Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

  • Whatsapp
Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

Cara membuat latar belakang karya ilmiah merupakan cara yang cukup mudah dilakukan. Bagi kamu yang belum bisa, silahkan simak artikel berikut ini.

Melakukan penulisan Karya Ilmiah merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para akademisi seperti Pelajar, Dosen, dan Peneliti untuk menghasilkan suatu Ilmu Pengetahuan terbaru.

Kita harus mengetahui bahwasannya setiap permasalahan yang ada pada sebuah Karya Ilmiah, dinamakan dengan Latar Belakang. Dengan begitu permasalahan tersebut harus diatasi dengan solusi yang ada.

Latar Belakang merupakan hal yang harus dicantumkan ketika proses penulisan Karya Ilmiah, Latar Belakang terletak pada bagian Pendahuluan dikarenakan untuk menarik perhatian para pembaca

Pengertian Latar Belakang merupakan penjelasan singkat mengenai topik dan materi penelitian, serta penjabaran materi dan topik yang penting untuk dibahas dalam penelitian ini.

Dengan melakukan penulisan Latar Belakang ini berisi  tentang fenomena aktual, sosial, serta kurtural yang sangat penting untuk dikaji kembali dengan alasan ilmiah yang didukung oleh acuan pustaka.

Maka dari itu masih banyak orang yang belum mengetahui Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah. Langsung saja berikut ini

Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah Beserta Contohnya

Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

Sebelum Mengetahui Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah, alangkah baiknya kita mengetahui hal-hal penting sebelum membuat Karya Ilmiah, yaitu berikut ini.

  • Terdapat keresahan akan permasalahan yang akan diangkat menjadi topik penelitian.
  • Terdapat relevansi juga intensitas masalah yang diteliti dalam aspek ilmu sosial, ekonomi, seni,agama, dan politik. Tidak lupa disertai dengan akibat yang akan diitimbulkan.
  • Mempunyai kesamaan dengan pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian.
  • Memiliki gambaran tentang fungsi kegunaan hasil penelitian.

Contoh Pertama Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

contoh latar belakang karya ilmiah

Judul : Pentingnya pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Latar Belakang

Masalah inti yang sering mempengaruhi pembelajaran IPA adalah rendahnya hasil belajar siswa. Ada yang menduga bahwa hasil belajar yang rendah merupakan mata rantai kesalahan yang terjadi tidak hanya pada siswa tetapi juga pada pembelajaran guru.

Menurut para ahli, menguasai sains dapat meningkatkan logika berpikir siswa. Pemahaman yang baik tentang sains akan memungkinkan siswa untuk berpikir lebih sistematis. Oleh karena itu, kelas sains perlu diberi perhatian lebih.

Hasil dari pra tindakan ditemukan bahwa sekitar 65% siswa memiliki prestasi akademik yang rendah dalam materi ilmiah, terutama standar kompetensi yang rendah dalam memahami prosedur ilmiah yang menggunakan peralatan untuk mempelajari benda-benda alam. Siswa tidak memahami cara:

1) Menjelaskan besaran pokok dan besaran turunan serta satuannya

2) Menjelaskan pengertian suhu dan pengukurannya

Lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep di atas diyakini disebabkan oleh terbatasnya strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu adanya pembelajaran yang menekankan makna dengan mengaitkan materi dengan konteks dunia nyata. Pembelajaran dengan cara ini dapat dilakukan melalui Learning Contextual Teaching (CTL).

Sumber: Modul Diklat Perencanaan Pendidikan: Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Kemdikbud.

Contoh Kedua Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

contoh latar belakang karya ilmiah

Judul : Strategi mengajar matematika menggunakan video

Latar Belakang

Dalam “Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama” diuraikan tujuan pengajaran matematika pada pendidikan dasar, agar siswa dapat memahami konsep matematika secara luwes, akurat, efisien dan akurat, serta memiliki sikap hormat. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa kurang memahami materi yang diajarkan oleh guru khususnya pada saat menyelesaikan soal matematika. Salah satunya adalah siswa kelas sembilan di SMP Negeri 9 Palu. Dari 32 siswa, hanya 37,5% yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 43.

Menurut pengamatan, beberapa gejala yang muncul selama proses pembelajaran, yaitu siswa memiliki kemampuan analisis dan pemecahan masalah yang buruk, kemampuan berpikir yang kurang dan cenderung meniru, serta tidak dapat berpikir kritis dan sistematis. Akibatnya, siswa tidak dapat menyelesaikan masalah yang berbeda dari contoh.

Setelah berdiskusi dengan peneliti lain, penulis dapat mengidentifikasi penyebab rendahnya prestasi belajar matematika siswa karena metode pembelajaran yang kurang tepat, metode pengajaran yang kurang, kemampuan berpikir siswa yang kurang optimal, dan teknik penilaian yang kurang tepat, yang mempengaruhi perkembangan siswa. Kesulitan mengukur kompetensi, penggunaan lingkungan/alat yang tidak memadai, alat bantu visual yang tidak memadai, dukungan belajar yang tidak memadai dari orang tua dan lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, jika masalah di atas tidak segera diselesaikan, akan muncul masalah baru, seperti siswa semakin sulit menerima materi di kelas berikutnya, dengan kemungkinan besar gagal tes setelah tes, meninggalkan siswa dengan kekurangan. pemahaman dan kenikmatan kelas matematika. Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, perlu diterapkan strategi pengajaran yang lebih menarik melalui video pembelajaran.

Sumber : Modul Diklat Perencanaan Pendidikan: Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Kemdikbud.

Poin Penting Membuat Latar Belakang

Poin Penting Membuat Latar Belakang

Selain mengetahui cara membuat latar belakang karya ilmiah, kamu juga harus mengetahui beberapa poin penting dalam latar belakang.

Adapun poin-poinnya berikut ini :

  • Mempunyai penjelasan mengenai konsep, fenomena, dan gejala dengan masalah yang akan kita teliti.
  • Memaparkan fakta juga data se faktual mungkin agar mendukung masalah dalam penelitian.
  • Argumentasi mengapa penelitian penting untuk dilakukan.
  • Metode penelitian yang digunakan dalam proses penulisan Karya Ilmiah.
  • Tujuan serta manfaat menulis Karya Ilmiah.

Setelah mengetahui poin penting yang harus ada dalam penulisan Latar Belakang pada Karya Ilmiah maka langsung saja kita mengetahui bagaimana Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah, yaitu :

1. Menulis Latar Belakang Secara Sistematis

Dalam melakukan penulisan Latar Belakang harus dilakukan secara sistematis tidak boleh acak karenan nantinya akan membuat para pembaca meraasa kebingungan dengan Karya Ilmiah kita.

Tulisan yang kita buat harus teratur juga rapi, dan juga ada perbedaan dalam penulisan Latar Belakang antara kuantatif dengan kualitatif. 

Dimana jika kita melakukan penelitian dengan penulisan kuantitatif maka harus menggunakan logika deduktif, sedangkat jika menggunakan penulisan kualitatif maka kita harus menggunakan logika induktif.

Karena itu sangat penting sekali memperhatikan dalam memperhatikan dan menulis Latar Belakang secara sistematis.

2. Tidak Boleh Menggunakan Kalimat Ambigu

Dalam hal cara membuat latar belakang karya ilmiah, kamu tidak boleh menggunakan kata atau kalimat yang ambigu.

Kenapa? Karena Sangat dilarang sekali ketika kita menulis Latar Belakang Ilmiah menggunakan kalimat yang bisa membuat pembaca menjadi Ambigu.

Cara agar mengetahui tulisan yang kita buata apakah ambigu atau tidak yaitu dengan memposisikan diri kita adalah sebagai pembaca yang belum paham mengenai penelitian dan topik yang diangkat oleh kita.

3. Memusatkan Tema yang Diangkat

Hal yang perlu diperhatikan juga ketika membuat Latar Belakang Karya Ilmiah yaitu dengan memusatkan tema yang kita angkat dalam penelitian yang dilakukan.

Kita tidak boleh membahas topik yang jauh serta tidak relevan dengan penelitian  yang dilakukan, fokuskan topik dengan aspek penting seperti perbedaan ataupun kesenjangan yang ada dengan tradisi sebelumnya.

Dalam cara membuat latar belakang karya ilmiah, kita harus menuliskan hal-hal baru yang akan kita bahas dalam penelitian beserta penjelasan mengapa penelitiannya sangat penting untuk dilakukan.

Maka dengan begitu, para pembaca akan antusias dengan Karya Ilmiah yang kita buat.

Selain itu kesalahan yang banyak dilakukan oleh para akademisi adalah dengan menulis latar belakang terlalu panjang ataupun terlalu pendek.

Seharusnya kita menulis poin penting yang ada dalam proses penelitian kita.

Berikut contohnya :

Misalnya saja kita beri judul penelitian dengan nama “Kebudayaan dan Ideologi dalam Masyarakat Primitive.

Maka Latar Belakang yang harus kita ambil adalah dengan berisi jawaban dari  pertanyaan, seperti “Mengapa Kebudayaan dan Ideologi”, “Mengapa Masyarakat Primitive”, dan tidak lupa kita menulis dengan jelas objek yang diteliti.

Permasalahan yang akan kita angkat beserta solusi dari permasalahan tersebut. Tidak lupa kita harus menuliskan penelitian terdahulu yang sama dengan kita jika memang penelitian tersebut ada.

Tuliskan juga perbedaan penelitian dahulu dengan penelitian yang kita lakukan sekarang, sehingga pembaca bisa melihat perbedaannya.

Itulah cara yang bisa dilakukan ketika kita hendak melakukan penulisan Latar Belakang Karya Ilmiah, selanjutnya kita perlu mengetahui tips bagaimana menulis Latar Belakang Masalah.

Tips Dan Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah

tips membuat latar belakang karya ilmiah

Agar Latar Belakang yang kita buat sesuai dengan kaidahnya, dan hal yang mesti  diingat adalah sebelum melakukan penelitian adalah kita bisa melihat permasalahan sehari-hari lalu mengembangkannya menjadi sebuah penelitian.

Maka dari itu jika masih bingung mengenai tipsnya langsung saja berikut ini tipsnya.

  • Observasi 

Tips yang pertama adalah kita bisa melakukan Observasi, dengan melihat di sekeliling kita atau melihat issue yang sudang hot pada media sosial.

Dengan begitu kita bisa menemukan sebuah masalah yang nantinya bisa dijadikan sebagai landasan dilakukannya penelitian yang kita lakukan.

  • Identifikasi

Setelah menemukan masalah yang akan kita angkat sebagai topik penelitian, maka selanjutnya adalah dengan mencari tahu masalah tersebut dengan lebih dalam.

Cari tahu apakah masalah yang akan kita angkat apakah memiliki dampak yang besar, kecil, dan lain sebagainya. Sehingga menjadi penelitian yang sangat menarik bagi diri sendiri.

  • Analisis

Berikutnya adalah kita harus mencari tahu mengenai permasalahan tersebut. Apakah dengan mengangkat topik tersebut kita akan menemukan solusinya atau tidak.

Maka baik sekali melakukan analisis terlebih dahulu agar penelitian yang dilakukan bisa dengan mudah kita handle dan kendalikan.

  • Kesimpulan

Terakhir buatlah kesimpulan dari masalah yang sudah kita temukan, tidak lupa untuk menuliskan hipotesis kita secara singkat dan jelas.

Jadi intinya menulis Latar Belakang ini tidak harus selalu mengambil kalimat yang sulit dimengerti. Cukup dengan menuliskan masalah umum yang kita temui lalu dikembangkan sehingga bisa menjadi penelitian.

Itulah beberapa Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah, dan juga beberapa hal dan tips yang bisa kita lakukan ketika hendak mulai melakukan penelitian Karya Ilmiah.

Akhir Kata

Demikian menganai Cara Membuat Latar Belakang Karya Ilmiah, dengan mengikuti cara diatas maka penelitian yang kita lakukan untuk karya ilmiah bisa dengan sangat mudah dilakukan.

Sehingga nantinya untuk para akademisi bisa dengan mudah menyelesaikan pekeerjaan akhirnya dalam membuat Karya Tulis Ilmiah.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, khusnya para akademisi yang akan melakukan penelitian untuk Karya Ilmiah.

Terima Kasih.


FAQ

Hal apa saja yang dibahas dalam latar belakang karya ilmiah?

Masalah problematik yang menarik untuk diteliti

Langkah langkah menyusun latar belakang?

Menemukan Masalah > Mencari Data Pendukung > Mencari Solusi > Menyimpulkan 

Apa saja isi dari latar belakang?

Alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.