Cara Menerbitkan Buku Di Coconut Books

Cara Menerbitkan Buku Di Coconut Books
Cara Menerbitkan Buku Di Coconut Books

Buat kamu yang ingin menerbitkan buku, novel ataupun naskah ke PT Melvana Media, kamu harus mengetahui tentang cara menerbitkan buku di Coconut Books terlebih dahulu.

Ada banyak faktor yang akan jadi pertimbangan bahwa buku kamu akan di terbitkan atau tidak. Tak hanya sekedar eksekusinya saja, persiapan juga sangat perlu untuk diperhatikan.

Coconut Books merupakan salah satu publisher yang berada dalam naungan PT Melvada Media yang mana PT tersebut merupakan sebuah perusahaan penerbit buku yang sudah populer dikalangan para penulis.

PT Melvada Media ini sudah menerbitkan banyak Novel yang menjadi best seller, beberapa diantaranya adalah Galaksi, Air Mata Cinta, Dear Nathan, Mariposa, Hello Salma, Dear Allah dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikanmu 2 cara yaitu cara menerbitkan buku di Coconut Books dan cara mempertimbangkan naskah buku sebelum diterbitkan.

Pertama-tama, kami akan memberikanmu beberapa cara untuk mempertimbangkan sebelum kamu menertbitkan sebuah naskah atau buku kepada pihak penerbit.

Yuk simak penjelasan kami dibawah ini!

Pertimbangkan Naskah Sebelum Menerbitkan Buku Di Coconut Books

Jika kamu sudah membuat sebuah naskah atau bahkan buku dan ingin diterbitkan, ada baiknya jika naskahmu itu dipertimbangkan terlebih dahulu agar memiliki kemungkinan besar untuk diterima.

Lantas, bagaimana cara mempertimbangkannya?

Berikut ini beberapa cara mempertimbangkan naskah sebelum diterbitkan di pihak Coconut Books :

#1. Memberikan Interval Waktu

Langkah pertama ini merupakan langkah yang paling efektif untuk membantu kamu dalam mempertimbangkan sebuah naskah sebelum diterbitkan di Coconut Books.

Saat selesai membuat sebuah karya tulis baik naskah maupun buku, berikan sedikit interval waktu sebelum kamu melakukan self editing.

Kamu bisa ambil jeda waktu sekitar 2 sampai 3 harian sampai kamu benar-benar sudah lupa dengan tulisan kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk melakukan self editing secara maksimal.

Mungkin cara ini sedikit tidak masuk akan untukmu, tapi silahkan mencobanya sendiri dan bandingkan jika kamu langsung mengedit setelah usai menulis.

#2. Meringkas Pemborosan Kata Pada Naskah

Para penulis memiliki sejuta imajinasi yang mana imajinasi tersebut mereka tuangkan dalam bentuk tulisan. Saking besarnya imajinasi mereka, seakan-akan tidak sadar kalau mereka melakukan banyak pemborosan kata pada setiap kalimat.

Nah, mengetahui akan hal ini, melakukan tahapan pengecekan naskah sebelum diterbitkan di pihak penerbit merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Kamu tidak boleh melewatkan tahapan ini.

Jika kamu mendapati ada pemborosan kata atau bahkan kata yang diulang-ulang, maka sesegera mungkin untuk mengeditnya agar setiap kata demi kata dapat enak dibaca.

Ini salah satu tips paling efektif yang harus kamu lakukan untuk mengetahui cara menerbitkan buku di Coconut Books.

#3. Mencari Typo Pada Teks Naskah

Kebanyakan dari para penulis cenderung mengabaikan masalah ini, padahal ini sangat menentukan sekali untuk terbit atau tidaknya naskahmu pada pihak Coconut Books.

Sesering apapun kamu menulis, sehebat-hebat apapun kamu menulis, alangkah baiknya kamu mengecek kembali satu-persatu tulisanmu. Pasti deh, ada beberapa kata yang typo (salah pengetikan) yang tidak kamu ketahui.

Misalnya, “Niska merupakan sebuah siswi di SMK paling populer se Jawa Tengah”.

Menjadi, “Niska merpakan sebuah siwi di SMK paling poppuler se Jawa Tengah”.

Pada kalimat itu ada 3 kata yang mengalami typo, yaitu merpakan, siwi dan poppuler. Dengan itu, kamu harus merubah dan mengeditnya dengan baik dan benar.

Cara Menerbitkan Buku Di Coconut Books

Nah, buat kamu yang sangat ingin menerbitkan karya tulis melalui Coconut Books, kamu bisa terapkan beberapa cara dibawah ini agar kemungkinan besar karya tulismu bisa diterima oleh pihak Coconut Books.

Berikut ini beberapa cara menerbitkan buku di Coconut Books :

#1. Pastikan Isi Buku Menarik

Ini merupakan cara pertama yang harus dilakukan oleh semua penulis yang ingin menerbitkan buku di Coconut Books. Kenapa demikian? Karena menarik atau tidaknya isi buku, akan menentukan diterima atau tidaknya buku tersebut pada pihak penerbit Coconut Books.

Pada saat membuat buku, kamu harus merangkai cerita demi cerita yang dibungkus secara menarik agar dapat membuat ketertarikan orang untuk membacanya.

Simpel saja, jika tulisanmu tidak menarik, maka mereka juga enggan untuk membaca tulisanmu.

Lalu, bagaimana cara agar kita dapat menulis naskah, novel dan buku secara menarik?

Tidak ada cara instan yang bisa kamu dapatkan dalam hal ini. Yang perlu kamu lakukan adalah belajar, belajar dan terus belajar.

Sering-seringlah membaca buku yang isi kontennya sangat menarik agar menambah literasimu saat membuat sebuah karya tulis.

Dengan banyak membaca karya tulis entah novel atau buku, lambat-laun imajinasimu akan bertambah dan dengan sendirinya kamu bisa membuat kisah yang sangat menarik untuk dibaca.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan tentang alur cerita, karakter, sifat karakter, latar belakang, waktu serta ending cerita yang tepat.

#2. Menerbitkan Buku Di Coconut Books Dengan Membuat Judul Yang Menarik

Selain isi konten, ternyata judul buku yang menarik juga wajib untuk kamu terapkan. Memang sih, judul buku tidak memiliki pengaruh yang cukup besar dalam masalah pertimbangan diterima atau tidaknya buku dari pihak penerbit.

Akan tetapi, judul buku ini mampu menarik banyak pembaca sebelum mereka mengetahui isi dalam buku tersebut.

Jadi, sebagus apapun isi konten yang kamu tulis, jika judulnya tidak menarik, sebagian besar mereka tidak akan mau mengambil bukumu karena mereka akan berpikiran “Judulnya aja jelek, apalagi isi bukunya”.

Nah, oleh karena itulah kamu harus mempertimbangkan kembali judul apa yang menarik untuk mewakili isi bukumu.

#3. Memperhatikan Format Pengiriman

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap penerbit pasti memiliki beberapa aturan dalam format pengiriman yang mana harus di taati oleh setiap penulis yang ingin karya tulisnya diterbitkan.

Nah, oleh karena itulah kamu harus mengetahui dengan baik mengenai apa saja peraturan format pengiriman yang dimiliki oleh pihak penerbit Coconut Books.

Kesimpulan

Nah, itulah ulasan kami mengenai beberapa cara menerbitkan buku di Coconut Books. Tak hanya untuk buku saja, cara ini juga bisa kamu terapkan saat ingin menerbitkan sebuah karya tulis baik hanya naskah maupun novel.

Buat kamu yang sudah berhasil menerbitkan buku di Coconut Books, silahkan ceritakan pengalamanmu di kolom komentar sebagai penambah semangat untuk mereka para penulis pemula yang ingin menerbitkan sebuah karyanya melalui pihak Coconut Books.

Jangan pantang menyerah dan semangat nulis ya!

Ingin menerbitkan buku dengan biaya murah dan berkualitas? Di Greenpublisher aja!

FAQ


Apakah menerbitkan buku harus bayar?

Gratis! Bahkan nantinya kamu akan dibayar oleh pihak penerbit jika bukumu berhasil diterbitkan dan dipasarkan di toko-toko buku.

Berapa lama proses pembuatan buku?

Masing-masing penertbit memiliki aturan tersendiri mengenai waktu pembuatan buku. Biasanya, proses pembuatan buku ini berlangsung mulai dari 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan tahunan tergantung ketentuan dari pihak penerbit tersebut.

Bagaimana sih proses pembuatan buku?

Membuat Naskah > Pengeditan Naskah > Lay Out > Mendesain Cover > Pengurusan ISBN > Ketentuan Kualifikasi Buku > Menentukan Harga Per Buku.