningkatkan kualitas review, dan mengikuti prosedur pengajuan jurnal ke SINTA 2. Dengan menjalankan semua langkah ini dengan baik, diharapkan jurnal dapat diterima sebagai jurnal SINTA 2 dan diakui sebagai jurnal yang berkualitas dan prestisius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like