Prinsip Prinsip HAKI

Bagi kamu yang sedang mencari mengenai prinsip prinsip haki, kamu bisa cek artikel ini sampai habis!

Kekayaan intelektual adalah kekayaan yang dihasilkan oleh akal dan kemampuan berpikir manusia berdasarkan ilmu pengetahuan.

Karya yang berasal dari kecerdasan manusia meliputi bidang seni, sastra, teknologi, pengetahuan, dan lainnya.

Untuk melindungi kekayaan intelektual ini, lahirlah sistem perlindungan hukum yang disebut Hak Kekayaan Intelektual (HaKI).

Hak kekayaan intelektual menjadi hak pribadi dari mereka yang membuat karya intelektual.

Prinsip Hak atas Kekayaan Intelektual (Haki)

Prinsip Prinsip HAKI   

1. Prinsip Ekonomi

Yang pertama dalam prinsip prinsip haki adakah prinsip ekonomi, hak kekayaan intelektual muncul dari karya kreatif manusia yang memiliki kepentingan ekonomi bagi pemegang hak.

2. Prinsip Keadilan

Yang kedua dalam prinsip prinsip haki adalah Berdasarkan asas keadilan, dalam proses penciptaan suatu karya atau pencapaian intelektual, seseorang diberikan perlindungan hukum atas hak untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual dari karyanya.

3. Prinsip Kebudayaan

Yang ketiga dalam prinsip prinsip haki adalah Berdasarkan prinsip kebudayaan, penciptaan karya intelektual dapat meningkatkan taraf hidup, peradaban, dan harkat martabat manusia, sehingga bermanfaat bagi masyarakat, negara, dan bangsa.

4. Prinsip Sosial

Yang terakhir dalam prinsip prinsip haki adalah asas sosial, undang-undang mengakui dan memberikan hak atas kekayaan intelektual atas karya individu sebagai satu kesatuan, sehingga perlindungan didasarkan pada keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan masyarakat.

Bagi Kamu Yang Memiliki Kebutuhan Terkait Bidang HKI Tersebut, Yuk Langsung Konsultasi Dengan Tim HKI Kami Sekarang Juga! Silahkan Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

Tujuan HaKI

Prinsip Prinsip HAKI   

Selain melindungi kekayaan intelektual, tujuan hak kekayaan intelektual secara umum, yaitu:

  • Memberikan kejelasan hukum tentang hubungan antara aset dan penemu, pencipta, perancang, pemilik, pengguna, perantara yang menggunakannya, area kerja di mana mereka digunakan, dan mereka yang menanggung konsekuensi dari penggunaan kekayaan intelektual;
  • Penghargaan atas keberhasilan penciptaan karya intelektual;
  • Mempromosikan pembukaan karya kepada publik dalam bentuk dokumen kekayaan intelektual;
  • Memfasilitasi transfer informasi melalui hak kekayaan intelektual dan alih teknologi melalui paten;
  • Kemungkinan untuk disalin dicegah, karena negara menjamin bahwa pelaksanaan karya intelektual hanya tersedia bagi mereka yang berhak..

Jenis HAKI

Prinsip Prinsip HAKI   

Setelah kita membahas prinsip prinsip haki, kurang rasanya jika tidak membahas jenisnya

Terdapat beberapa jenis-jenis hak atas kekayaan intelektual, yaitu:

  • Hak cipta
  • Paten
  • Merek
  • Desain industri
  • Indikasi geografis
  • Rahasia dagang
  • Desain tata letak sirkuit terpadu

Fungsi HAKI

Setelah kita membahas prinsip prinsip haki, kurang rasanya jika tidak membahas fungsinya

Jika dijabarkan, hak kekayaan intelektual HAKI memiliki fungsi dan tujuan sebagai berikut:

Sebagai perlindungan hukum bagi pencipta (perorangan dan kelompok) untuk melindungi usahanya menciptakan karya yang bernilai ekonomi.

Mencegah dan mengantisipasi pelanggaran hak kekayaan intelektual orang lain.

Setiap orang didorong untuk terus berkarya dan berinovasi untuk mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Meningkatkan persaingan, terutama dalam komersialisasi kekayaan intelektual.

Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi penelitian di sektor industri Indonesia.

Dengan mengkaji fungsi dan tujuan kekayaan intelektual, Anda akan memperoleh pemahaman tentang pentingnya kekayaan intelektual. Jika karya tersebut tidak dilindungi, kemungkinan besar akan dibajak. Contoh nyata adalah maraknya pembajakan buku di dunia pendidikan. Pembajakan buku semakin marak karena disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari ketidaktahuan masyarakat akan hak buku, ekonomi masyarakat, hingga penegakan hukum yang buruk.

Meskipun banyak penangkapan oleh pihak berwenang, banyak buku bajakan sebenarnya terjadi karena permintaan publik yang kuat. Oleh karena itu, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap IP juga tidak kalah pentingnya.

Lalu, apa hubungannya dengan pengusaha? Mengapa kekayaan intelektual penting bagi pengusaha? Ya, tidak bisa dianggap enteng, karya pengusaha tentu membutuhkan apresiasi dan perlindungan hukum, terutama yang bernilai ekonomis. Melalui kekayaan intelektual, pengusaha memiliki hak ekonomi berupa lisensi dan royalti. Jika lisensi tersebut adalah lisensi tertulis yang diberikan oleh pemilik hak cipta atau pemegang hak terkait kepada pihak lain atas ciptaannya, maka royalti adalah balas jasa atas penggunaan ciptaan atau produk hak terkait.

Segera Konsultasikan Kebutuhan HAKI Dengan Tim Kami. Dalam Waktu 2-3 Hari, Karyamu Dipastikan Sudah Mendapat Perlindungan Hukum. Klik Whatsapp Di Bawah Ini Sekarang Juga!

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan terkait prinsip prinsip haki, semoga bermanfaat bagi kalian. Terimakasih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like