Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

  • Whatsapp
Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Bagi kamu yang sedang mencari manfaat penulisan karya ilmiah, pada kesempatan ini kami akan memberikannya untukmu. Yuk kita simak!

Ketika melakukan kegiatan Penulisan Karya Ilmiah, pastinya sangatlah bermanfaat di bidang keilmuan akademik dan kehidupan bermasyrakat. Karena proses dalam menyusun Karya Ilmiah ini bisa dibilang tidak mudah.

Karena dalam prosesnya membutuhkan aktivitas dengan kata lain penelitian, pemikiran luas dan kritis, melakukan evaluasi pada sumber/referensi, komposisi, serta organisasi.

Oleh karena itu Karya Ilmiah biasanya hanya diberikan kepada tingkatan Dosen, Mahasiswa, Peneliti dan banyak para akademisi lainnya yang sudah mumpuni.

Tetapi hal yang harus diperhatikan dalam membuat Karya Ilmiah ini adalah harus menggambarkan hasil penelitian yang sesungguhnya/asli, yang didalam formatnya berisi tradisi yang sudah berkembang beberapa abad silam.

Sama halnya dengan praktek editorial layanan percetakan atau penerbitan, sehingga nantinya bagi penulis atau para pembaca bisa memperoleh ecara utuh pengetahuan yang diinginkan sesuai dengan tupoksinya.

Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Karya Ilmiah merupakan tulisan–tulisan ilmiah yang sudah disusun berdasarkan dengan penelitian, walaupun dibuat sesederhana apapun penelitian ini harus tetap berdasarkan dengan poin–poin penting didalamnya.

Dan juga tidak lupa harus terstruktur dengan baik yang terdiri atas judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, pembahasan/isi, kesimpulan, dan terakhir daftar pustaka.

Dengan membuat Karya Ilmiah tersebut pastinya akan memberikan manfaat, entah untuk penulis atau pembacanya.

Langsung saja Manfaat Penulisan Karya Ilmiah adalah sebagi berikut :

Baca Juga : Contoh Saran Dalam Karya Tulis Ilmiah

1. Melatih Dan Mengembangkan Kemampuan Membaca Yang Efektif

Dalam menulis suatu Karya Ilmiah tentunya bermanfaat sekali dalam mengembangkan keterampilan membaca yang sangat efektif.

Dengan dijalankannya proses keteremapilan membaca seefektif mungkin yang mengacu pada meningkatnya kemampuan yang efektif dalam membaca materi yang akan disampaikan.

Hal  ini dipengaruhi dengan kecepatan dalam membaca juga memahami  isi dari keseluruhan materi tersebut.

2. Melatih Diri Dalam Menggabungkan Review Bacaan Yang Diambil Dari Berbagai  Sumber Atau Referensi

Ketika kita melakukan kegiatan penulisan Karya Ilmiah sudah seharusnya menggunakan banyak referensi yang kita gunakan sebagai arti sitasi dalam memperkuat argumen yang kita gunakan.

Melalui kegiatan tersebut, kita selaku orang yang melakukan penelitian akan semakin terlatih dalam menggabungkan bacaan yang diambil dari berbagai macam sumber untuk kita susun kembali.

Dengan melakukan Penulisan Karya Ilmiah ini kita harus merekontruksi materi yang kita baca dengan menggunakan bahasa diri kita sendiri, sesuai dengan pemahaman nalar kita akan beragam materi yang telah kita baca.

3. Manfaat Penulisan Karya Ilmiah Membiasakan Diri Dengan Kegiatan Kepustakaan

Salah satu manfaat yang bisa kita dapat ketika melakukan kegiatan Penulisan Karya Ilmiah adalah bisa membiasakan diri dengan kegiatan kepustakaan.

Karena dengan melakukan kegiatan ini pastinya membutuhkan banyak sekali rujukan atau referensi yang diambil, sehingga hal ini membuat kita semakin mengenal kegiatan yang berkaitan dengan kepustakaan.

Hal ini menjadi sangat bermanfaat sekali bagi kita karena akan membuat soft skill secara tidak langsung yaitu bisa dengan mudah mencari referensi bilamana ada tugas yang bersangkutan dengan kegiatan kepustakaan.

4. Meningkatkan Tupoksi Antara Data Dan Fakta Secara  Lugas Dan Sistematis

Melakukan Penulisan Karya Ilmiah, maka pasti melakukan proses Penelitian didalamnya. Dengan dilakukannya penelitian tersebut, penulisan dalam materinya sudah ditentukan sesuai  dengan tema penelitian yang diambil.

Jenis data yang kita ambil dari proses penelitian harus disusun sedemikian rupa secara lugas juga sistematis dengan mengikuti kaidah penulisan yang sudah ditentukan.

Dengan menggunakan kaidah yang ditentukan maka akan menghasilkan informasi baru yang sangat berguna bagi para pembaca, khususnya pembaca dengan bidang ilmu yang sama.

5. Manfaat Penulisan Karya Ilmiah Mendapatkan Kepuasan Intelektual

Dengan melakukan Penelitian dan dituangkan pada bentuk Karya Ilmiah, maka kita akan mendapatkan rasa kepuasan intelektual itu sendiri, ditambah dengan karya  yang kita buat  dikutip atau disitasi oleh orang lain.

Maka akan timbul rasa berbangga diri atas karya ilmiah intelektual yang telah kita buat, hal ini setidaknya menunjukan bahwa pesan yang kita sampaikan dalamm karya tersebut sudah dipahami  oleh para pembaca.

Dan karya yang kita buat akan menjadi rujukan dalam penelitian selanjutnya, sehingga menjadi suatu pprestasi tersendiri bagi diri masing–masing.

Baca Juga : Penelitian Tindakan Kelas

6. Memperluas Dunia Ilmu Pengetahuan

Salah satu lagi manfaat yang bisa kita dapatkan adalah menambah ilmu pengetahuan yang semakin luas akibat kita selalu membaca banyak referensi dan melakukan kegiatan kepustakaan.

Selain itu, Karya Ilmiah yang sudah dipublikasikan maka akan banyak pembaca yang mereviewnya sehingga bisa mengembangkan materi yang ada dalam penelitian kita.

Apabila penelitian yang kita lakukan hanya menjadi konsumsi pribadi, tentu Karya Ilmiah yang kita buat tidak akan memberikan sumbangan apapun pada Dunia ilmu pengetahuan.

Akan tetapi jika kita publikasikan karya ilmiah tersebut maka hasil Penelitian yang sudah kita lakukan dan dituangkan dalam bentuk Karya Ilmiah akan menambah wawasan baru dan sangat bermanfaat bagi orang lain.

7. Sebagai Rujukan Untuk Bahan Materi Penelitian Selanjutnya

Dengan membuat penelitian di suatu bidang keilmuan, pastinya karya yang kita buat akan menjadi rujukan atau referensi pada penelitian selanjutnya di bidang ilmu yang sama.

Dengan membuat Karya Ilmiah entah bertaraf Nasional ataupun Internasional maka bisa menjadi acuan untuk para peneliti yang serupa bahkan berbeda dengan bidang keilmuwan yang kita tekuni.

Bisa saja Karya Ilmiah kita memberikan mereka ruang untuk bisa melengkapi hasil Penelitian yang serupa, sehingga penelitian yang kita lakukan menjadi sangat bermanfaat sekali.

8. Manfaat Penulisan Karya Ilmiah Karya Bersifat Abadi

Terakhir dengan membuat suatu proses penelitian maka Karya Ilmiah kita akan bersifat abadi. Sehingga diakui untuk kemajuan Ilmu Pengetahuan Dunia.

Dengan begitu Karya yang kita buat selain bermanfaat untuk banyak orang juga menjadi suatu kenangan tersendiri bagi kita. Ditambah Karya Ilmiah kita dipakai oleh banyak orang untuk menjadi rujukan dalam bidang ilmu mereka.

Kita juga diberi kesempatan untuk  membuat Karya Ilmiah sebaik mungkin agar bisa dikenang sepanjang masa oleh seluruh umat manusia di muka bumi ini.

seperti Al Khawarizmi dengan Al Jabarnya yang dipakai oleh banyak ilmuwan sebagai rujukan untuk perkembangan Peradaban Umat Manusia.

Pengertian Karya Ilmiah Menurut Ahli

  • 1. Munawar Syamsudin

Tulisan ilmiah adalah naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian tertentu secara utuh, teratur, dan konsisten.

  • 2. Yamilah dan Samsoerizal

Ragam karya ilmiah terdiri dari beberapa jenis berdasarkan fungsinya. Menurut pengelompokan itu, dikenal ragam karya ilmiah, seperti makalah, skripsi, tesis, dan disertasi.

  • 3. Brotowidjoyo

Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

  • 4. Wahyu

Suatu karangan dapat dikatakan ilmiah jika ia mengungkapkan suatu permasalahan dengan metode ilmiah.

  • 5. Maryadi dalam Harun, dkk

Karya ilmiah yaitu suatu karya yang memuat dan mengkaji suatu permasalahan tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan.

Baca Juga : Contoh Pendahuluan Karya Ilmiah

Ciri–Ciri Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Ciri–Ciri Penulisan Karya Ilmiah

Ada beberapa ciri yang bisa diketahui tentang Penulisan Karya Ilmiah, yaitu :

  • Karya Ilmiah yang dibuat  harus berdasarkan Pemikiran yang Logis serta Empiris
  • Informasi yang dituangkan bersifat eksplisit/jelas , berarti tidak menggunakan kata yang susah dipahami, ambigu, dan tidak ada relevansinya.
  • Terakhir harus mempunya ciri kebahasaan tersendiri, dengan menggunakan bahasa Ilmiah sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Itulah beberapa contoh Manfaat Penulisan Karya Ilmiah, tentunya dengan membuat Karya Ilmiah ankan bermanfaat sekali bagi diri sendiri maupun orang lain.

Struktur Karya Ilmiah

Jika kamu ingin mengetahui struktur dari manfaat penulisan karya ilmiah, silahkan simak daftar berikut ini :

1. Bagian Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan biasanya berisi dasar-dasar mengenai penelitian ilmiah yang dilakukan, mekanisme penyelesaian masalah dan masalah yang diangkat.

2. Bagian Isi Dan Pembahasan

Pada bagian isi dam pembahasan biasanya terdiri dari 1/2 bab saja. Jumbah bab tergantung pada seberapa sulit pembahasan dalam penelitian itu sendiri.

3. Bagian Kesimpulan

Nah, pada bagian kesimpulan, biasanya berisikan tentang hasil dari analisis penelitian bagian isi dan pembahasan.

Kesimpulan biasanya disampaikan dengan menggunakan penjelasan yang singkat dan padat sesuai dengan hasil analisis.

Tujuan Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Tujuan Manfaat Penulisan Karya Ilmiah

Pada bagian ini kami berikan beberapa tujuan dari manfaat penulisan karya ilmiah :

  • Sebagai hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah secara metodologis dan sistematis
  • Bertujuan sebagai alat transformasi pengetahuan antara masyarakat dan sekolah
  • Menumbuhkan etos ilmiah untuk kalangan mahasiswa sehingga mereka bisa menjadi penghasil pemikiran karya tulis ilmiah
  • Membuktikan potensi ilmiah yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menghadapi masalah yang ada
  • Melatih keterampilan para mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian

Baca Juga : Contoh Judul Karya Ilmiah Tentang Kesehatan

Akhir Kata

Demikian mengenai Manfaat Penulisan Karya Ilmiah, membuat Karya Ilmiah sekali lagi harus sesuai dengan tupoksi bidang kelimuwan diri masing–masing, agar penelitian nantinya berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Terima Kasih.

Sumber : bola.com


FAQ

Apa manfaat karya ilmiah bagi pembaca?

Mengembangkan Kemampuan Membaca > Melatih Diri > Membiasakan Diri >Meningkatkan Tupoksi

Apakah Anda mengetahui tujuan penulisan karya ilmiah?

Sebagai hasil penelitian dalam bentuk karya ilmiah secara metodologis dan sistematis, Bertujuan sebagai alat transformasi pengetahuan antara masyarakat dan sekolah

Apa yang dimaksud penulisan karya ilmiah?

Karya Ilmiah merupakan tulisan–tulisan ilmiah yang sudah disusun berdasarkan dengan penelitian

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.