Cara Mencari Jurnal Di Sinta

Cara mencari Jurnal di Sinta masih sedikit yang mengetahui, walaupun sebenarnya publikasi artikel ilmiah menjadi syarat wajib untuk lulus perguruan tinggi. Terutama untuk S2 harus mempublikasikan artikel ilmiah terakreditasi nasioal sedangkan S3 harus mempublikasikan artikel ilmiah terakreditasi internasional.

Seperti yang kita ketahui khusus untuk Ph.D., diwajibkan untuk melakukan publikasi Jurnal Internasional yang bereputasi, sontohnya Scopus. Sementara itu untuk program magister, pada Jurnal Ilmiah Nasional yang diakreditasi oleh SINTA.

Yang mudah tentu saja yaitu S1 sebagai Jurnal Nasioanl yang ber-ISSN, umumnya hanya terindeks oleh Copernicus.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Kesempatan ini kami akan mengulas Jurnal Nasional yang terakreditasi, terutamanya cara mencari Jurnal.

Baca Juga : Cara Mengecek Jurnal Sinta

SINTA (Index Sains dan Tehnologi) atau Jurnal Sinta adalah riset berbasiskan situs yang dibuat untuk menghitung performa beberapa periset, instansi, dan Jurnal Ilmiah di Indonesia.

Jurnal Terindeks Sinta atau jurnal terakreditasi sinta ialah jurnal yang sudah terakreditasi oleh mekanisme ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang dioperasionalkan oleh Ristekbrin.

Langsung saja kita akan mengulas cara mencari Jurnal di Sinta dan Arjuna sesuai topik artikel.

Cara mencari Jurnal di Sinta (Terakreditasi) sebenarnya gampang dan cepat, di bawah ini, dua cara untuk memeriksa jurnal sinta, silahkan pilih salah satunya yang termudah untuk kalian.

Bagi Kamu Yang Tertarik Ingin Publikasi Jurnal, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Dua Cara Mencari Jurnal Di sinta 

Berikut ada 2 cara mencari Jurnal Di Sinta:

1. Cara Mencari Jurnal Sinta Pada Web Arjuna 

1. Cara Mencari Jurnal Sinta Pada Web Arjuna 
  1. Datangi web Arjuna Ristekbrin pada kolom penelusuran https://arjuna.kemdikbud.go.id/ 
  2. Click untuk menyaksikan daftar jurnal buku. Tulis nama jurnal ke penelusuran, lalu pencet enter. 
  3. Click pada History Akreditasi untuk melihat riwayat kesepakatan. 
  4. Periksa masa aktif akreditasi. 
  5. Yakinkan Anda memerksa jika jurnal tersebut bersertifikasi sampai sekarang ini.

2. Cara Gampang Untuk Mencari Jurnal di Sinta

2. Cara Gampang Untuk Mencari Jurnal di Sinta
  1. Untuk mencari jurnal di sinta, Pertama silakan membuka web Sinta di : https://sinta.kemdikbud.go.id/. Lantas ke bilah navigasi khusus (atas) ke sisi “Sumber” atau Source, lalu click “Jurnal”. 
  2. Seterusnya mencari jurnal di kolom penelusuran, bila telah mempunyai nama jurnal silakan langsung tulis nama jurnalnya selanjutnya click tombol mencari. Bila tidak, silahkan click tombol “Penelusuran Kelanjutan”. 
  3. Nach dalam penelusuran ini anda dapat mencari jurnal ilmiah sama sesuai sektor tugas anda. Ada sepuluh sektor pengelompokan yang bisa Anda tentukan dalam sisi mata pelajaran ini, yakni: Kesehatan, Sains, Pengajaran Agama, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni, Sosial, dan Permesinan. 
  4. Ini kali saya memberi contoh saat menentukan sektor pengajaran. Sesudah diputuskan, silahkan click tombol “Mencari” selekasnya. Diamkan kotak yang lain kosong, tidak ada apa-apa. 
  5. Gambar berikut hasil penelusuran jurnal terakreditasi sinta di sektor pengajaran. Silahkan tentukan hasil penelusuran ini untuk mendapati sasaran majalah Sinta yang hendak Anda bidik, dapat 1, 2, 3, 4 atau yang lain. 
  6. Misalkan jurnal pengajaran Sinta 4. 
  7. Silakan click salah satunya nama jurnal untuk memperoleh info lebih detil dari jurnal itu. Untuk buka jurnal yang anda tentukan awalnya, silahkan click tombol “Situs Situs” di sisi bawah nama penerbit.

Bagi Kamu Yang Tertarik Ingin Publikasi Jurnal, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Cara Unggah Jurnal Sinta Terbaru

Untuk cara submit jurnal di sinta dan beberapa jurnal terindeks sinta benar-benar gampang, untuk info selanjutnya dapat baca ulasan ini.

  • 1. Masuk ke web sinta ristekdikti
  • 2. Pilih Register

Isi data yang diperlukan :

  • 1. Status : Tentukan dosen (Lescturer), dan
  • 2. NIDN : Tulis NIDN
  • 3. Nama Komplet : Tulis nama sama sesuai ID Google Scholar kamu atau nama yang kerap dipakai dalam penulisan artikel /journals
  • 4. Affiliate: Tulis nama kampus, karena itu automatis akan ada

Nama kampus masing-masing di sisi bawah, misalkan tulis Sam ratulangi. Cara setelah itu mengeklik nama kampus masing-masing.

  • 5. Gelar Akademis: Tentukan status yang Anda pegang sekarang ini
  • 6. Nomor KTP: Masukan nomor KTP Anda
  • 7. E-mail: Masukan alamat e-mail individu Anda (Dianjurkan untuk mengirimi e-mail dari kampus, misalkan [email protected])
  • 8. Sandi : Masukan sandi yang hendak dipakai untuk login ke.idsintaristekdikti
  • 9. Confirm sandi : Ulang sandi yang dimasukkan ke baris sandi
  • 10. Google Scholar URL : Di bagian ini ada banyak cara yakni :

Membuka tab baru di browser dan masuk ke website Google Scholar Masuk ke Google Scholar memakai e-mail di 7 di atas. Tulis dan tempel URL Google Scholar masing-masing ke website sintaristekdikti seperti berikut:

  • 11 Scopus ID: Tulis Scopus ID bila Anda sudah diedarkan di jurnal terpenting.
  • 12. Click Daftar
  • 13. Masuk ke e-mail (tercatat di nomor 7), saksikan e-mail dari sintaristekdikti, dan ikuti panduan yang diberikan.

Bagi Kamu Yang Tertarik Ingin Publikasi Jurnal, Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mencari Jurnal Sinta. Semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!

Laman: 1 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like