15 Tips Menulis Buku Panduan lengkap A-Z Mudah Sampai Terbit

15 Tips Menulis Buku Paduan Lengkap

Tips menulis buku – Bagi sebagian orang, menulis buku telah menjadi impian seumur hidup, namun selalu terasa di luar jangkauan. Memang, seperti yang kami ungkapkan dalam salah satu buku ajar penerbitan kami tahun 2020 lalu , sekitar 80% orang indonesia ingin menulis dan menerbitkan buku di beberapa titik – tetapi kurang dari 0,1% yang benar-benar melakukannya.

 

Jadi, apa rumus rahasia yang akan membuka kreativitas Anda dan menunjukkan cara menulis buku yang akan mewujudkan impian Anda? Beberapa penulis akan memberi tahu Anda bahwa tidak ada jalur tunggal  menuju kepenulisan , karena perjalanan setiap penulis itu unik.

 

Hampir setiap penulis buku terlaris memiliki pola dan kebiasaan menulis yang sangat efektif yang membantu mereka mencapai tujuan mereka. Jika Anda ingin menulis buku sendiri, yang harus Anda lakukan adalah meniru mereka!

 

Untuk membantu Anda mencapai hal itu, kami telah menyusun  panduan 15 langkah tentang cara menulis buku, yang  penuh dengan  informasi dan saran  dari penulis paling produktif dan sukses dalam bisnis ini. Entah Anda telah menjadi penulis yang bercita-cita tinggi sejak masa kanak-kanak atau sejak lima menit yang lalu, artikel ini akan memberi Anda  semua  pengetahuan yang Anda butuhkan untuk menulis buku dan melakukannya dengan baik.

1. Tips Menulis Buku – Temukan “Ide Besar” Anda

Satu hal yang Anda  perlukan  untuk tips menulis buku, tentu saja, adalah sebuah ide. Jika Anda tidak memilikinya, Anda tidak akan pernah bisa melewati halaman pertama draf Anda.

Anda mungkin sudah tahu apa yang ingin Anda tulis, atau Anda mungkin benar-benar bingung. Apa pun itu, Anda dapat menyelesaikan “ide buku besar” dengan mengajukan beberapa pertanyaan sederhana kepada diri sendiri:

  • Apa yang ingin saya tulis?
  • Siapa yang ingin membaca tentang cerita / subjek ini?
  • Apa yang menurut saya penting  untuk ditulis?
  • Apakah saya dapat menjalankan ide ini secara efektif?

Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempitnya. Misalnya, jika Anda memiliki beberapa ide berbeda untuk sebuah buku, tetapi hanya satu yang benar-benar Anda sukai dan Anda rasa dapat Anda lakukan, YA itulah premis Anda!

 

Di sisi lain, jika Anda kekurangan  ide, pertanyaan-pertanyaan ini akan mengarahkan Anda ke arah yang lebih tegas. Pikirkan tentang jenis buku yang Anda suka baca, serta buku yang berdampak signifikan bagi Anda. Kemungkinan besar, Anda pasti ingin menulis buku dengan Prefekuensi yang sama.

 

Alat Untuk Membantu Anda Menemukan Ide

Jika Anda benar-benar membaca artikel ini sampai habis, lakukan untuk menggunakan  petunjuk penulisan kreatif dalam tips menulis buku. Anda mungkin menemukan konsep menarik atau elemen cerita yang memicu “ide besar” untuk buku Anda. (Dan jika Anda masih tidak terinspirasi bahkan setelah mencoba alat-alat ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali apakah Anda benar-benar ingin menulis buku.)

2. Tips Menulis Buku – Riset Genre Anda

Setelah Anda menemukan ide besar Anda, langkah selanjutnya adalah meneliti genre Anda. Sekali lagi, jika Anda menulis jenis buku yang suka Anda  baca , Anda sudah siap! Membaca buku dalam genre Anda sejauh ini adalah cara terbaik untuk mempelajari cara menulis sendiri dalam genre itu.

 

Tetapi jika tidak, Anda ingin memilih beberapa judul yang representatif dan menganalisisnya. Berapa lama  dan  berapa bab yang mereka miliki ? Seperti apa  struktur ceritanya  ? Apa tema utamanya  ? Mungkin yang terpenting, apakah menurut Anda Anda bisa menghasilkan buku dengan elemen serupa?

Baca Juga: Cara Publikasi Buku

Cari Tahu Apa Yang Orang Baca

Tips menulis buku yang paling ampuh Anda juga harus melakukan riset pasar untuk menentukan buku paling  populer  dalam genre Anda. Jika Anda ingin buku Anda berhasil, Anda harus bersaing dengan buku-buku populer lainnya. Anda dapat mencri daftar buku populer di google playbook atau di halaman http://booksc.org/ yang memungkinkan anda mendownload buku secara gratis bahkan tanpa daftar sekalipun.

Kemudian baca uraian buku-buku itu untuk mencari tahu apa yang benar-benar laku. Apa kesamaan mereka semua, dan mengapa pembaca menganggapnya menarik? Apakah buku Anda memenuhi standar ini?

 

Terakhir, pikirkan tentang bagaimana buku Anda dapat menawarkan sesuatu yang BARU. Misalnya, jika Anda menulis tentang covid-19, apakah akan ada narator licik yang  tidak dapat diandalkan , atau mungkin  serangkaian liku-liku yang tidak pernah dilihat oleh pembaca? Jika Anda  menulis buku nonfiksi , apakah Anda memiliki pandangan unik tentang subjek tersebut, atau memiliki pengetahuan yang sangat dalam? Dan seterusnya.

 

Melampaui dan melampaui batas adalah satu-satunya cara untuk memberikan buku Anda kesempatan di pasar yang sangat kompetitif saat ini. Jadi jangan berhemat pada penelitian genre, karena ini akan memberi tahu Anda di mana letak bilahnya dan bagaimana Anda bisa melampauinya.

3. Tips Menulis Buku – Buat Garis Besar

Jika Anda ingin menulis buku yang bagus, Anda perlu menguraikannya terlebih dahulu. Ini sangat penting terutama jika ini adalah buku pertama Anda, karena Anda memerlukan semangat dan motivasi penuh untuk mulai menulis.

 

Jadi, bagaimana Anda membuat garis besar itu untuk buku Anda? Kami sebenarnya memiliki  keseluruhan posting lain tentang masalah ini , tetapi inilah yang terpenting:

Kisi-Kisi Sebelum Menulis Buku

  • Pilih format yang sesuai untuk Anda.  

Dalam tips menulis buku, Ada begitu banyak jenis garis besar mulai dari cover, isi, dan sebagainya. Anda perlu menentukan format atau tamplate penulisan buku yang sesuai dengan standar penulisan publikasi buku. anda juga dapat menentukan metode atau pendekatan yang relevan. anda di tuntut untuk mencoba, juka tidak berhasil untuk Anda, coba yang lain! Segala jenis rencana lebih baik dari pada tidak sama sekali.

  • Punya awal, tengah, dan akhir. 

Terlalu banyak penulis yang menulis buku dengan gagasan yang kuat tentang bagaimana cerita mereka harus dimulai, namun bagian tengahnya suram dan akhirnya, tidak ada. Luangkan waktu ini untuk menyempurnakannya dan menghubungkannya satu sama lain. Ingat,  buku terbaik memiliki akhir yang terasa “pantas”, jadi Anda harus mencoba membangunnya dari awal!

  • Pertimbangkan poin konflik Anda.  

Konflik adalah inti dari setiap buku bagus  – ini menarik pembaca, memunculkan ketegangan dan emosi, dan pada akhirnya mencerminkan tema atau pesan yang ingin Anda sampaikan. Anda tidak harus tahu  persis di  mana konflik Anda akan terwujud, tetapi Anda harus memiliki pemahaman yang cukup baik tentang cara kerjanya dalam buku Anda.

  • Kenali karakter Anda.  

Jika Anda belum melakukan banyak  pengembangan karakter  , garis besar Anda adalah kesempatan yang tepat untuk melakukannya. Ini merupakan tips menulis buku yang tidak boleh anda lewatkan. Bagaimana karakter Anda akan berinteraksi dalam cerita, dan bagaimana interaksi ini akan menunjukkan siapa mereka dan apa yang penting bagi mereka?

Anda bahkan dapat konsultasi secara gratis semua tentang buku.

4. Mulailah Dengan Kuat

Mari kita mulai menulis dan memperbaiki draf pertama Anda. Salah satu bagian terpenting dari menulis buku adalah  memulai cerita, Tidak berlebihan untuk mengatakan beberapa halaman pertama Anda dapat membuat atau menghancurkan buku Anda – jika halaman ini tidak cukup baik, banyak pembaca akan kehilangan minat, mungkin tidak akan pernah kembali ke buku Anda lagi.

 

Pertama, dalam tips menulis buku Anda memerlukan hook pembuka yang menarik perhatian pembaca dan tidak memungkinkan mereka untuk berpaling. Lihatlah baris pertama dari buku terlaris.

Semua buku ini termasuk dalam genre yang berbeda, namun semua kalimat pembukanya melakukan hal yang sama. Menarik perhatian pembaca. Anda bisa meniru mereka dengan membuat pernyataan yang sama kuatnya, sedikit sembunyi-sembunyi di  pembuka,

Dari sana, tugas Anda adalah mempertahankan minat pembaca dengan mempertaruhkan Plot dalam buku.

 

Anda juga harus membuat pembaca peduli dengan karakter utama dengan memberi mereka kepribadian dan  motivasi yang berbeda . Perhatikan bahwa yang utama Cover, Buat semenarik mungkin, Jangan ragu untuk membuatnya lebih menarik walaupun dengan biaya yang menghasilkan tampilan premium sesuai isi buku. tapi ingat, jangan pernah memperkenalkan lebih dari beberapa karakter sekaligus.

 

Ada banyak cara untuk menulis bab pertama Anda. Anda mungkin harus bereksperimen dengan banyak baris pembuka yang berbeda, bahkan adegan pembuka, untuk menemukan keseimbangan yang tepat, tetapi upaya untuk mengatur panggung dengan sempurna sepadan dengan usaha.

5. Fokus Pada Substansi

Banyak penulis percaya bahwa kunci dan tips menulis buku untuk menulis buku yang luar biasa adalah gaya, kosa kata yang mengesankan, kalimat yang rumit,  bahasa kiasan  yang akan membuat Shakespeare pingsan. hhh,,

Kami di sini untuk menghalangi Anda tentang gagasan itu. Meskipun gayanya bagus ,  substansi  jauh lebih penting saat menulis buku, oleh karena itu mengapa Anda harus fokus terutama pada plot, karakter, konflik, dan tema Anda.

Pastikan Buku Anda Sangat Menarik

Tentu saja, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama setelah Anda mulai menulis . Ketika Anda sampai pada bagian dengan kerangka yang tidak rata, Anda tergoda untuk  terus  menulis dan mengisi halaman dengan senam sastra. Tapi itulah tepatnya konten ini, pengisi. Dan jika Anda memiliki terlalu banyak, pembaca akan menjadi frustrasi dan mulai berpikir Anda sok.

Ini adalah alasan lain mengapa menguraikan sangat penting. Anda perlu Tau cerita Anda agar tetap di jalurnya! Tetapi selain menguraikan, berikut adalah beberapa tips lagi untuk menjadikan substansi sebagai prioritas:

Baca Juga: Cara Menerbitkan Buku Ber ISBN

Tips Menulis Isi Buku

  • Setiap kalimat harus melakukan salah satu dari dua hal, mengungkapkan karakter atau memajukan tindakan

Nasihat ini datang langsung dari Kurt Vonnegut, dan 100% benar, jika sebuah kalimat tidak mencapai satu atau kedua hal itu, coba hapus. Jika bagian itu masih masuk akal, tinggalkan.

  • Perhatikan kecepatan Anda

Kecepatan lambat adalah gejala deskripsi berlebih. Jika peristiwa dalam buku Anda tampak bergerak seperti ujian, Anda mungkin menggunakan terlalu banyak gaya dan tidak cukup substansi.

  • Gunakan alat tulis untuk mengurangi bahasa Berlebihan

Hemingway  adalah alat yang luar biasa untuk membantu Anda menulis. Cukup tempelkan tulisan Anda ke dalam aplikasi dan Hemingway akan menyarankan cara untuk membuat prosa Anda lebih ringkas dan efektif.

6. Tulis “Pertama-Pembaca”

Ingin menulis buku yang  sangat  disukai (dan dibeli) orang? Nah, inilah aturan utamanya: Anda harus selalu memikirkan tentang audiens Anda dan mencoba menulis “yang mengutamakan pembaca”. Ini salah satu tips menulis buku yang tidak boleh anda lewatkan.

Misalnya, terkadang Anda harus menulis adegan yang tidak terlalu menarik, tetapi  menyajikan keseluruhan alur cerita . Jangan terburu-buru melalui adegan-adegan ini hanya untuk menyelesaikannya! Sekalipun tampaknya tidak menarik bagi  Anda,  hal itu berkontribusi pada pengalaman pembaca dengan membangun ketegangan dan mempertahankan mondar-mandir dan pembaca berhak menikmati hal-hal itu.

Tips Menulis Buku – Buat Orang Ingin Membaca Buku Anda

Saat mempertimbangkan pembaca Anda, Anda juga harus mengingat persona  untuk tujuan pemasaran. Ini adalah kepribadian yang dibangun yang digunakan pemasar untuk lebih memahami pelanggan target mereka. 

Semakin banyak buku Anda dapat memenuhi kebutuhan pembaca, maka semakin mudah buku Anda untuk dijual! Mungkin Anda sedang menulis tentang kejahatan nyata, untuk pembaca kejahatan sejati akan bersemangat. Pembaca semacam itu akan mempelajari kasus kriminal yang tak terhitung jumlahnya sebelumnya, jadi Anda perlu memasukkan detail unik untuk membuat  kasus Anda  menonjol, dan membuat narasi yang sangat menarik untuk melibatkan mereka.

7. Tetapkan Tujuan Jumlah Kata

Mari beralih ke cara-cara praktis untuk meningkatkan kebiasaan menulis Anda pada bagian tips menulis buku. Target jumlah kata memainkan peran besar dalam menciptakan proses penulisan yang efektif, terutama jika Anda mencoba menyelesaikan buku Anda  dalam waktu tertentu .

Anda harus membuat target jumlah kata untuk sesi individu dan per minggu – atau per bulan, jika Anda lebih suka memikirkan hasil tulisan Anda. Untuk penulis yang relatif pemula, kami merekomendasikan tujuan penghitungan kata berikut:

  • 300-750 kata per hari
  • 1.500-2.500 kata per minggu
  • 6.000-10.000 kata per bulan

Sasaran ini didasarkan pada pola 3-4 sesi per minggu, yang masuk akal untuk pemula, tetapi masih cukup untuk membuat kemajuan yang terpuji. Meskipun Anda hanya mengikuti rekomendasi minimum  300 kata per sesi dengan 3 sesi per minggu – Anda masih dapat dengan mudah menyelesaikan buku Anda dalam waktu kurang dari setahun!

Mempercepat proses penulisan

Jika Anda mencari cara dan tips menulis buku secepat mungkin , target jumlah kata Anda akan terlihat seperti ini:

  • 1.500-2.000 kata per sesi
  • 9.000-15.000 kata per minggu
  • 35.000-50.000 kata per bulan

Angka-angka di atas secara kasar, acara di mana peserta menulis rata-rata 1.667 kata / hari untuk menyelesaikan buku 50.000 kata dalam  satu bulan . Ini kerja keras, tapi pasti mungkin untuk menulis buku secepat itu, ratusan ribu orang melakukannya setiap tahun!

Tapi seperti yang bisa dibuktikan oleh penulis mana pun memberikan pengalaman yang cukup melelahkan. Kebanyakan penulis merasa melelahkan untuk menulis jumlah yang begitu banyak selama berhari-hari berturut-turut dan mereka masih harus  mengedit banyak  sekali setelah selesai.

 

Jika ini adalah buku pertama Anda, pastikan Anda meluangkan waktu, menetapkan tujuan kata yang dapat dikelola, dan secara bertahap membangun tujuan yang lebih besar, di situlah trik membangun keilmuan anda pribadi.

8. Tips Menulis Buku – Tetapkan Rutinitas yang Sehat

Memiliki rutinitas menulis yang sehat adalah satu-satunya cara Anda benar-benar mencapai tujuan jumlah kata itu, belum lagi memupuk hubungan yang lebih baik dengan menulis secara keseluruhan! Untuk membangun rutinitas yang sehat, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan dasar ini terlebih dahulu:

  • Kapan saya memiliki waktu luang paling banyak dalam sehari / minggu?
  • Jam berapa saya cenderung paling produktif?
  • Bagaimana cara mengatur jarak sesi menulis saya secara efektif?
  • Akankah saya secara realistis dapat menyeimbangkan tujuan menulis saya dengan tanggung jawab lain?

Cara terbaik untuk mengatur rutinitas Anda adalah dengan memanfaatkan jadwal dan pola alami Anda yang sudah ada sebelumnya. Ini tips menulis buku yang cukup bagus. Jadi misalnya, jika Anda sudah pergi ke gym pada hari Selasa dan Kamis, mungkin waktu terbaik untuk menulis adalah pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Atau jika Anda merasa paling kreatif pada larut malam ( banyak dari kita melakukannya? ), Anda dapat merencanakan sesi larut malam selama akhir pekan / sebelum hari libur Anda, sehingga Anda dapat tidur di hari berikutnya.

Pada akhirnya, Anda hanya menginginkan rutinitas menulis yang seimbang yang memfasilitasi produktivitas, namun membuat Anda tidak kehabisan tenaga. Jika Anda menemukan bahwa menulis selama beberapa hari berturut-turut terlalu banyak untuk Anda, beri jarak lebih banyak pada sesi Anda atau coba guncangkan dengan pindah ke ruang menulis baru. Jika Anda tidak dapat mencapai tujuan Anda, tidak apa-apa untuk menguranginya sedikit.

 

Ya, banyak menulis itu penting, tetapi itu tidak lebih penting daripada kesehatan mental Anda! Ingatlah bahwa menulis buku adalah lari maraton, bukan lari cepat, dan pendekatan yang konsisten dan sehat sangatlah penting. Berikut beberapa tip untuk memaksimalkan rutinitas menulis Anda.

1. Jangan Melewatkan Lebih Dari Satu Sesi Berturut-Turut

Hidup terjadi, dan terkadang Anda tidak dapat membuat sesi menulis yang direncanakan. Namun, kecuali keadaan darurat yang serius, Anda harus mencoba kembali ke pelana untuk sesi berikutnya. Jika tidak, Anda akan kehilangan terlalu banyak kemajuan dan merasa putus asa, yang biasanya mengarah pada melewatkan lebih  banyak  sesi menulis, dan akhirnya menyerah.

2. Lacak Kemajuan Anda

Dalam tips menulis buku bagian ini, Buat spreadsheet untuk melacak tulisan Anda, atau cukup simpan halaman tulisan tangan dari waktu menulis Anda untuk setiap sesi + berapa banyak kata yang berhasil Anda tulis. Saat Anda terus mencapai target hitungan kata harian, Anda akan melihat bahwa rutinitas Anda benar-benar berfungsi, Anda akan merasa bersemangat tentang buku Anda dan bertekad untuk mempertahankan rutinitas Anda! (Petunjuk: Beberapa aplikasi menulis benar-benar memungkinkan Anda menetapkan tujuan jumlah kata!)

3. Lakukan Pemblokir Situs Untuk Tetap Fokus

Gangguan adalah musuh rutinitas, dan gangguan terbesar di dunia modern kita adalah Internet. Untuk itu, Lakukan pemblokir situs atau aplikasi untuk digunakan selama sesi menulis Anda sehingga Anda tidak akan terpikat oleh media sosial atau meme kucing yang menggemaskan Misalnya.

4. Tips Menulis Buku – Kursus Gratis Membuat Rutinitas Menulis Yang Tidak Bisa Dipecahkan

Jangan biarkan jadwal sibuk Anda menghalangi Anda untuk menjadi seorang penulis. Pelajari cara membangun kebiasaan kreatif yang tak terhentikan, Mulai sekarang.

9. Siapkan Ruang Produktif – Tips Menulis Buku

Komponen utama lainnya tentang bagaimana menulis sebuah buku adalah di  mana  Anda menulis, oleh karena itu mengapa buku itu mendapat bagian terpisah. Jika Anda ingin menyelesaikan keseluruhan buku, Anda benar-benar harus menemukan ruang yang tenang dan terfokus untuk tulisan Anda.

Ini mungkin di rumah Anda, kedai kopi, perpustakaan, ruang kerja bersama, di mana pun Anda dapat bekerja secara produktif dan tanpa gangguan. Itu juga harus menjadi tempat yang dapat Anda akses dengan mudah dan sering pergi. Bekerja dari rumah adalah pilihan yang paling nyaman dalam hal ini, tetapi mungkin sulit jika Anda memiliki keluarga di sekitar, atau jika Anda tidak memiliki “kamar sendiri” atau mungkin hanya di kantor seperti saya?

Seperti Apa Ruang Menulis Yang Bagus?

Cobalah lokasi yang berbeda untuk melihat mana yang cocok untuk Anda. Memang, Anda mungkin menemukan bahwa Anda suka merotasi ruang tulis karena itu membuat Anda tetap energik dan tulisan Anda tetap segar! Tetapi ke mana pun Anda pergi, lakukan yang terbaik untuk menyediakan ruang:

  • Senyap  (headphone senyap bisa sangat membantu)
  • Bersih  (tidak berantakan, terutama jika Anda melakukan pekerjaan rumah untuk tidak menunda-nunda)
  • Tidak mengganggu  (tidak ada yang terlalu menyenangkan untuk menggoda Anda untuk tidak menulis, matikan telepon Anda agar orang lain tidak mengganggu Anda)
  • Milik Anda sendiri  (kembangkan suasana yang menyenangkan di kantor rumah Anda dengan poster dan tanaman, atau cukup duduk di kursi yang sama di kafe lokal Anda setiap saat – buatlah benar-benar “ruang menulis khusus”)

10. Gunakan Perangkat Lunak Penulisan

Dalam pembahasan tips menulis buku, ada beberapa perangkat lunak (Software) yang berbeda untuk membantu Anda menulis buku. Misalnya google pada umumnya, anda dapat menulis tanpa menulis, dengan berbicara mungkin mempersingkat waktu anda menulis.

11. Tips Menulis Buku – Jaga Agar Diri Anda Tetap Termotivasi

Memasuki alur menulis buku bisa jadi sulit. Ketika ada sejuta hal yang berbeda untuk mengalihkan dan mengecilkan hati Anda, bagaimana Anda dapat melanjutkan rutinitas menulis dan menyelesaikan buku Anda?

Berdasarkan pengalaman kami dan penulis lain, berikut adalah beberapa strategi motivasi untuk Anda coba:

  • Buatlah daftar alasan  mengapa  Anda ingin menulis buku

Memiliki pengingat yang nyata tentang tujuan Anda yang sebenarnya adalah salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri Anda sendiri, jadi pikirkan baik-baik: Apakah Anda ingin mengirim pesan penting? Jangkau sekelompok orang tertentu? Atau apakah Anda ingin sekali menceritakan kisah khusus ini? Tuliskan semua alasan Anda dan pertahankan sebagai kartu as di lubang saat motivasi Anda berkurang.

  • Temukan orang lain untuk menulis dengan Anda

Mendapatkan teman menulis adalah tips menulis buku dan tips hebat lainnya untuk tetap termotivasi! Untuk satu hal, Anda mendapatkan persahabatan selama proses ini; untuk yang lain, itu berarti Anda tidak bisa mengendur terlalu banyak. Jadi, tanyakan kepada teman penulis Anda apakah mereka ingin bertemu secara rutin, atau bergabung dengan  komunitas penulis online . Dengan yang terakhir, pastikan Anda bertukar pembaruan kemajuan dan bukti bahwa Anda benar-benar menulis!

  • Hadiahi diri Anda sendiri pada pencapaian penting

Terkadang motivasi terbaik adalah prospek untuk memperlakukan diri sendiri. Jika Anda merespons dengan baik motivasi semacam ini, tetapkan tujuan, tenggat waktu, dan hadiah untuk memenuhinya: “Jika saya dapat menulis 10.000 kata lagi pada akhir bulan, saya akan keluar untuk makan malam yang luar biasa dan mewah dengan semua temanku. ” Tujuan semacam ini juga berguna karena Anda dapat  memberi tahu  teman Anda tentang hal itu, dan tindakan itu akan membuat Anda bertanggung jawab.

Untuk saran lebih lanjut tentang cara tetap termotivasi melalui proses menulis, lihat Reedsy Live ini dari penulis dan tips menulis buku dari Kevin Johns!

12. Ambillah Kemunduran Saat Mereka Datang

Ingat bagaimana kami mengatakan Anda pasti akan terjebak? Nah, itulah inti dari langkah ini: apa yang harus dilakukan ketika Anda menabrak tembok. Entah itu lubang plot yang rumit, serangan ketidakamanan, atau kurangnya keinginan untuk menulis, semua penulis mengalami kemunduran dari waktu ke waktu.

Berikut adalah beberapa teknik paling efektif yang kami temukan:

  • Tinjau kembali garis besar Anda

Ini akan membangkitkan ingatan Anda tentang elemen cerita terencana yang telah Anda lupakan – yang dapat membantu Anda menemukan bagian yang hilang.

  • Cobalah latihan menulis

Mungkin Anda hanya perlu membuat kata-katanya mengalir, dan kemudian Anda bisa langsung kembali ke buku Anda. Beruntung bagi Anda, kami memiliki banyak latihan menulis yang bagus  di sini!

  • Bagikan pengalaman Anda dengan teman

Ini adalah peran hebat lainnya yang harus diisi oleh teman menulis Anda, tetapi Anda juga dapat dengan mudah membicarakan tentang blok penulis dengan teman non-penulis Anda. Jika Anda kesulitan, selalu membantu untuk melampiaskan dan memantulkan ide dari orang lain.

  • Ambil  pendek  istirahat untuk melakukan sesuatu yang lain

Ya, terkadang Anda perlu menjauh dari keyboard dan menjernihkan pikiran. Tetapi jangan mengambil lebih dari satu hari atau lebih, atau Anda akan kehilangan momentum dan motivasi.

Yang terpenting, ingatlah untuk mengambil kemunduran dengan tenang dan jangan biarkan hal itu membuat Anda kecewa. Meski terdengar sepintas lalu, itu benar: satu-satunya hal yang dapat menghentikan Anda dari menulis buku adalah jika Anda, yah,  berhenti menulis . Jadi tetap tenang dan lanjutkan – setiap hari membawa peluang baru dan Anda akan melewati ini.

13. Tips Menulis Buku – Jangan Terburu-buru Mengakhiri Cerita

Dalam pembahasan tips menulis buku, mengakhiri buku bukanlah tugas yang mudah, dan perencanaan babak ketiga yang buruk adalah salah satu perangkap kepenulisan yang paling umum. Mudah-mudahan, Anda mendapatkan akhir yang solid, atau setidaknya beberapa kemungkinan, saat Anda menyusun buku! Tapi itu tidak akan mencegah Anda dari  bahaya terkait akhir lainnya  : bergegas melewati akhir.

Faktanya adalah, bahkan jika Anda memiliki akhir yang bagus untuk buku Anda, Anda akan kelelahan saat Anda sampai di sana. Anda mungkin hanya ingin segera melakukannya dan selesai.

Tahan keinginan untuk melakukannya! Sama seperti pembaca Anda yang berhak atas tulisan yang bijaksana dan mondar  mandir yang konsisten di  sepanjang  cerita, mereka juga berhak mendapatkan hal yang sama di sini, bahkan jika hampir selesai.

Pada catatan itu, luangkan waktu Anda dengan bagian akhir. Sekali lagi, idealnya, Anda telah membangunnya selama ini. jika tidak, pertimbangkan bagaimana Anda bisa kembali dan  menambahkan beberapa bayangan. Coba tempelkan beberapa ujung berbeda untuk melihat mana yang paling cocok. Dan jika Anda masih bingung, lihat apa yang orang lain katakan tentang bagaimana buku Anda harus diakhiri (yang secara sempurna masuk ke tip kami berikutnya).

14. Dapatkan Banyak Umpan Balik

Anda dapat menulis sepanjang hari, sepanjang malam, sesuka hati Anda … tetapi jika tidak ada orang lain yang menyukai apa yang Anda tulis, Anda mungkin  malah akan patah hati . Itulah mengapa sangat penting untuk meminta umpan balik atas buku Anda, mulai sedini mungkin dan dari sebanyak mungkin sumber.

Mulailah dengan meminta teman dan rekan penulis Anda untuk membaca beberapa bab saja. Namun, terapkan saran mereka tidak hanya untuk bab-bab tersebut, tetapi jika relevan. Misalnya, jika salah satu teman Anda berkata, “[Karakter A] bertingkah aneh dalam adegan ini,” berikan perhatian ekstra pada karakter tersebut untuk memastikan Anda tidak salah mengartikannya di tempat lain.

Setelah buku Anda selesai, Anda siap untuk umpan balik yang lebih intensif. Ini merupakan tips menulis buku yang perlu anda lakukan. Pertimbangkan untuk  mendapatkan pembaca beta  untuk meninjau seluruh buku Anda dan memberikan pemikiran mereka. Anda mungkin ingin menyewa editor untuk memberi Anda umpan balik profesional juga. 

Akhirnya, ini mungkin terdengar jelas, tetapi kami akan tetap mengatakannya untuk semua penulis keras kepala Anda di luar sana: umpan balik tidak berguna jika Anda tidak benar-benar mendengarkannya. Pisahkan diri Anda dari ego Anda dan jangan tersinggung, karena tidak ada yang ingin menyinggung Anda – mereka hanya mencoba membantu.

Baca Juga: Cara Membuat Resensi Buku

15. Tips Menulis Buku – Terbitkan Buku Anda

Anda bertahan sampai akhir: bertukar pikiran, menguraikan, dan menulis draf pertama yang telah Anda edit secara ekstensif (berdasarkan umpan balik, tentu saja). Buku Anda telah mengambil bentuk akhirnya, dan Anda tidak bisa lebih bangga lagi. Jadi apa selanjutnya?

Nah, jika Anda telah mengikuti saran kami tentang melayani pembaca target Anda, Anda mungkin juga mencoba penerbitan! Kami memiliki  panduan lengkap untuk menerbitkan di sini  – dan jika Anda berpikir tentang penerbitan tradisional,  baca artikel ini  untuk memutuskan mana yang tepat untuk Anda.

Dapatkan Bantuan Dari Profesional Penerbitan

Penerbitan adalah proses ketat lainnya, tentu saja. Tetapi jika Anda sudah sampai sejauh ini untuk mencari tahu cara menulis buku, Anda bisa melakukan apa saja! Investasikan dalam  desain sampul bintang , pelajari  pemasaran , atau mulailah menulis  surat permintaan yang tak tertahankan  yang akan memberi Anda tawaran.

Rute mana pun yang Anda ambil, satu hal yang akan tetap benar, Anda telah menulis sebuah buku, dan itu pencapaian yang luar biasa. syntaxpublishing.co.id adalah penerbit terbaik di indonesia, anda dapat mengirim naskah terbaik anda disini.

Sekian pembahasan kami terkait tips menulis buku, semoga bermanfaat untukmu.

Kami ada untuk anda, Konsultasi Gratis Klik Disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like