Cara Menganalisis Jurnal

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mengenalisis jurnal, kamu sekarang berada di artikel yang tepat. Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk kita simak!

Jurnal ilmiah atau karya tulis ilmiah (KTI) ini adalah gabungan dari tiga suku kata. Yang pertama yaitu “karya” memiliki arti sebagai hasil dari sebuah usaha, upaya maupun perbuatan. Kemudian suku kata kedua yaitu “tulis” atau menulis yang memiliki arti semua kegiatan yang berkaitan dengan hurup, angka, pena, maupun media-media tulis yang lain.

Dan untuk suku kata yang terakhir adalah “Ilmiah”. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata ilmiah memiliki makna yang bersipat ilmu, secara illmu pengetahuan, atau memenuhi syarat keilmuan. Jadi bisa kita simpulkan secara menyeluruh, karya tulis ilmiah adalah sebuah karya yang ditulis menggunakan kaidah keilmuan dan berisi permasalahan yang bersifat objektif juga factual.

Simak Juga: Jasa Publikasi Jurnal SINTA

Apabila kamu merupakan seorang yang memiliki keinginan untuk membuat karya tulis ilmiah, kamu sangat harus memperhatikan pada saat penulisannya, yaitu menggunakan kata-kata yang tidak ambigu, atau memiliki makna ganda. Sangat disarankan untuk menggunakan bahasa yang jelas, lugas, eksplisit dan menggunakan variasi istilah ilmiah yang sesuai kaidah kebahasaan tentunya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama yaitu cara menganalisi jurnal, kita harus mengenal terlebih dahulu apa itu Karya Tulis Ilmiah agar dapat lebih memahami ke materi selanjutnya.

Jurnal ilmiah atau karya tulis ilmiah ini juga dapat kita sebut sebagai tulisan hasil dari penelitian, pengembangan, kajian, atau pemikiran dari perseorangan maupun kelompok yang disajikan dalam bentuk tulisan dan telah disusun berdasarkan kaidah ilmiah yang berlaku.

Apa Itu Cara Menganalisis Jurnal?

Apa Itu Cara Menganalisis Jurnal?

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu cara menganalisis jurnal.

pengertian dari menganalisis jurnal ini adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk memperhatikan pokok atau tujuan utama dari penelitian yang telah dilakukan dan dipublikasikan oleh sumber daya ilmiah, lalu kemudian memadukannya dengan gagasan dari para penganalisis. Pada saat menganalisis jurnal, kita akan memberikan pernyataan singkat atau deskriptif dari jurnal yang tengah di analisis.

Simak Juga: Biaya Publikasi Jurnal

Tentunya adanya metode ini, orang yang hanya membaca analisis bisa langsung memahami arti dari keseluruhan dan isi pembahasan jurnal tanpa harus membaca keseluruhan isi jurnalnya. Ini merupakan metode terbaik untuk menganalisis artikel jurnal supaya para pembaca bisa memahami jurnal lebih jelas, lebih efektif, dan berdampak pada pembaca tentunya. Maksud dari kata analisis jurnal mengacu pada proses pemecahan topik dari penelitian dan pemecahan materinya yang kompleks dari penelitian kemudian di pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan rinci agar lebih memahami hasil penelitian yang telah dikemukakan tersebut.

Nah untuk teknik analisis jurnal ini telah ada dan sudah digunakan oleh manusia dalam penelitian pada masa aritoteles pada abag 384 sampai 322 SM. Meskipun begitu, analisis jurnal merupakan sebuah format perkembangan yang relatif baru dalam karya ilmiah entah itu jurnal internasional maupun jurnal nasional.

Cara Menganalisis Jurnal

Cara Menganalisis Jurnal

Setelah mengetahui apa itu analisis jurnal, langsung saja berikut adalah cara menganalisis jurnal yang bisa kamu pelajari. Untuk pembahasannya silahkan simak di bawah ini.

1. Pastikan Standar Kualitas Jurnal

Perlu kamu ketahui saat ini kebanyakan jurnal sangat terspesialisasi, seperti jurnal ekonomi, jurnal politik, jurnal hukum, dan terkahir jurnal kewirausahaan. Meskipun banyak jurnal yang telah dipublikasikan dari berbagai bidang ilmiah, tetap sama saja apabila jurnal tersebut tidak mengandung artikel peer-review, maka jurnal itu tidak memenuhi stkamu ilmiah. Oleh sebab itu sebelum melakukan mereview dan menganalisi jurnal pastikan terlebih jurnal tersebut telah memenuhi stkamu ilmiah tentunya.

2. Berikan Informasi Rinci

Untuk cara menganalisis jurnal selanjutnya adalah memberikan informasi secara  rinci merupakan bagian yang penting dari keseluruhan jenis metode penelitian ilmiah. Nah mengapa demikian? karena pada saat mendeskripsikan sebuah percobaan atau perhitungan, Penulis telah menyediakan informasi yang sangat rinci sehingga para peneliti bebas mengulangi percobaan atau perhitungan tersebut tujuannya aga dapat memverifikasi hasilnya. Intinya adalah seperti menuliskan kelebihan dan kelemahan juga mencatat temuannya dalam sebuah buku penilaian.

3. Pastikan Ilmiah

Cara menganalisis jurnal yang ketiga adalah memasikan tingkat keilmiahannya. Tujuannya adalah untuk analisis setiap artikel jurnal, diharapkan kamu memperhatikan bahwa metode bahasa yang digunakan telah memenuhi stkamur kaidah kebahasaan.

contohnya pada saat menulis jurnal nasional harus menggunakan bahasa indonesia yang sesuai dengan KBBI.

Jadi itu adalah cara menganalisis jurnal yang perlu kamu pelajari. Dan untuk pembahasan selanjutnya kita akan melihat contoh cara menganalisis jurnal dan bagaimana cara penerapannya.

Contoh Menganalisis Jurnal Dan Penerapannya

Contoh Menganalisis Jurnal Dan Penerapannya

Langsung saja ke pembahasannya, beriku adalah cara menganalisis jurnal dan cara penerapannya:

  1. SIlahkan kamu baca ringkasan jurnal terlebih dahulu. Abstrak merupakan salah satu elemen dari jurnal yang memiliki bentuk paragraf pendek dan biasanya berada pada bagian awal jurnal. Keuntungan dari abstrak ini adalah Kamu bisa memahami sebagian kecil atau gambaran maksud dari jurnal tersebut dibuat. Secara umum, abstrak dideskripsikan tidak boleh melebihi 200 kata.
  2. Selanjutnya yaitu latar belakang penelitian. Nah pada tahap ini, kamu akan mencoba mengaktifkan penganalisis jurnal, tujuannya untuk lebih memahami dengan cermat dan akurat mengenai subjek yang telah dikemukakan. Contohnya adalah mengetahui alasan mengapa penelitian tersebut dilakukan dan apakah penelitian tersebut dibuat berdasarkan pada tema integrasi penunjukan pada penelitian lainnya.
  3. Untuk yang ketiga yaitu menarik kesimpulan secara langsung. Dengan cara ini , kamu tentunya bisa menghemat waktu untuk memahami abstrak dari keseluruhan pembahasan dalam kajian (jurnal).
  4. Cara menganalisis jurnal selanjutnya adalah menemukan poin atau posisi utama dari sebuah artikel ilmiah. Cara dengan memahami makna dari argumen utama. kamu akan bisa lebih memahami dan lebih menguasai isi dari pembahasan jurnal tersebut. Tentu saja jika kamu berhasil memahami poin penting kamu tidak perlu mengulangnya lagi, dan tujuannya untuk mempersingkat waktu. Meskipun demikian, tentu tidak ada salahnya membaca ulang catatan pada buku harian, agar jurnal yang kamu tengah analisis bisa lebih bisa difahami dan bisa lebih efektif.
  5. Meninjau kembali argumen. Setelah kamu menyelesaikan tips yang kami berikan di atas, kami harap kamu membaca faktor-faktor penting yang ada pada jurnal, kemudian silahkan tinjau kembali mengenai poin-poin penting yang sudah dicatat oleh peneliti.

kesimpulan

Nah jadi itu adalah informasi mengenai bagaimana cara menganalisis jurnal. dan untuk bisa menganalisis jurnal secara professional kamu harus sering-sering latihan dan perhatikan poin-poin yang kami berikan di atas.

Hanya itu yang bisa kamu sampaikan, semoga bisa menambah wawasan kita semua, dan terimakasih.

sumber: google.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like