Daftar Jurnal yang Publikasi Cepat Setiap Bulan!

Berikut ini adalah informasi daftar jurnal yang publikasi cepat setiap bulan baik jurnal Nasional maupun jurnal Internasional bereputasi.

Jurnal merupakan publikasi ilmiah yang berisi kumpulan artikel yang pada umumnya terbit secara regular (mengikuti peraturan), misalnya dua kali atau sampai empat kali dalam satu tahun. Naskah artikel yang ditulis untuk jurnal direview atau dievaluasi oleh tim reviewer sebelum masuk ke meja editorial jurnal.

baca juga : Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Reviewer artikel jurnal biasanya lebih dari satu orang yang merupakan pakar di bidang studi tertentu sesuai dengan topik yang ditulis dalam artikel.

Jurnal pada umumnya berisikan tentang sejumlah referensi yang menjadi rujukan penulisan setiap artikel. Jenis artikel yang ditulis tak sebatas laporan penelitian, namun bisa pula berupa review literatur.

Artikel jurnal yang merupakan laporan penelitian secara tipikal terdiri dari beberapa bagian mulai dari judul, abstrak, deskripsi pengantar, kajian pustaka, metodologi, hasil analisis, diskusi dan implikasi hasil penelitian. terkadang jurnal disertai usulan tentang agenda riset lanjutan dan rekomendasi.

Jenis-jenis Jurnal

1. Jurnal Nasional

Jurnal nasional adalah sebuah editor yang bereputasi nasional yang  terdiri dari beberapa institusi, dan penulis dari beberapa institusi.

 Tujuan jurnal ini adalah menampung atau mengkomunikasikan hasil-hasil dari penelitian ilmiah serta konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu yang ditujukan kepada masyarakat ilmiah atau peneliti yang mempunyai disiplin keilmuan yang memang relevan kemudian juga diterbitkan oleh penerbit atau badan ilmiah,profesi bahkan perguruan tinggi juga dengan unit-unitnya.

 Bahasa yang digunakan di dalam jurnal nasional ini adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

 Jurnal memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal dua institusi yang berbeda dan mempunyai dewan redaksi atau editor yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya dan berasal dari minimal dua institusi yang berbeda.

untuk informasi lebih lanjut silahkan klik gambar dibawah ini

Jurnal nasional bereputasi

Jurnal Bereputasi adalah  Jurnal yang telah memiliki indeks dan diakui secara internasional.Reputasi jurnal diukur dari Impact Factor (IF) atau faktor dampak jadi semakin banyak disitasi, semakin berdampak / bernilai tinggi , Fungsi jurnal tidak hanya sekedar  dibaca, tapi sudah menjadi bahan rujukan untuk referensi peneliti atau ilmuwan

Yuk dibaca : Cara Submit Jurnal di SINTA

Jurnal nasional terakreditasi

Jurnal nasional terakreditasi adalah jurnal terbitan berkala yang menyebarluaskan perkembangan ilmu pengetahuan, diterbitkan secara resmi dengan ISSN (International Standart Serial Number ) dan disebarluaskan.

Jurnal ini melibatkan pakar nasional sebagai mitra bestari, diminati pakar dari luar lingkungan sendiri, dan didistribusikan secara nasional dan diakreditasi oleh DIKTI.

Berikut contoh-contoh jurnal terakreditasi SINTA, untuk informasi harga dan jadwal publish klik gambar dibawah ini.

Jurnal Internasional

Jurnal Internasional adalah sebuah naskah ilmiah yang memiliki novelty atau kebaruan yang bermanfaat bagi oranglain artikel. Artinya, jumlah kata dalam karya ilmiah ini terbatas. Jika dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik, seperti skripsi, kedudukan jurnal lebih bergengsi.

Jurnal internasional adalah jurnal yang memenuhi kriteria sebagai berikut.

a. Karya ilmiah yang harus diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan.

b. Memiliki ISSN (International Standart Serial Number)

c. Ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol dan Tiongkok).

d. Memiliki terbitan versi online.

e. Dewan Redaksi (Editorial Board) adalah pakar di bidangnya paling sedikit berasal dari 4 (empat) negara.

f. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam 1 (satu) nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari 2 (dua) negara.

g. Terindeks oleh database internasional: Web of Science, Scopus, Microsoft Academic Search, dan/atau laman sesuai dengan pertimbangan Ditjen Dikti.

untuk informasi lebih lanjut silahkan klik gambar dibawah ini

Jurnal internasional bereputasi

jurnal internasional bereputasi adalah jurnal-jurnal ilmiah yang memenuhi kriteria jurnal internasional dan terindeks ke situs database bereputasi. Saat ini situs database jurnal ilmiah bereputasi ada Scopus dan Web Science.

baca juga : Cara Mengutip yang Benar dari Jurnal, Skripsi, Buku dan Website

1. Jurnal penelitian

Jurnal penelitian ialah sebuah laporan penelitian. Jadi hasil penelitian yang diperoleh dipaparkan dan ditulis dalam sebuah laporan.

 

2. Jurnal cetak

Umumnya jurnal cetak ini dibuka untuk para dosen, peneliti dan mahasiswa yang tertarik melakukan penelitian. Pengumuman yang di umumkan secara terbuka lewat internet ataupun lewat pesan singkat  dan semacamnya.

Pengumuman tersebut memberitahukan teknis penulisan jurnal dan waktu presentasi jurnal. Jadi jurnal yang masuk akan di seleksi oleh tim penyelenggara. Jurnal yang lolos akan dikonfirmasi oleh tim ke penulis, untuk mengkonfirmasi. Jurnal yang lolos seleksi, nantinya akan dipresentasikan di depan peserta lain.

baca juga : Cara Mengutip yang Benar dari Jurnal, Skripsi, Buku dan Website

3. Jurnal online

Jurnal online dapat diartikan menjadi dua :

Pertama, jurnal cetak yang dionlinekan. Jadi jurnal biasa yang diunggah dalam bentuk online. Bisa jurnal yang di upload melalui website jurnal ataupun melalui website institusi.

Kedua, jurnal online dalam arti sebenarnya. maksudnya adalah jurnal online yang dimasukan melalui urutan proses. Jadi ada proses dari penulis jurnal, kemudian di proses ke tim editor sebelum masuk ke email atau di masukan ke tim redaksi penerima jurnal online. Jika jurnal tidak lolos, maka jurnal tersebut akan ditolak atau dimintai perbaikan.

Kelebihan membuat jurnal secara daring (online) selain penyebarannya lebih luas, Anda sebagai penulis juga lebih mudah dikenal pembaca,

untuk informasi lebih lanjut silahkan klik gambar dibawah ini

4. Jurnal lokal

Macam-macam jurnal ilmiah yang selanjutnya, ada jurnal lokal. Dikatakan jurnal lokal apabila jurnal tersebut dibuat oleh banyak penulis, dari instansi yang sama.

5. Jurnal nasional

Jurnal nasional adalah jurnal ditulis dalam lingkup nasional. Jadi jurnal nasioal tidak hanya ditulis oleh penulis dari dalam negeri. Tetapi penulis dari luar negeri juga bisa menulis jurnal penelitian.

6. Jurnal internasional

Jurnal internasional ditulis menggunakan bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris.Jurnal internasional pun juga wajib memiliki mitra bebestari sesuai bidangnya dan terbukti handal. 

Dikatakan jurnal internasional bereputasi apabila jurnal yang diajukan telah lolos verifikasi dan indeks. Tidak main-main, jurnal minimal lolos verifikasi di Thompson reuters, DOAJ, SCOPUS, Copernicus, Crossreff. Dari beberapa verifikasi tersebut, verifikasi paling tinggi adalah verifikasi scopus, dan sebagian yang lolos verifikasi scopus ditulis menggunakan bahasa inggris.

Itulah macam-macam jurnal ilmiah. Untuk tambahan informasi, jurnal penelitian yang baik memiliki beberapa ciri-ciri.

Pertama jurnal ilmiah dibuat menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Sedangkan jurnal yang disarankan menggunakan bahasa inggris.

Kedua, jurnal dilengkapi dengan gambar, grafik, tabel atau semacamnya, sebagai pendukung data. Jumlahnya tidak terlalu banyak.

Ketiga, memiliki efinisi operasional dan indikator penelitiannya. Lihat dibagian dalam, apakah terdapat variabel yang sama, atau berbeda.

Keempat, cek apakah terdapat executive summary. Cukup dengan mengetahui executive summary berisi rangkuman atau ringkasan jurnal.

Ketiga cek daftar pustaka jurnal. Keberadaan jurnal, dapat digunakan untuk mengetahui referensi yang digunakan dalam pembuatan jurnal. Di dalam referensi inilah, yang nantinya akan membantu, dan melihat apakah jurnal diambil dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan atau tidak.

Contoh  Web Jurnal Nasional

  1. EDUVEST – Journal Of Universal Studies (https://eduvest.greenvest.co.id/index.php/edv)

Jurnal  Studi Universal [p-ISSN:2775-3735 | e-ISSN:2775-3727] adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Journal Of Universal Studies akan menerbitkan artikel ilmiah tentang semua disiplin ilmu umum. Artikel yang diterbitkan adalah artikel hasil penelitian, kajian, atau kajian ilmiah yang kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau resensi buku-buku ilmiah.

Jurnal Sosial Sains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan sains. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

 Jurnal SOSTECH [p-ISSN: 2774-5147 | e-ISSN 2774-5155] adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal SOSTECH akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan tekhnologi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

untuk informasi lebih lanjut silahkan klik gambar dibawah ini

Jurnal Glosains adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Glosains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Multidisiplin. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.

Jurnal Sosial dan Sains merupakan terbitan berkala ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun atau 6 bulan.

Jurnal Sosial dan Sains dikelola oleh penerbit Greenvest Publishing yang menerbitkan karya ilmiah dalam rumpun ilmiah Sosial dan Sains dan telah menerbitkan edisi pertamanya pada tahun 2019 dengan p-ISSN 2775-3832 | e-ISSN 2775-7285.

Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian di bidang kajian dengan penekanan pada pendekatan sosial dan sains, yang meliputi: Pendidikan, Ilmu Budaya, Hukum, Ilmu Politik Kontemporer, Fisika, Kimia, Ilmu Agama dan Filsafat, Ilmu Desain Seni dan Media , Sosiologi, Biologi, Ekonomi, Manajemen.

Jurnal Sosial dan Sains memfasilitasi para peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan naskah ilmiah mereka sekaligus mendukung pengembangan budaya penelitian di Indonesia.

Akhir Kata

Setelah membaca rangkaian artikel diatas apakah Anda sudah mengerti? atau masih bingung? Jika masih bingung dan ingin bertanya-tanya jangan ragu hubungi kami, klik gambar berikut ini:

Daftar Jurnal yang Publish Cepat Setiap Minggu, Fast Track LOA keluar maksimal 5 hari setelah submit, Terakreditasi Sinta