Cara Membuat Judul Jurnal yang Menarik agar Terindeks Scopus

Cara Membuat Judul Jurnal yang Menarik agar Terindeks Scopus
Cara Membuat Judul Jurnal yang Menarik agar Terindeks Scopus

GREEN PUBLISHER – Cara Membuat Judul terindeks Scopus harus diawali dengan membuat judul jurnal yang menarik dan menggoda agar dapat terindeks Scopus.

Membuat judul jurnal yang menarik juga akan membuat jurnal yang kita tulis lebih banyak diminati untuk di sitasi para pembaca jurnal.

Selain itu, dengan judul yang menarik, kemungkinan naskah kita akan diterima oleh penerbit yang terindeks Scopus akan semakin besar. Oleh karena itu, penting untuk menulis judul jurnal yang manarik dan berbobot.

Tapi bagaimana caranya? Simak terus artikel ini.

Baca Juga: Tips jurnal terindeks scopus

Judul yang menarik dan berbobot setidaknya harus memenuhi tiga hal berikut ini:

1. Objektivitas

Pada sebuah judul harus memuat objek yang jelas dan spesifik. Objek yang kita tuliskan dalam judul sebaiknya mengenai objek yang sudah banyak dikenal orang.

Selain itu, dalam judul juga harus tergambar dengan jelas tujuan dan maksud dari suatu penelitian. Dengan begitu, pembaca atau editor akan dengan mudah menentukan sisi menarik dari penelitian yang kita tulis.

Hindarilah judul yang panjang dan berbelit-belit atau sulit untuk dipahami. Jika dari judul saja sudah sulit untuk dipahami maka kemungkinan besar pembaca atau editor akan malas untuk membaca jurnal Anda.

Konsekuensinya, jika masih dalam tahap pengajuan maka besar kemungkinan editor akan menolak naskah Anda. Kalaupun sudah lolos terbit, kemungkinan pembaca mensitasi naskah Anda juga kecil.

Baca Juga: Solusi Publikasi Jurnal Internasional

2. Metode

Dalam judul yang baik harus dicantumkan metode apa yang Anda gunakan dalam penelitian Anda. Misalnya dalam jurnal pendidikan, cantumkan pada judul metode apa yang akan Anda gunakan dalam penelitian Anda untuk mencapai suatu dampak tertentu. Misalnya metode pembelajaran Student Center untuk mencapai pembelajaran yang lebih efektif serta aktif.

Judul yang mencantumkan metode akan terlihat lebih menarik dan meyakinkan penelitiannya. Oleh karena itu akan sangat besar kemungkinan naskah artikel Anda akan dilirik dan diterima pada jurnal yang terindeks Scopus.

Baca Juga: Cara submit jurnal internasional ke scopus

3. Signifikansi

Judul yang menarik agar lolos pada jurnal yang terindeks Scopus harus memperlihatkan adanya signifikansi pada penelitiannya. Misalnya, pada jurnal pendidikan signifikansi yang hendak dicapainya adalah memperoleh pembelajaran yang lebih efektif.

Judul jurnal yang menarik terlihat dari seberapa besar signifikansi yang yang didapat dari penelitian tersebut. Apabila signifikansinya biasa saja maka penelitiannya pun akan biasanya saja dan kecil kemungkinannya untuk lolos pada jurnal yang terindeks Scopus.

Contoh Judul jurnal yang menarik agar terindeks Scopus

“Pertumbuhan Pakcoy (Brassica Rapa L) yang Ditanam dengan Metode Floating Hydroponics System Guna Mempercepat Masa Panen”

Baca Juga: Cara Menulis Jurnal Ilmiah

Tertarik untuk submit pada jurnal Scopus? Konsultasikan naskah Anda pada editor kami disini

Kami siap membantu dan mendampingi Anda untuk mewujudkan impian Anda publish jurnal di Scopus.

Jangan ragu untuk menghubungi kami disini.

Salam Publikasi