Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad

  • Whatsapp
Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad
Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad

Apakah kamu memiliki naskah, novel, puisi, cerpen atau buku yang ingin dipublikasikan melalui Wattpad? Jika iya, kamu wajib untuk mengetahui tentang cara menerbitkan buku dari Wattpad.

Wattpad merupakan sebuah media yang menampung jutaan karya dalam bentuk tulisan baik cerpen, novel, buku dan lain sebagainya. Sekarang ini, Wattpad sudah memiliki sekitar 90 juta pengguna aktif disetiap harinya.

Ini merupakan kabar baik bagi kamu yang ingin karyanya dibaca oleh orang banyak. Kamu bisa jadikan Wattpad ini sebagai sarana untuk memulai karir menjadi seorang penulis.

Dalam platform Wattpad, tersedia banyak tulisan dengan berbagai macam genre fiksi maupun nonfiksi mulai dari horror, cinta, petualangan, romantis, humor dan lain sebagainya.

Selain itu, Wattpad juga memiliki beragam fitur menarik yang ditawarkan, fitur tersebut antara lain comment, library, dedicate, vote, share, follow dan lain sebagainya.

Hadirnya platform Wattpad ini bertujuan untuk mempertemukan para penulis dengan para pembaca melalui karya tulisan. Jika karya tulisanmu menarik, kemungkinan besar karyamu akan dilirik oleh banyak penerbit.

Sudah banyak novel yang diterbitkan di Wattpad yang kemudian dijadikan sebuah film layar lebar. Beberapa yang cukup populer dikalangan anak muda adalah novel dear nathan, after meet you, hello salma, ananta dan masih banyak lainnya.

Salah satu penulis novel yang terkenal adalah Erisca Febriani. Ia merupakan penulis novel Dari Dear Nathan yang menulis karya perdananya melalui media Wattpad dan kemudian mulai diterbitkan oleh PT Melvada Media.

Saat artikel ini dibuat, novel yang terdiri dari 37 Bab tersebut sudah memiliki 33 juta pembaca dan 860 ribu vote. Karena novelnya sudah diterbitkan, untuk membacanya kamu harus membelinya toko-toko buku terdekat atau Gramedia.

Tentunya kamu sangat inginkan memiliki novel yang dibaca banyak orang bahkan dijadikan film yang nantinya akan ditayangkan dibioskop?

Nah, sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dulu tentang cara menerbitkan buku dari Wattpad.

Silahkan simak pembahasan kami berikut ini :

Cara Menerbitkan Buku Dari Wattpad

Untuk menerbitkan sebuah karya tulis di media Wattpad, kamu bisa gunakan aplikasi Wattpad atau bahkan melalui situsnya langsung “wattpad.com”.

Untuk kamu yang menggunakan aplikasi, kami akan memberikan tata caranya berikut ini :

  • Buka Android dan download aplikasi Wattpad melalui Google Play Store
  • Klik Install dan tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan daftar menggunakan akun media sosial
  • Agar lebih mudah, silahkan menggunakan akun Facebook
  • Isi ID dan Password akun Facebook kamu
  • Selamat, akun Wattpad sudah berhasil terbuat

Jika akun Wattpad kamu sudah jadi, kali ini kami akan memberikan beberapa tips mudah tentang cara menerbitkan buku dari Wattpad. Yuk kita simak!

1. Membuat Konten Yang Menarik Dan Berkualitas

Langkah pertama yang harus kamu perhatikan adalah isi konten yang bagus dan berkualitas agar dapat menarik minat para pembaca. Nah, untuk itulah kamu harus pintar-pintar untuk menentukan karakter dan tokoh yang akan kamu sajikan dalam buku tersebut.

Setelah mendapatkan karakter dan tokoh yang tepat, selanjutnya adalah menentukan bagaimana alur cerita yang menarik agar pembaca bisa lebih antusias dan tidak bosan saat membaca buku yang kamu buat.

Tentu saja kamu juga harus memiliki rancangan konsep cerita yang menarik serta penyuntingan cerita yang maksimal

Terlepas dari itu semua, kamu juga tidak boleh menyepelekan Genre. Sebab, Genre memiliki pengaruh yang kuat terhadap menarik atau tidaknya sebuah buku atau cerita.

Jadi, kamu harus bisa menentukan, Genre cerita apa yang bisa menarik minat banyak pembaca.

2. Menerbitkan Buku Dari Wattpad Dengan Membuat Judul Semenarik Mungkin

Cara menerbitkan buku dari Wattpad kedua ini adalah dengan membuat judul semenarik mungkin.

Tak bisa dipungkiri bahwa sebelum para pembaca melihat isi kontenmu, mereka akan membaca judulnya terlebih dahulu. Jadi, semua bisa sia-sia hanya karena judul yang tidak menarik walaupun isi buku atau ceritanya sangat menarik dan berkualitas.

Para Penerbit juga cenderung akan lebih tertarik pada judul buku atau novel yang cukup menarik untuk diterbitkan.

Jadi, selain membuat isi buku dan cerita yang menarik, kamu juga harus bisa menentukan judul yang bisa menarik para pembaca.

3. Pastikan Profil Wattpad Terlihat Profesional

Langkah ketiga ini merupakan cara yang ampuh untuk mempermudahkanmu dalam menerbitkan buku dari Wattpad.

Kamu harus membuat profil Wattpad sebagus mungkin agar terlihat profesional. Saat mengisi deskripsi, isilah dengan kata-kata yang berkualitas yang mana bisa menarik minat pembaca dan tentunya tidak bertele-tele.

Jangan lupa juga untuk memasang foto profil yang berhubungan dengan Genre yang kamu buat. Mudahnya seperti jika kamu membuat Genre horror, maka pasanglah foto profil yang terlihat cukup seram.

Jangan sampai kamu memasang foto profil aneh dan tidak berhubungan seperti foto sandal jepit untuk Genre buku romantis.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu memiliki profil yang profesioal. Dengan ini, kemungkinan besar kontenmu untuk dilirik oleh penerbit akan bertambah.

4. Membuat Cover Buku Yang Sangat Menarik

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah don’t judge the book by its cover? Akan tetapi, tidak bisa dibantah lagi bahwa sebagaian masyarakat kita cenderung lebih memilih atau membeli sebuah buku karena covernya yang menarik.

Hal ini ternyata juga berlaku untuk para pembaca di Wattpad, mereka akan cenderung langsung mengeklik sebuah buku karena memiliki cover yang menarik bahkan sebelum mereka membaca judulnya.

Tentu saja cover tersebut harus memiliki paduan warna yang pas dan tegas agar terlihat sangat menarik untuk dipandang.

Jika kamu tidak bisa membuat dan mengedit cover buku agar terlihat menarik, kamu bisa menyewa jasa ilustrator atau desainer yang sudah bertebaran di internet. Pastikan kamu menyewa jasanya kepada situs terpercaya agar kamu bisa puas dengan hasilnya.

5. Menerbitkan Buku Dari Wattpad Dengan Membuat Cerita Serial Dan Posting Secara Rutin

Salah satu cara menerbitkan buku dari Wattpad yang paling berpengaruh adalah dengan memposting cerita serial.

Apakah kamu tau apa itu serial? Serial itu sama artinya dengan episode. Jadi kamu tidak perlu langsung menuliskan semuanya secara tuntas.

Buatlah cerita serial yang dimana setiap serialnya membuat pembaca menunggu akan episode selanjutnya.

Selain itu, kamu juga harus mempostingnya secara rutin dan tidak perlu setiap hari. Kamu bisa memilih untuk mempostingnya 3 hari sekali, 1 minggu sekali bahkan 1 bulan sekali. Kami sarankan untuk mempostingnya 1 minggu sekali tetapi secara rutin dan konsisten.

Jika kamu tidak konsisten, maka besar kemungkinan kamu akan membuat para pembaca kecewa dan akibatnya mereka tidak akan mau lagi untuk membaca bukumu.

Untuk membantu Kamu agar dapat konsisten dalam memposting cerita 1 minggu sekali secara rutin, kami sarankan untuk membuat stok untuk unggahan minggu selanjutnya.

Jadi misalkan kamu dalam satu minggu bisa membuat 5 cerita, maka 5 cerita tersebut bisa kamu posting satu-persatu disetiap minggunya.

6. Menikuti Kontes Yang Diselenggarakan Oleh Wattpad

Pihak Wattpad sendiri seringkali menyelenggarakan beberapa kontes menulis yang dapat diikuti oleh siapa saja. Banyak hal positif yang bisa didapatkan ketika memenangkan kontes dari Wattpad ini.

Jika kamu mengikuti kontes menulis dan keajaiban datang kepadamu, maka kamu akan mendapatkan sebuah panggung yang mana bisa membuatmu populer dan terkenal. Selain itu, kemungkinan tulisan kamu dilirik oleh penerbit akan semakin besar.

Jadi, kamu harus rajin untuk mengecek apakah pihak Wattpad sedang mengadakan kontes atau tidak. Syarat dan ketentuan agar bisa memenangkan kontes tersebut bisa kamu cek sendiri di situs Wattpad.

Menurut kami, mengikuti kontes menulis Wattpad merupakan cara paling efektif untuk menerbitkan buku dari Wattpad.

7. Pasang Profil Wattpad Di Semua Akun Social Media

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa semakin banyak cerita kita dibaca dan dibagikan oleh orang, maka akan semakin besar pula kemungkinan cerita kita dilirik oleh penerbit.

Oleh karena itu, pasanglah profil Wattpadmu di semua media sosial yang kamu miliki. Dengan ini, kamu memiliki potensi yang besar untuk memikat minat para pembaca.

Sebagai contoh kamu memasangnya di akun instagram. Jika kamu memiliki penggemar, maka Ia akan cenderung penasaran pada akun Wattpadmu. Ia akan berpikiran “Eh kok ada Wattpadnya, jadi penasaran dia nulis cerita tentang apa”.

Jika ceritamu bagus, maka penggemarmu akan merekomendasikan kepada teman-temannya untuk membaca ceritamu di Wattpad.

Ini merupakan salah satu cara menerbitkan buku dari Wattpad yang sangat mudah untuk dilakukan.

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan kami mengenai cara menerbitkan buku dari Wattpad. Di platform Wattpad ini, kamu bisa dengan bebas dan gratis untuk menuangkan hasil karyamu dan juga bisa berpotensi untuk dilirik oleh penerbit.

Buat kamu yang ingin menerbitkan buku atau novel di Wattpad, tetap semangat ya. Jangan menyerah dan jangan berhenti menulis.

Semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat dan bisa membantumu mengenai cara menerbitkan buku dari Wattpad.

Buat kamu yang ingin menerbitkan buku di penerbit berkualitas, di Greenpublisher aja!

Mau Konsultasi Gratis? Klik Disini

FAQ

Apakah bisa menghasilkan uang di Wattpad?

Bisa, para penulis di Wattpad bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan setiap buku yang sudah diterbitkan.

Untuk menerbitkan buku apa harus bayar?

Tidak Jikalau kamu menerbitkan naskah langsung ke penerbit. Bahkan, kamu malah akan dibayar jika naskahmu sudah diterbitkan menjadi buku. Nantinya, buku itu akan didistribusikan di gramedia atau toko-toko buku terdekat. Sistem pembayarannya bisa dengan royalti atau beli putus.

Cara agar naskah dilirik penerbit?

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar naskahmu bisa dilirik oleh penerbit. Salah satunya adalah dengan membuat cerita yang menarik. Selain itu, kami sudah membahasnya secara lengkap di artikel ini.

Bagaimana cara mempromosikan cerita di Wattpad?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan cerita di Wattpad, salah satunya adalah mendapat pengakuan dari pengikut, menggunakan judul menarik, mengikuti penulis lain, melibatkan pengikut dalam percakapan dan lain sebagainya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. halo ka, situs ini bisa cetak buku ya? kalo bisa tolong baca akun Wattpad temenku ya kak nama akunnya AlsaydaAlda dan buku selanjutnya tolong diterbitkan tunggu yang judulnya Time Travel In World Black Space dan buku yang judulnya Fantasy| ‘its My Fantasy Boyfriend nanti kalo aku bilang terbitin, terbitin ya kak dan kalo bayar bilang harganya berapa kalo gratis alhamdullilah, makasih dulu ya kak.