Cara Publikasi Jurnal Internasional

  • Whatsapp
Cara Publikasi Jurnal Internasional

GREEN PUBLISHER – Publikasi jurnal Internasional saat ini sudah banyak dibutuhkan oleh kalangan akademisi, khususnya para Dosen dan Mahasiswa.

Jurnal Internasional adalah jurnal yang publikasinya sudah lintas negara. Dalam hal ini, penulis, editor maupun reviewer sudah dari berbagai negara.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mempublikasikan jurnal Internasional, simak informasinya dalam artikel ini.

Ingin Publikasi Jurnal Internasional Yang Cepat Terbit? Simak Sampai Bawah Yah!

Cara Publikasi Jurnal Internasional Di OJS

Publikasi jurnal internasional saat ini sudah sangat mudah karena kebanyakan penerbit sudah menerapkan sistem open journal (OJS).

Kebanyakan jurnal yang bereputasi baik telah memiliki sistem submit yang terintegrasi dengan websitenya.

Anda yang ingin mempublikasikan naskah artikel Anda pada jurnal Internasional hanya perlu mensubmit naskah Anda pada website jurnal yang ingin Anda publish.

Namun sebelum submit, Anda harus memastikan dan menyiapkan beberapa hal berikut ini:

Baca Juga: Daftar Jurnal Internasional Terindeks Web of Science dan Scopus 

Hal yang Harus Disiapkan

  • a. Naskah

Pastikan naskah Anda sudah layak untuk diterbitkan pada jurnal Internasional. Jurnal Internasional biasanya berbahasa inggris atau bahasa resmi PBB. Pastikan naskah bahasa inggris Anda sudah sesuai grammar.

  • b. Email aktif

Untuk keperluan korespondensi pada jurnal internasional biasanya menggunakan email. Oleh karena itu pastikan email yang Anda cantumkan pada jurnal adalah email aktif yang dapat dihubungi.

Ingin Publikasi Jurnal Internasional Yang Cepat Terbit? Simak Sampai Bawah Yah!

  • c. Akun jurnal

Sebelum mensubmit naskah Anda harus memiliki akun jurnal pada website yang ingin Anda publish. Anda dapat membuatnya dengan mengisi data diri pada menu register di website jurnal.

Langkah-langkah Publikasi Jurnal

  • Memulai submit/memasukan artikel kita pada web ojs tersebut.
  • Kemudian unggah file artikel kita atau jurnal yang akan dipublikasikan.
  • Setelah itu isi metadata naskah artikel jurnal, dengan memperhatikan data lengkap authors seperti nama dan lainnya.
  • Kemudian penulis melengkapi meta data artikel jurnal dengan memperhatikan judul dan abstrak/isinya.
  • Selain itu tambahkan kata kunci yang sesuai dengan judul artikel, tambahkan referensi atau daftar pustaka yang menjadi acuan kamu dalam menulis jurnal.
  • Selanjutnya Mengunggah atau upload file tambahan seperti data penelitian gambar atau table jika di perlukan.
  • Klik tombol upload untuk mengunggah file.
  • Terkahir, nanti muncul ringkasan dari seluruh file yang terupload. Kemudian klik tombol finish submission.

Baca Juga: 10 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Menulis Jurnal Ilmiah Beserta Panduan Terbaiknya 

Syarat Jurnal Internasional

Jurnal Internasional adalah jurnal yang memenuhi kriteria sebagai berikut:
a. Karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan;
b. Memiliki ISSN;
c. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok);
d. Memiliki terbitan versi online;
e. Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara;
f. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara

Ingin Publikasi Jurnal Internasional Yang Cepat Terbit? Simak Sampai Bawah Yah!

Ciri-Ciri Jurnal Internasional

Jurnal yang diakui sebagai jurnal internasional oleh Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti yang mempunyai ciri-ciri:
1). Penerbit oleh asosiasi profesi ternama di dunia atau Perguruan Tinggi atau Penerbit (Publisher) kredibel;
2). Terindeks oleh pemeringkat internasional (contoh SJR) atau basis data internasional yang ternama, contoh Index Copernicus International (ICI);
3). Alamat jurnal dapat Anda telusuri secara daring;
4). Editor Boards dari Jurnal dapat ditelusuri daring dan tidak ada perbedaan antara editor yang tercantum pada edisi cetak dan edisi daring;
5). Proses review sesuai standar publikasi internasional;
6). Jumlah artikel setiap penerbitan adalah wajar dan format tampilan setiap terbitan tidak berubah ubah;
7). Tidak pernah ditemukan sebagai jurnal yang tidak bereputasi atau jurnal meragukan oleh Ditjen Dikti/Ditjen Sumber Daya dan Iptek.

Baca Juga: Tips Publikasi Jurnal Internasional

Rekomendasi Publikasi Jurnal Internasional Terbaik Yang Cepat Terbit

Ada banyak publisher yang menyediakan tempat publikasi jurnal internasional. Namun, biasanya publisher tersebut hanya menerbitkan jurnal sekali atau dua kali dalam satu tahun. Slot setiap edisi juga sangat terbatas biasanya hanya 5 artikel.

Tapi tunggu dulu, ada solusi lain untuk bisa menerbitkan jurnal internasional secara cepat dan mudah, yakni dengan menerbitkan jurnal Anda pada Green Publisher.

Silahkan simak pembahasan berikut ini :

Baca Juga : Jurnal Scopus Cepat Terbit

1. EDUVEST – Journal Of Universal Studies

Jurnal  Studi Universal [p-ISSN:2775-3735 | e-ISSN:2775-3727] adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh Green Publisher. Journal Of Universal Studies akan menerbitkan artikel ilmiah tentang semua disiplin ilmu umum. Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, kajian, atau kajian ilmiah yang kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau resensi buku-buku ilmiah.

Jurnal Eduvest ini terbit setiap bulan di tanggal 20.

Bagi kamu yang ingin publish jurnal di jurnal Eduvest, bisa konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

2. SOSAINS ­- Jurnal Sosial Sains

Jurnal Sosial Sains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh Green Publisher. Jurnal Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan sains. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

Jurnal Sosial Sains ini terbit setiap bulan di tanggal 20.

Bagi kamu yang ingin publish jurnal di jurnal Sosial Sains, bisa konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

3. SOSTECH – Jurnal Sosial Technologi 

Jurnal SOSTECH [p-ISSN: 2774-5147 | e-ISSN 2774-5155] adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh Green Publisher. Jurnal SOSTECH akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan tekhnologi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

Jurnal SOSTECH ini terbit setiap bulan di tanggal 20.

Bagi kamu yang ingin publish jurnal di jurnal SOSTECH, bisa konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

3. GLOSAINS– Jurnal Sains Global Indonesia

Jurnal Glosains adalah jurnal yang cepat publish yang mana diterbitkan sebulan sekali oleh Green Publisher. Jurnal Glosains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Multidisiplin. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

Jurnal Glosains ini terbit setiap bulan di tanggal 20.

Bagi kamu yang ingin publish jurnal di jurnal Glosains, bisa konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

4. MATRIKS – Jurnal Sosial Sains

Jurnal Sosial dan Sains merupakan terbitan berkala ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun atau 6 bulan.

Jurnal Sosial dan Sains dikelola oleh penerbit Green Publisher yang menerbitkan karya ilmiah dalam rumpun ilmiah Sosial dan Sains dan telah menerbitkan edisi pertamanya pada tahun 2019 dengan p-ISSN 2775-3832 | e-ISSN 2775-7285.

Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian di bidang kajian dengan penekanan pada pendekatan sosial dan sains, yang meliputi: Pendidikan, Ilmu Budaya, Hukum, Ilmu Politik Kontemporer, Fisika, Kimia, Ilmu Agama dan Filsafat, Ilmu Desain Seni dan Media, Sosiologi, Biologi, Ekonomi, Manajemen.

Jurnal Sosial dan Sains memfasilitasi para peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan naskah ilmiah mereka sekaligus mendukung pengembangan budaya penelitian di Indonesia.

Jurnal Matriks ini terbit setiap bulan di tanggal 20.

Bagi kamu yang ingin publish jurnal di jurnal Matriks, bisa konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

Harga Publikasi Jurnal Internasional

Harga Publikasi Jurnal Internasional

Tahukah kamu, bahwa kebanyakan para akademisi di luaran sana menganggap publikasi jurnal internasional ini ditarif dengan harga yang mahal. Selain itu, prosesnya juga cukup ketat dan hanya naskah yang sangat berkualitas saja yang bisa diterima dan terbit di jurnal internasional.

Kami sangat mengetahui keinginanmu akan publikasi jurnal internasional yang Mudah, Murah dan Cepat terbit.

Apakah ada yang seperti itu? Tentu saja ada! Kamilah solusinya!

Kami (Green Publisher) merupakan lembaga publikasi ilmiah yang sudah berbadan hukum yang sudah mengelola lebih dari 8 Jurnal Internasional.

Indexing pada jurnal yang kami miliki sangat berkualitas, diantaranya Garuda, Arjuna, Google Scholar, One Search, Road, OSF, DOAJ, Copernicus, Scopus, EBSCO dan lain sebagainya

Dengan adanya Green Publisher, keinginanmu akan publikasi jurnal Internasional yang Mudah, Murah dan Cepat terbit, bisa langsung terealisasikan.

Bagi kamu yang ingin publikasi jurnal Internasional, bisa langsung konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini dan dapatkan promo Bulan Juni!

Call For Paper Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Bagi kamu yang tertarik dengan Call For Paper Jurnal Scopus di atas, bisa langsung konsultasikan melalui Whatsapp di bawah ini!

Tips Publikasi Jurnal Internasional

1. Persiapkan Dan Tulis Makalah Penelitian Anda

Sebelum menulis makalah penelitian apapun, Anda harus mengumpulkan semua informasi tentang topik dan pekerjaan penelitian Anda.

Buat beberapa poin dari temuan Anda dan catat. Pilih jurnal tempat Anda ingin menerbitkan makalah. Periksa contoh kertas dan “Instruksi untuk Penulis” atau “Panduan Penulis” dari jurnal tersebut. 

Siapkan naskah Anda sesuai dengan formatnya. Setiap artikel jurnal mengikuti format tertentu, seperti Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan dan Ucapan Terima Kasih / Referensi. Ruang lingkup dan batasan masa depan juga dapat dimasukkan dalam makalah Anda.

Baca juga:  Call for Paper Terbit bulan ini di Jurnal Nasional

2. Kirimkan Naskah Anda

Semua jurnal memiliki metode pengiriman makalah yang spesifik seperti  pengiriman online  ,  pengiriman email,  dan  pengiriman hardcopy  .

Tetapi sebagian besar jurnal sekarang hanya menerima pengiriman online dan email.

Jika Anda diminta untuk menyerahkan makalah Anda secara online maka Anda mungkin perlu mengisi beberapa informasi lain seperti Nama, Afiliasi, Nomor kontak, ID Email, Nama institusi, Gelar selesai atau teliti, Tahun pengalaman dll.

Pastikan Anda telah memberikan informasi yang benar tentang Anda. Manfaatkan ID email organisasi Anda bersama dengan ID email pribadi.

3. Tunggu Notifikasi Dan Jangan Panik

Banyak penulis yang panik setelah menyerahkan makalah dan terus menerus meminta pemberitahuan dan laporan review.

Tapi, Anda tidak perlu panik karena Redaksi mungkin akan menerima beberapa makalah untuk jurnal tersebut sehingga memakan waktu lama.

Baca Juga: Publikasi Jurnal Terakreditasi Sinta

Informasi awal yang dapat Anda terima seperti salah satu dari status berikut ini:

  1. Diterima: Artinya Naskah Anda telah diterima
  2. Diterima dengan Modifikasi: Diperlukan beberapa modifikasi dan kemudian akan diterima.
  3. Revisi dan kirim ulang: Artinya makalah Anda memerlukan banyak modifikasi sehingga Anda dapat memodifikasi sesuai dengan komentar pengulas.
  4. Ditolak: Artinya makalah tersebut tidak sesuai untuk jurnal tetapi bukan berarti makalah tersebut tidak sesuai untuk jurnal lain.

Baca juga: Cara Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Scopus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.