Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

  • Whatsapp
Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

Bagi kamu yang sedang mencari contoh saran dalam karya tulis ilmiah, kamu bisa temukan jawabannya pada artikel ini.

Dalam membuat Karya Tulis Ilmiah, Saran menjadi bagian penting yang harus terdapat didalamnya.

Selain untuk Karya Tulis Ilmiah, Saran juga menjadi hal yang harus terdapat pada karya tulis lainnya seperti skripsi, jurnal, tesis, disertasi, dan laporan penelitian yang bisa berupa penelitian kualitatif maupun kuantitatif.

Saran biasanya terdapat pada bagian BAB penutup, hal ini bbertujuan agar para pembaca bisa menganalisa kekurangan yang ada pada Karya Tulis Ilmiah yang kita buat.

Hal tersebut dilakukan tidak lain menjadi rujukan untuk perbaikan dalam proses penelitian selanjutnya.

Tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui apa Saran itu. Karena itu di bawah ini merupakan beberapa Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah.

Baca Juga : Contoh Review Jurnal 

Pengertian Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Saran

Sebelum mengetahui Contoh saran dalam karya tulis ilmiah, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Saran.

Saran Penelitian merupakan bagian yang ada pada BAB Pentup dalam laporan Karya Tulis. Pada bagian ini terletak di akhir paragraf, dengan terlebih dahulu diisi oleh contoh kesimpulan.

Berisi tentang pendapat yang dikemukakan sebagai alat untuk pertimbangan berharap dapat memberikan perubahan yang baik juga bersifat positif.

Juga bisa disimpulkan sebagai pendapat orang dalam menghadapi suatu yang diperbincangkan.

Dalam menulis Saran tidak ada panduan serta pedoman khusus dalam membuatnya,  tetapi dalam pembuatan kalimatnya tidak boleh melebihi dari jumlah kata pada bagian Kesimpulan.

Langsung saja  setelah kita mengetahui apa itu saran, maka dari itu di bawah ini merupakan Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah.

Saran yang bisa ditulis pada bagian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Sudah harus menjadi upaya masyarakat agar lebih baik lagi dalam memaksimalkan dan megefektifkan destilator bertenaga matahari dan angin dengan melakukan pengujian berdasarkan kondisi lingkungan sekitar.
  • Diharapkan masyarakat sekitar pesisir pantai untuk mengimplementasikan hal yang sudah dipelajari, agar krisis air bersih di kawasan tersebut bisa terselesaikan dengan sangat baik.
  • Diharapkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup agar menambah jumlah motor pengangkut sampah, karena masih banyak tukang pengangkut sampah menggunakan gerobak sebagai alat transportasi pengangkut sampah. Sehingga hal ini kurang memaksimalkan waktu juga tenaga.

Baca Juga : Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah

Arti Saran Menurut Para Ahli

Arti Saran Menurut Para Ahli

Para ahli ternyata juga memiliki artian yang berbeda mengenai saran. Nah, kali ini kami akan memberikanmu 3 contoh pengertian saran menurut para ahli :

  • Vocabulary, Saran atau dalam Bahasa Inggirs yaitu “Rekomendasi” merupakan kata benda berasal dari kata Latin Pertengahan “recommend”, yang berarti “pujian” atau “penyajian yang layak”.
  • KBBI, Saran didefinisikan sebagai pendapat (anjuran, usul dan cita-cita) yang dikemukakan untuk dipertimbangkan
  • Your Dictionary, Rekomendasi artinya: (1) Tindakan merekomendasikan, atau menarik perhatian, seseorang atau sesuatu yang sesuai untuk suatu tujuan; (2) apa pun yang merekomendasikan atau membuat kesan yang menyenangkan; (3) Nasihat.

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

Nah, setelah kamu sudah mengetahui tentang pengertian dari saran, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa contoh saran dalam karya tulis ilmiah :

Contoh Saran Pada Makalah

Contoh Saran Pada Makalah

Selain contoh saran dalam karya tulis ilmiah, pada bagian ini kami juga akan memberikan contoh saran pada makalah.

Pada makalah juga Saran menjadi  bagian yang sangat penting yang harus tertera didalamnya. Saran ini biasanya berada di BAB 3, untuk contohnya bisa kita lihat diibawah ini.

  • Saran yang saya berikan di dalam makalah ini yaitu obyek wisata Telaga Biru  Cicerem tidak hanya cukup memerhatikan aspek dari Sumber Daya Manusianya saja.

Selain SDM pengelola obyek wisata juga harus memerhatikan aspek fasilitas yang diberikan pada pengunjung agar terpuaskan setelah mengunjungi obyek wisata tersebut.

Para pengunjung obyek wisata tersebut sudah seharusnya diberikan fasilitas yang mumpuni karena telah membayar tiket masuk dengan seharusnya.

Karena dengan kurangnya fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola obyek wisata maka akan menurunkan rate sehingga bisa menyebabkan tutup bahkan bangkrutnya obyek wisata tersebut.

Maka dari itu pihak pengelola harus membuat fasilitas yang baik seperti mushola, wc, spot foto, dan sebagainya tanpa harus mematok harga untuk menggunakan fasilitas tersebut agar para pengunjung merasa sangat senang.

Hal ini tentunya dapat meningkatkan popularitas obyek wisata tersebut dan memberikan kesan menarik kepada setiap pengunjung obyek wisata Telaga Biru Cicerem ini.

Itulah contoh Saran pada Makalah, saran ini menjadi cukup panjang karena dalam makalah mempunyai bagian tersendiri untuk Saran ini.

Baca Juga : Contoh Judul Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Penelitian

Contoh Saran Penelitian

Melakukan penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para akademisi untuk menyelesaikan tugas atau  pendidikannya. Terlebih lagi dalam contoh saran dalam karya tulis ilmiah.

Begitupun Penulisan laporan, sudah seharusnya terdapat Saran didalamnya entah itu menggunakan Metode Penelitian apapun. Langsung saja berikut ini adalah contohnya.

  • Penelitian ini memang belum sempurna, maka perlu ditingkatkan untuk keefektivitasan dan pemanfaatan nilai guna GELING (Gembok Anri Maling)  dengan menggunakan sensor inti, dengan menggunakan metode yang digunakan bersifat konseptualisasi.

Itulah beberapa macam tentang bagaimana menggunakan Saran dalam Karya Tulis, selanjutnya dalam membuat saran tentunya harus memerhatikan beberapa hal diantara lain sebagai berikut.

Note : Beberapa contoh di bawah ini kami mengambil dari sumber : mamikos.com

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah 1

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

Berikut adalah beberapa contoh saran dalam karya tulis ilmiah dari penulis untuk arahan lebih lanjut:

  1. Menyelaraskan faktor-faktor yang terlibat dalam proses pembelajaran agar berkelanjutan.
  2. Mari kita bersatu padu membenahi saran dan prasarana yang tidak sesuai atau tidak sesuai dengan proses pembelajaran di sekolah.
  3. Gunakan metode pembelajaran yang terbukti di sekolah.

Contoh Saran Kedua

Contoh saran dalam karya tulis ilmiah :

Berdasarkan pengalaman melakukan penelitian di bidang aplikasi berita publik di media online lokal Sorotgunungkidul.com, pada bagian ini peneliti ingin memberikan beberapa saran yang mungkin berguna untuk penelitian selanjutnya.

Pengembangan penelitian selanjutnya dapat lebih diperdalam melalui metode studi kasus. Atau melalui penelitian kuantitatif, yaitu menyelidiki masyarakat dalam kasus-kasus tertentu. Hal ini juga terkait dengan konsep media yang mengambil masyarakat sebagai partisipan.

Untuk media Sorotgunungkidul sebaiknya memperhatikan penyampaian berita secara sistematis sehingga melalui media online, jika media itu sendiri dan masyarakat membutuhkannya dapat dengan mudah menemukan pencarian berita sebelumnya setiap saat.

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Ketiga

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Ketiga

Contoh saran dalam karya tulis ilmiah :

Melihat aktivitas ekonomi di pasar tradisional Benhill yang stabil, saran yang dapat diberikan kepada para pedagang pasar adalah menjaga suasana aktivitas ekonomi. Pada saat yang sama, ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu keseimbangan kegiatan ekonomi di pasar tradisional Benhill.

Contoh Saran Keempat

Contoh saran dalam karya tulis ilmiah :

Dalam penelitian ini, peneliti akan memberikan rekomendasi KPI dan stasiun TV Indonesia berdasarkan fenomena yang peneliti peroleh di lapangan. Sebagai KPI lembaga penyiaran hendaknya memberikan acuan yang jelas terhadap pasal-pasal yang masih sulit diterapkan di P3SPS. Produk karet mempersulit penyiar untuk menerapkan artikel mereka dan menyebabkan kesalahpahaman. Misalnya, menurut pernyataan tim QC Indosiar, mereka mengeluh produk karet terlalu banyak dan sulit diterapkan. Indikator kinerja utama harus memberikan batasan yang jelas dan lebih spesifik untuk penerapannya dalam produksi program televisi.

Ketika implementasi P3SPS menemui kendala, KPI juga diharapkan dapat memberikan solusi bagi TV. KPI dan lembaga penyiaran harus duduk dan mendiskusikan masalah yang dihadapi P3SPS, terutama sensor. Ketika sensor fisik menjadi perbincangan dan kritikan penonton, KPI cenderung berargumen bahwa mereka bukan lembaga sensor. Memang benar KPI bukan lembaga review, tapi pelaksanaan review sendiri berdasarkan P3SPS yang dikeluarkan KPI. Jika memang ada aplikasi yang tidak sesuai, KPI harus berniat memberikan komentar kepada penyiar dan mengevaluasi P3SPS itu sendiri.

Bagi stasiun TV Indonesia diharapkan dapat memperdalam pemahaman tentang P3SPS sehingga dapat memahami hal-hal yang berkaitan dengan penyiaran sesuai dengan aturan tertulis di lapangan. Pendalaman materi P3SPS juga dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi KPI berdasarkan apa yang terjadi selama proses produksi TV. Akan lebih baik lagi jika landasan yang diperoleh melalui pengalaman dipadukan dengan pemahaman tentang P3SPS untuk meningkatkan kualitas produsen.

Selain itu, televisi harus dibuka untuk tujuan penelitian. Tentu, penolakan perusahaan juga menjadi kendala bagi peneliti untuk melengkapi data. Penelitian ini tidak hanya untuk kepentingan peneliti, tetapi juga untuk kepentingan semua pihak yang berkepentingan. Misalnya untuk KPI, kajian ini dapat digunakan untuk mengevaluasi KPI saat mensosialisasikan P3SPS kepada lembaga penyiaran.

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Kelima

Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Kelima

contoh saran dalam karya tulis ilmiah :

Meskipun penulsi sudah berusaha untuk menyempurnakan susunan makalah, tapi nyatanya penulis masih banyak memiliki kekurangan yang harus diperbaiki.

Oleh karena itu, berbagai macam kritik dan saran dari pembaca yang membangun sangat diharapkan guna bahan evaluasi kedepannya.

Contoh Saran Keenam

Contoh saran dalam karya tulis ilmiah :

Tulisan ini mengakui sejumlah kekurangan, terkait dengan pembahasan yang kurang mendalam di beberapa unit analisis. Kekurangan dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai ide untuk penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti akan membuat rekomendasi atas analisis hasil. Berikut beberapa saran dari peneliti terkait dengan penelitian ini.

Disarankan perlu penelitian lebih lanjut agar dapat mengkaji popularitas dan pandangan masyarakat baik yang pro maupun yang menentang keberadaan Sape’ Dayak Kayaan Leher Ganda ini.

Bagi para praktisi atau penggiat Sape’, khususnya Sape’ Dayak Kayaan Leher Ganda, peneliti menyarankan agar Sape’ Dayak Kayaan Leher Ganda lebih banyak menggunakan bahasa kearifan lokal atau bahasa daerah. Hal ini dilakukan agar Sape’ Double Neck Dayak Kayaan menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat untuk mengembangkan seni budaya khususnya alat musik tradisional. Dalam bidang organologi Sape’ Double Neck Dayak Kayaan, senar yang digunakan sebaiknya yang khusus dibuat untuk instrumen Sape’ Double Neck sehingga getaran atau suara yang dihasilkan memiliki karakter tersendiri pada instrumen tersebut.

Peneliti juga menyarankan agar pemain Sape’ Double Neck Dayak Kayaan bisa memulai dengan mempelajari mekanika permainan atau cara memainkan karya tradisional Sape. Hal ini dilakukan agar para pemain Sape’ Double Neck Dayak Kayaan tidak bisa melepaskan diri dari benang merah, dimana sonic signature dari Sape’ dan Sape’ Double Neck Dayak Kayaan adalah keunikan dari instrumen itu sendiri.

Cara Membuat Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah Yang Baik Dan Benar

Nah, setelah kamu mengetahui tentang contoh saran dalam karya tulis ilmiah, kali ini kami akan memberikanmu informasi mengenai cara membuat saran penelitian.

1. Memperhatikan Jumlah Kosa Kata

Dalam membuat  Saran sudah seharusnya dibatasi dengan jumlah minimal karakter yang kita  gunakan. Tidak lain dengan tujuan untuk lebih memperhatikan Kesimpulan dengan Saran agar menjadi seimbang.

Untuk pembatasan kata dalam saran yang baik dan digunakan oleh banyak orang adalah lebih dari 200 kata.

2. Mencantumkan Harapan

Saat kita menulis sebuah Saran sudah seharusnya mencantumkan harapan didalamnya untuk para pembaca.

Khususnya kita dengan menggunakan kata – kata yang menarik seperti “dengan demikian” atau “penulis mengharapkan” dan yang lainnya, sehingga pembaca merasa sangat senang.

3. Memberikan Rekomendasi

Tidak lupa juga ketika membuat Saran, harus juga memberikan rekomendasi yang menyatakan tentang penelitian lebihh lanjut terkait metode penelitian yang kitaa gunakan.

4. Terdapat Solusi

Terakhir, Saran juga harus berisi Solusi agar nantinya pembaca bisa lebih mudah untuk memperbaiki makalah yang dibaca ini.

Sehingga nantinya pembaca bisa dengan mudah mengembangkan tema yang kita ambil dalam pembuatan karya tulis  itu sendiri.

Itulah beberapa Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah, beserta dengan beberapa cara lainnya. Sangat mudah sekali jika kita megikuti langkah di atas dengan baik dan benar.

Akhir Kata

Demikian mengenai Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah, dengan begitu kita bisa dengan mudah menyusun karya tulis yang sedang kita buat.

Tentunya untuk menyelesaikan pendidikan kita harus membuat Karya Tulis sebagus dan sebaik mungkin sehingga tidak banyak direvisi dan dengan mudah terselesaikan.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Sumber : penelitianilmiah.com, dosensosiologi.com, mamikos.com


FAQ

Apa itu saran dalam karya tulis ilmiah?

Saran adalah suatu bagian dalam bab penutup dalam sebuah penulisan makalah

Bagaimana cara menulis saran?

Memerhatikan Jumlah Kata > Menyertakan Ungkapan Harapan > Menawarkan Rekomendasi > Memberikan Solusi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.