Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN

  • Whatsapp
Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN
Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN

Tahukah kamu bahwa ada banyak cara menerbitkan buku ber ISBN? Tidak menutup kemungkinan bahwa semua orang bisa melakukannya. Tetapi, ada banyak syarat dan ketentuan yang harus ditaati ketika ingin menerbitkan buku ber ISBN.

Salah satunya adalah kamu harus memiliki setidaknya 1 naskah yang sudah siap untuk diterbitkan. Jika kamu belum memilikinya, mungkin kamu harus memulai menulis dari sekarang.

Bacaan Lainnya

Menerbitkan buku ber ISBN bukanlah suatu hal yang mudah, caranya juga sangat berbeda ketika kamu menerbitkan buku biasa. Yang wajib untuk kamu lakukan sekarang ini adalah dengan mencari sebuah penerbit yang tepat.

Tujuannya adalah agar nomor ISBN pada bukumu bisa terindex, tercantum dan terverifikasi di Perpusnas (Perpustakaan Nasional).

Saat memilih penerbit, kamu harus extra hati-hati. Perlu kamu ketahui bahwa banyak penerbit yang mencantumkan nomor ISBN secara asal-asalan dan tidak tercantum di Perpusnas.

Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang cara menerbitkan buku ber ISBN agar nomor tersebut bisa terindex, tercantum dan terverifikasi di pihak Perpusnas.

Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN

Nah, untuk mempermudah kamu dalam menerbitkan buku ber ISBN, kami akan merangkum semuanya menjadi 4 bagian yaitu naskah yang menarik, penyuntingan naskah, penilaian naskah dan memilih penerbit.

Berikut beberapa cara menerbitkan buku ber ISBN :

Menyiapkan Naskah Buku Yang Menarik

Langkah pertama untuk mengatasi cara menerbitkan buku ber ISBN adalah dengan membuat sebuah naskah yang menarik.

Mudah saja, naskah yang menarik atau memiliki daya tarik para pembaca akan lebih mudah diapprove dibandingkan dengan naskah yang biasa-biasa saja atau bahkan naskah yang buruk.

Pasti dibenakmu terlintas pertanyaan….

Lah, terus bagaimana caranya untuk membuat naskah yang menarik?

Salah satu cara mudah untuk membuat naskah yang menarik adalah dengan cara menulis sesuatu yang kamu sukai. Kamu bisa memulainya dengan sebuah puisi, naskah novel, catatan harian hingga cerita pendek.

Lebih bagus lagi kalau kamu bisa menguasai sebuah materi yang sedang kamu tulis. Dengan begitu, kamu akan menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Tapi, bagaimana jika kita tidak menguasai materi tersebut?

Menguasai sebuah materi dalam menulis memang bukan merupakan kewajiban yang mutlak. Jika kamu tidak bisa menguasai materi dengan total, sebenarnya juga tidak apa-apa.

Yang harus kamu lakukan ketika tidak menguasai materi penulisan adalah dengan cara riset terlebih dahulu tentang materi tersebut. Jika naskah sudah selesai, maka mintalah penilaian kepada orang yang memang menguasai materi tersebut.

Langkah ini dilakukan agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

Menerbitkan Buku Ber ISBN Dengan Melakukan Penyuntingan Naskah

Nah, biasanya cara menerbitkan buku ber ISBN satu ini seringkali tidak diperhatikan oleh para penulis. Padahal, ini merupakan faktor penting yang harus dilakukan ketika hendak menerbitkan sebuah buku.

Saat kamu selesai menulis buku, alangkah baiknya jika kamu merevisi ulang tentang apa yang sudah kamu tulis. Entah itu ada kesalahan tanda baca, kesalahan kata (Typo), kesalahan sitasi dan lain sebagainya.

Kamu bisa memulainya dengan cara membaca kata per kata hingga kalimat per kalimat. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai macam kesalahan dalam penulisan baik secara sadar maupun tidak.

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan setelah selesai melakukan penyuntingan naskah buku. Salah satunya adalah kamu bisa terhindar dari plagiasi kalimat pada setiap tulisanmu.

Selain itu, ada juga tips ampuh yang bisa kamu lakukan saat menyunting naskah buku. Tips tersebut adalah memposisikan diri sebagai seorang pembaca. Dengan ini, kamu bakalan bisa merevisi sebuah buku secara leluasa.

Meminta Pihak Expert Untuk Menilai Naskah Buku

Mintalah masukan dari pihak yang benar-benar ahli dalam materi yang kamu tulis. Jika mereka memberikan masukan yang cukup baik, kamu bisa menambahkannya dalam tulisanmu.

Menurut kami, langkah ini memang sangat penting untuk dilakukan. Karena dengan ini, kamu bisa mendapatkan banyak respon dan masukan untuk tulisanmu.

Terlepas dari respon yang positif maupun negatif, kamu jadi bisa mengetahui respon yang jujur dari orang yang nantinya akan menjadi pembaca bukumu.

Jika kamu sudah berhasil melakukan ini, mungkin cara menerbitkan buku ber ISBN bisa kamu lalui dengan mudah.

Memilih Penerbit Dengan Tepat

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwasannya kamu harus bisa memilih penerbit yang tepat dan cermat. Selain itu, Penerbit tersebut juga harus bisa dipercaya baik dari segi pemberian nomor ISBN atau bahkan kualitas terbitan.

Jadi, kamu tidak boleh melakukan cara menerbitkan buku ber ISBN dengan sembarangan kepada pihak penerbit. Untuk referensinya, silahkan cari saja di internet.

Cara Menerbitkan ISBN Pada Buku

Jika langkah sebelumnya membahas mengenai cara menerbitkan buku ber ISBN, saat ini kami akan memberikanmu cara menerbitkan ISBN pada buku.

Bagaimana sih cara menerbitkan ISBN pada buku?

Ada banyak syarat dan ketentuan yang harus dilakukan sebagai penerbit baru yang mana ingin menerbitkan sebuah buku ber ISBN.

Apalagi jika kamu ingin mencetak buku secara satuan, kamu harus bisa memilih sebuah penerbit yang tepat seperti saat kamu ingin menerbitkan buku ber ISBN.

Sebagai penerbit baru, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan mengajukan pengurusan ISBN. Seiring berkembangnya teknologi, sekarang kamu bisa lakukan hal ini secara online.

Silahkan simak penjelasan kami dibawah ini :

Yang Harus Disiapkan Untuk Menerbitkan Buku Ber ISBN

Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan saat ingin mengajukan pengurusan ISBN. Berikut beberapa hal yang wajib disediakan :

  • Akta Pendirian Lini Penerbitan
  • Surat Pernyataan dengan materai Rp.6000
  • Melengkapi Mou (Memorandum of Understanding)

Selain itu, kamu juga harus melakukan scan pada ketiga berkas yang sudah kamu siapkan tersebut.

Jika sudah, kamu bisa mengunggah setiap berkas tersebut saat kamu selesai melakukan pendaftaan online.

Semua berkas ini nantinya berguna untuk memverifikasi nomor ISBN secara resmi di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang mana bisa kamu gunakan untuk mencetak buku satuan.

Buka Situs Perpusnas

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke situs resmi isbn.perpurnas.go.id
  • Pilih Menu Daftar Online
  • Setelah itu, unggah akte pendirian beserta surat pernyataan dengan format PDF
  • Sebelumnya, kamu harus sudah menyiapkan surat pernyataan tersebut dengan Materai Rp6.000

Jika sudah terisi semua, silahkan klik Next.

Mengisi Semua Data Penerbit

Setelah klik next, kamu harus mengisi beberapa data yang sudah tersedia. Data tersebut meliputi :

  • Nama Penerbit
  • Username
  • Password
  • Alamat
  • Nama Admin
  • Email
  • Nomor Telepon

Setelah semuanya terisi, silahkan klik Next.

Proses Verifikasi

Jika kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran akun, langkah selanjutnya adalah proses validasi dan verifikasi akun. Pihak terkait akan mengirimkan sebuah pesan pada email yang kamu cantumkan sebelumnya.

Silahkan buka emailmu dan lakukan proses verifikasi tautan dengan cara klik link berwarna biru pada pesan yang sudah dikirim oleh pihak terkait.

Selamat, proses verifikasi akun sudah berhasil dilakukan.

Login Dan Mengisi Data Buku

Jika sudah selesai mengikuti proses verifikasi akun, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Masuk ke website isbn.perpurnas.go.id
  • Login dengan Username dan Password yang sudah kamu buat
  • Lengkapi data buku yang diberikan seperti Judul, Tahun Terbit, Jumlah Halaman, Jenis Buku, Kategori, Tinggi Buku dan Media.
  • Terakhir, pilih kolom Kirim (Unggah File)

Setelah kamu selesai mengirim, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai diterima atau tidaknya proses cetak bukus satuan dan skala besar. Proses pemeriksaan ini akan berlangsung sekitar 2 mingguan bahkan lebih.

Jika berhasil, maka ISBN kamu akan diterbitkan.

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan kami mengenai cara menerbitkan buku ber ISBN yang bisa dengan mudah kamu terapkan. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah dengan memilih sebuah penerbit yang benar-benar tepat dan dapat dipercaya.

Sebab, tidak sedikit pihak penerbit yang asal-asalan dalam menerbitkan sebuah buku tanpa diperhatikan terlebih dahulu mengenai nomor ISBN nya. Alhasil, nomor ISBN tersebut tidak tercantum dan tidak terverifikasi di pihak Perpusnas.

Semoga artikel yang kamu tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara menerbitkan buku ber ISBN.

Jika kamu memiliki saran dan pengalaman mengenai penerbitan buku ber ISBN, kamu bisa berkomentar di bawah.

Ingin menerbitkan buku? di Greenpublisher aja!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *