Cara Upload Jurnal Di Sinta

Bagi kamu yang ingin mengetahui dan memahami tentang cara upload jurnal di sinta, kamu bisa simak artikel ini sampai habis. Yuk simak sekarang juga!!

Sinta (Science and Technology Index) adalah sebuah sistem penilaian jurnal ilmiah yang digunakan di Indonesia. Jurnal Sinta memberikan nilai akreditasi pada jurnal ilmiah berdasarkan kualitas dan reputasi jurnal tersebut. Jurnal Sinta juga menjadi salah satu syarat penting dalam mendapatkan hibah penelitian dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian jurnal Sinta dan cara upload jurnal di Sinta.

Pengertian Jurnal Sinta

Cara Upload Jurnal Di Sinta

Sebelum masuk kedalam inti pembahasa yaitu Cara Upload Jurnal Di Sinta, sebaiknya kita ketahui dan pahami terlebih dahulu tentang pengertian jurnal sinta

Jurnal Sinta adalah sebuah sistem penilaian jurnal ilmiah yang digunakan di Indonesia untuk menilai kualitas jurnal ilmiah berdasarkan beberapa kriteria yang telah ditetapkan. Penilaian dilakukan oleh Kemenristek/BRIN dengan menggunakan beberapa indikator, seperti kualitas artikel, jumlah artikel, jumlah penulis asing yang berkontribusi, dan jumlah kutipan yang diterima oleh artikel-artikel dalam jurnal tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks hijau di atas ya!

Setelah dilakukan penilaian, jurnal akan diberikan akreditasi dengan nilai Sinta 1, Sinta 2, atau Sinta 3. Jurnal yang memiliki nilai Sinta 1 merupakan jurnal dengan kualitas terbaik dan sangat terkenal dalam bidangnya, sedangkan jurnal dengan nilai Sinta 3 adalah jurnal dengan kualitas yang masih perlu ditingkatkan.

Publikasi Jurnal Gratis Nyaris Mustahil?

Di dunia akademis, kegiatan publikasi jurnal merupakan salah satu kunci penting dalam penyebaran pengetahuan dan hasil penelitian. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa proses untuk memublikasikan jurnal secara gratis terkadang bisa sangat rumit. Persaingan yang ketat dan standar seleksi yang tinggi seringkali menjadikannya sebuah tantangan besar, bahkan hampir mustahil bagi sebagian peneliti untuk lolos pada publikasi jurnal gratis.

Di sinilah Greenpublisher berperan. Sebagai penyedia layanan publikasi ilmiah terkemuka, kami hadir untuk menawarkan solusi bagi Anda yang menghadapi kesulitan dalam memublikasikan hasil penelitian. Dengan pengalaman yang luas dalam melayani ribuan publikasi ilmiah baik dari dalam negeri maupun mancanegara, Greenpublisher mengerti betul apa yang dibutuhkan oleh peneliti untuk dapat sukses dalam publikasi jurnal.

Konsultasikan Sekarang Kebutuhan Publikasi Jurnal Ilmiah Anda dan Dapatkan Potongan Harga Hingga 20%!

Cara Upload Jurnal SINTA 1,2,3,4,5,6 Untuk Mahasiswa

Ada 5 cara upload jurnal SINTA yang bisa Anda lakukan, dibawah ini kami paparkan 8 tahapan-tahapan tersebut:

1. Kunjungi Laman Resmi SINTA

Tahap pertama adalah mengunjungi laman resmi SINTA, disana Anda dapat mencari informasi mengenai jurnal ilmiah terindeks SINTA.

Perlu Anda ketahui tingkatan sinta jurnal menjadi 6 kategori, mulai dari SINTA 1 sampai dengan SINTA 6. Urutan jurnal ini berdasarkan dari yang tertinggi, jadi jika Anda ingin submit jurnal di SINTA harus sesuai dengan standar kualitas dari kategori jurnal tersebut.

2. Login Akun SINTA

Bagi Anda yang berprofesi sebagai dosen pasti diwajibkan memiliki akun SINTA dan akun Google Scholar bukan? Tentu saja bukan tanpa alasa, Hal ini sangat penting karena untuk kebutuhan publikasi ilmiah.

Untuk mendaptar akun SINTA, Anda hanya perlu mengunjungi laman SINTA berikut ini : https://sinta.kemdikbud.go.id/, dan masuk ke menu registration pada pojok kanan atas, kemudian isi formulis pendaftaran sesuai dengan profil Anda.

Jika Anda telah berhasil mendafatar akun SINTA, silahkan login dan masuk ke menu Author Login pada halaman utama.

3. Pilih Jurnal dan Masuk ke Website Jurnal (OJS)

Cara upload jurnal SINTA selanjutnya adalah dengan memilih jurnal yang sesuai dengan peringkat SINTA dan pastikan juga jurnal tersebut sesuai dengan artikel ilmiah Anda.

Jika Anda sudah memilih jurnal yang tepat, Anda bisa masuk ke website jurnal untuk tahap selanjutnya. Perhatikan beberapa informasi jurnal, seperti Fokus Dan Ruang Lingkup, Pedoman Penulis sebaik Biaya Penulis. Maksud dariFokus Dan Cakupan mengacu pada bidang minat khusus dalam jurnal atau spesialisasi.

Anda juga harus membaca dengan cermatPedoman Penulis dalam publikasi karena dapat menjadi pedoman bagi penulis dalam menyusun format dan persyaratan sesuai dengan arahan pedoman penulisan. Agar lebih mudah lagi, Anda juga bisa mendownloadnya templat jurnal.

Butuh Publikasi Jurnal SINTA Terbit Maret 2024? Konsultasikan Sekarang!

Biaya Publikasi Jurnal SINTA

Yang juga harus Anda perhatikan adalah Biaya Penulis, karena kita mencari publikasi gratis, saat memilih jurnal pastikan itu biaya penulis bebas. Dan banyak juga jurnal yang berbayar Biaya publikasi jurnal Sinta berkisar Rp 500.000 – Rp 7.500.000, namun masih banyak juga publikasi yang gratis. Jadi, pastikan Anda membaca dengan cermat dan teliti.

4. Upload Jurnal SINTA Sesuai Dengan Pedoman

Selanjutnya Anda harus memastikan apakah Jurnal Anda sesuai dengan pedoman penulisan atau belum, tentu saja ini bertujuan agar tahap submit jurnal bisa berjalan dengan mudah.

Cara nya sangat mudah, Anda hanya harus mengikuti proses pengiriman file jurnal, mulai dari mengisi berbagai informasi, meta data jurnal, hingga tahap akhir.

Setelah Anda selesai mengisi Informasi, klik tombol “Submit” atau “Kirim”. Dengan ini, Anda telah  berhasil upload jurnal.

5. Proses Review dan Publikasi

Tahap selanjutnya dalam cara upload jurnal SINTA adalah review dan publikasi. Jurnal yang Anda kirimkan sebelumnya akan di proses dan di verifikasi oleh tim verifikator SINTA.

Seperti pada umumnya, pihak SINTA akan melakukan pengecekan data apakah data yang Anda input sudah valid atau belum.

Tahap ini juga menjadi penentu apakah naskah Anda diterima, ditolak atau di revisi. Untuk tahap review ini biasanya memerlukan waktu yang berubah-ubah, bisa cepat dan bisa memakan waktu yang cukup lama.

Butuh Publikasi Jurnal SINTA Terbit Maret 2024? Konsultasikan Sekarang!

Publikasi Jurnal Sinta 2 Terbit Maret 2024

daftar jurnal terbit januari

Nah, dalam proses publikasi jurnal sinta , kamu diwajibkan untuk memiliki naskah jurnal terlebih dahulu dan kemudian baru kita publikasikan.

Nah sebenarnya, untuk publikasi di daftar jurnal sinta sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Jika Sobat Green Publisher memilih jurnal sinta  yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang mendampingimu. Selain prosesnya yang ketat, untuk menunggu naskah yang kamu miliki di terima atau tidak oleh jurnal tersebut, memakan waktu yang cukup lama. Bisa 3 bulan, 4 bulan hingga 6 bulan lamanya.

Jika ternyata naskahmu tidak diterima di jurnal sinta , maka naskah akan dikembalikan dan diperlukan revisi jurnal. Dan bilamana di terima, maka kamu juga perlu menunggu sekitar 6 bulan – 1 tahun untuk naskah tersebut bisa dipublikasikan.

Akan tetapi, jika kamu berinisiatif untuk memilih yang berbayar, maka kamu akan didampingi dalam proses review yang mana tidak akan menguras waktu lama.

Kamu hanya perlu menunggu maksimal 1 minggu saja untuk proses review jurnal. Jika naskah jurnalmu tidak sesuai, maka akan dibantu dalam proses revisinya. Dan jika sesuai, maka naskahmu akan dipublikasikan pada waktu yang dekat. Kami siap mendampingi naskahmu sampai benar-benar bisa terbit di jurnal sinta impianmu.

Kami memiliki banyak Tim yang masing-masing sudah ahli dalam bidangnya. Semua rumpun ilmu, bisa kami dampingi publikasinya di jurnal sinta.

Apakah biaya publikasi jurnal sinta ini mahal? Tidak, kami menyesuaikan kantong mahasiswa.

Apakah dijamin bisa terbit di jurnal sinta ? Kami jamin 100%, dengan catatan naskah tersebut sudah sesuai.

Butuh Publikasi Jurnal SINTA 2 Cepat Terbit? Hubungi Tim Publikasi Kami Sekarang!

Kenapa Harus GreenPublisher Indonesia?

Kami adalah lembaga publikasi jurnal terpercaya yang sudah resmi berbadan hukum. Green Publisher telah sukses mendampingi lebih dari 5.629 Naskah baik di Jurnal Nasional maupun Jurnal Internasional. Mulai dari ISSN, SINTA 2-6, DOAJ, EBSCO, SCOPUS, INDEX COPERNICUS. Untuk meningkatkan tingkat kepercayaan kepada para author, Green Publisher kini memiliki Instagram yang sudah terverivikasi (Centang Biru)

Green Publisher centang biru

Jadi, rekan-rekan tidak perlu ragu lagi akan lembaga Green Publisher ini. Cepat, Puas & Tuntas!

Butuh Publikasi Jurnal SINTA 2 Cepat Terbit? Hubungi Tim Publikasi Kami Sekarang!

Kelebihan Dan Kekurangan Jurnal Sinta

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Jurnal Sinta.

Kelebihan Jurnal Sinta:

  1. Meningkatkan Kualitas Jurnal Program akreditasi Jurnal Sinta mendorong peningkatan kualitas jurnal ilmiah Indonesia. Dengan adanya standar akreditasi yang ketat, jurnal ilmiah di Indonesia diharapkan dapat memenuhi standar internasional dan meningkatkan kualitas artikel yang dihasilkan.
  2. Meningkatkan Visibilitas Jurnal Jurnal yang telah terakreditasi di Jurnal Sinta akan mendapatkan status yang lebih tinggi dan memiliki tingkat visibilitas yang lebih tinggi. Hal ini akan membantu penyebaran dan penggunaan artikel lebih luas, dan meningkatkan citasi dari artikel yang dihasilkan.
  3. Meningkatkan Reputasi Penulis Jurnal Sinta menjamin kualitas artikel ilmiah yang diterbitkan dan memberikan reputasi yang baik bagi penulis. Dengan memiliki artikel yang terbit di jurnal terakreditasi, penulis akan memiliki prestise yang lebih tinggi di dunia akademik dan meningkatkan kesempatan untuk publikasi di jurnal internasional.
  4. Peningkatan Kompetisi di Dunia Akademik Dengan adanya program akreditasi ini, jurnal ilmiah di Indonesia akan bersaing untuk mencapai standar yang lebih tinggi. Hal ini akan meningkatkan kompetisi di dunia akademik dan mendorong pengembangan riset yang lebih inovatif dan berkualitas.

Kekurangan Jurnal Sinta:

  1. Proses Verifikasi Yang Lambat Proses verifikasi jurnal yang dilakukan oleh Jurnal Sinta bisa memakan waktu yang cukup lama. Proses verifikasi ini sangat penting untuk memastikan kualitas artikel dan metadata jurnal yang diunggah. Namun, waktu yang lama dapat menghambat penyebaran artikel dan pengakuan publikasi yang cepat.
  2. Terbatas pada Bidang Tertentu Jurnal Sinta hanya mengevaluasi jurnal di bidang ilmu tertentu, seperti ilmu sosial, teknik, dan kesehatan. Hal ini membuat jurnal di bidang lain tidak dapat diakreditasi oleh Jurnal Sinta, meskipun memiliki kualitas yang baik.
  3. Tidak Dapat Diakses oleh Masyarakat Umum Jurnal Sinta hanya dapat diakses oleh institusi atau individu yang memiliki akses ke portal Jurnal Sinta. Hal ini membuat jurnal yang diakreditasi tidak dapat diakses oleh masyarakat umum yang tidak memiliki akses ke portal tersebut.
  4. Memerlukan Biaya Untuk mengajukan akreditasi jurnal ke Jurnal Sinta, dibutuhkan biaya tertentu yang harus ditanggung oleh

Kesimpulan

Itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara upload jurnal di SINTA dan beberapa layanan kami terkait publikasi jurnal SINTA, kami harap dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan bagi teman-teman semua. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like