Cara Menulis Saran dalam Karya Tulis Ilmiah

Halo sobat GreenPublisher.id! Untuk Anda yang sedang mencari Cara Menulis Saran dalam Karya Tulis Ilmiah, Anda bisa simak artikel ini!

Saran Penelitian merupakan bagian yang ada pada BAB Pentup dalam laporan Karya Tulis. Pada bagian ini terletak di akhir paragraf, dengan terlebih dahulu diisi oleh contoh kesimpulan.

Berisi tentang pendapat yang dikemukakan sebagai alat untuk pertimbangan berharap dapat memberikan perubahan yang baik juga bersifat positif.

Simak Juga: Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Juga bisa disimpulkan sebagai pendapat orang dalam menghadapi suatu yang diperbincangkan.

Dalam menulis Saran tidak ada panduan serta pedoman khusus dalam membuatnya,  tetapi dalam pembuatan kalimatnya tidak boleh melebihi dari jumlah kata pada bagian Kesimpulan.

Langsung saja  setelah kita mengetahui apa itu saran, maka dari itu di bawah ini merupakan Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah.

Saran yang bisa ditulis pada bagian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Sudah harus menjadi upaya masyarakat agar lebih baik lagi dalam memaksimalkan dan megefektifkan destilator bertenaga matahari dan angin dengan melakukan pengujian berdasarkan kondisi lingkungan sekitar.
  • Diharapkan masyarakat sekitar pesisir pantai untuk mengimplementasikan hal yang sudah dipelajari, agar krisis air bersih di kawasan tersebut bisa terselesaikan dengan sangat baik.
  • Diharapkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup agar menambah jumlah motor pengangkut sampah, karena masih banyak tukang pengangkut sampah menggunakan gerobak sebagai alat transportasi pengangkut sampah. Sehingga hal ini kurang memaksimalkan waktu juga tenaga.

Cara Menulis Saran dalam Karya Tulis Ilmiah

Cara Menulis Saran dalam Karya Tulis Ilmiah Nah jadi untuk cara menulis saran dalam karya tulis ilmiah ini terbilang mudah, Penasaran seperti apa caranya? simak dibawa ini dengan teliti!

1. Panjang Pendek Saran

Cara menulis saran dalam karya tulis ilmiah yang pertama adalah teks tidak terlalu panjang, cukup pendek saja, umunya kurang lebih 200 kata. Penulisan saran ini memiliki panjang kurang lebih sama dengan panjang dari kesimpulan.

2. Memuat Harapan

Saran perlu mengandung unsur harapan. Harapan ini mencerminkan keinginan penulis atau peneliti terkait hasil yang diharapkan. Anda bisa menggunakan ungkapan menarik seperti “dengan demikian” atau “penulis berharap” untuk membuat pembaca lebih tertarik dan terkesan dengan penelitian yang dilakukan.

3. Berisi Rekomendasi

Selain itu, saran juga sebaiknya mencakup rekomendasi yang memberikan arahan untuk penelitian lebih lanjut, khususnya mengenai metode penelitian yang dapat digunakan ke depannya.

4. Mengandung Solusi

Akhirnya, saran harus menyertakan solusi, sehingga pembaca dapat lebih mudah memperbaiki atau mengembangkan penelitian yang sedang mereka baca. Ini akan mempermudah pembaca dalam mengembangkan tema yang diangkat dalam karya tulis tersebut.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan singkat mengenai cara menulis saran dalam karya tulis ilmiah, semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan kita semua. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like