Cara Menambahkan Artikel Di scopus

Halo Sobat publikasi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara menambahkan artikel di scopus.

Sebelum membahas mengenai cara menambahkan artikel di scopus, ada baiknya jika kamu ketahui dan pahami terlebih dahulu mengenai pengertian scopus.

Apa Itu Scopus?

cara menambahkan artikel di scopus.

Scopus merupakan sebuah pangkalan data (database) yang mencakup berbagai informasi dan literatur ilmiah. Scopus menjadi salah satu database terbesar di dunia untuk penelitian ilmiah, literatur akademis, dan penerbitan jurnal.

Scopus juga memiliki cakupan berbagai disiplin ilmu, termasuk ilmu sosial, sains alam, kedokteran, teknik, seni, dan masih banyak lagi. Selain itu, Scopus juga telah menyediakan akses ke jutaan artikel jurnal, konferensi, dan publikasi ilmiah lainnya.

Setiap entri dalam database ini mencakup informasi seperti judul, penulis, abstrak, kata kunci, informasi tentang jurnal atau konferensi, dan kutipan dari artikel tersebut.

Database ini memberikan statistik mengenai seberapa sering suatu artikel dikutip oleh peneliti lain. Sehingga akan membantu dalam menilai dampak dan signifikansi suatu penelitian.

Dengan adanya Scopus, tentunya sangat berguna bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi di berbagai bidang. Sementara itu, scopus juga dapat memungkinkan mereka untuk melacak tren, mengidentifikasi penelitian terbaru, mengukur dampak penelitian, dan melakukan analisis bibliometrik.

Pengguna dapat mengakses informasi yang relevan untuk membantu penelitian mereka, menjaga diri mereka tetap terinformasi tentang perkembangan ilmiah terkini, dan memahami bagaimana karya mereka berkontribusi dalam lingkungan akademis yang lebih luas.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa terdapat beberapa cara mudah mengenai pengambilan daftar pustaka dari skripsi hanya dengan beberapa langkah saja.

Cari  Jasa Publikasi Jurnal Dengan Biaya Yang Terjangkau Dan Cepat Terbit? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

 

Cara  Upload Jurnal Di Scopus

Bagi kamu yang masih bingung dengan cara upload jurnal di Scopus. Kamu bisa mengikuti lamgkah-langkahnya di bawah ini.

Persiapkan Jurnal

Cara menambahkan artikel di scopus yang pertama adalah dengan menyiapkan jurnal. Kamu harus memastikan jurnal yang akan ditambahkan di Scopus harus  memenuhi standar kualitas dan kesesuaian untuk masuk ke dalam indeks Scopus.

Selain itu, jurnal juga harus memiliki kualitas penelitian yang baik, format dan struktur yang sesuai, serta mengikuti pedoman penulisan akademik.

Registrasi dan Login

Untuk cara yang selanjutnya adalah dengan registrasi dan login. Jika kamu belum memiliki akun, maka kamu perlu mendaftar di situs Scopus. Setelah mendaftar, login ke akun kamu.

Verifikasi Data Diri dan Afiliasi

Cara menambahkan artikel di scopus selanjutnya adalah dengan menambahkan informasi tentang diri kamu.

Setelah itu, kamu dapat menambahkan afiliasi akademik kamu di profil dengan akurat  dan lengkap. Hal ini dapat membantu dalam mengidentifikasi kamu sebagai penulis yang sah.

Penyusunan Metadata Jurnal

Kumpulkan informasi tentang jurnal yang akan kamu unggah, seperti judul jurnal, abstrak, daftar penulis, kata kunci, dan informasi lain yang diminta oleh Scopus.

Pilih Penerbit yang Terindeks Scopus

Kamu dapat memastikan bahwa jurnal diterbitkan oleh penerbit telah terindeks oleh Scopus. Jurnal yang diterbitkan oleh penerbit terpercaya lebih mudah diterima untuk indeksasi.

Mengajukan Permohonan Penerbitan

Untuk cara selanjutnya adalah dengan mengunggah jurnal kamu melalui sistem penerbitan yang disediakan oleh penerbit. Pada umumnya penerbit akan memiliki antarmuka atau sistem yang memungkinkan penulis mengajukan jurnal untuk indeksasi Scopus.

Proses Review

Jurnal akan melalui proses review oleh tim editorial Scopus. Pada proses ini memerlukan waktu, dan hasil dapat berupa persetujuan atau penolakan indeksasi jurnal kamu.

Perbaikan dan Revisi (Opsional)

Jika jurnal kamu ditolak, maka kamu akan diberikan umpan balik dan kesempatan untuk memperbaiki masalah yang ada. Kemudian kamu dapat memperbaiki jurnal kamu sesuai dengan saran yang diberikan sebelum mengajukannya kembali.

Persetujuan dan Indeksasi

Apabila jurnal kamu diterima, tentunya penerbitan kamu akan diindeks oleh Scopus dan dapat diakses oleh masyarakat ilmiah.

Pemeliharaan Informasi

Untuk cara menambahkan artikel di scopus yang terakhir adalah dengan pemeliharaan informasi. Pastikan informasi tentang jurnal tetap mutakhir dan diperbarui di profil kamu jika ada perubahan.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

 

Cara Membuat Jurnal Internasional Scopus

cara menambahkan artikel di scopus

Setelah membahas mengenai cara menambahkan artikel di scopus, kali ini kita akan  membahas mengenai cara membuat jurnal internasional scopus.

Lantas, bagaimana cara membuat jurnal interasional Scopus? Untuk itu mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Mengetahui Pangsa Pasar

Kamu dapat mempertimbangkan sebelum mulai menulis skrip. Dengan melakukan langkah ini tentunya akan melibatkan pada mengenali audiens yang ingin kamu sasar.

Selain itu, perlu kamu ketauhui dalam memahami apa yang menarik dan dicari oleh orang-orang.

Sekurang-kurangnya kamu dapat melakukab pencarian topik yang diminati oleh mayoritas pembaca sebelum kamu menulis.

Setelah langkah tersebut dilakukan, barulah kamu dapat mulai menulis dengan dasar pertimbangan yang sudah disusun sebelumnya.

2. Artikel Yang Baik Dan Bagus

Terdapat dua aspek utama yang perlu diperhatikan agar artikel yang dihasilkan memiliki kualitas baik dan mampu menjadi materi konten serta presentasi yang menarik.

Aspek yang pertama adalah penting untuk memperhatikan manfaat yang akan diterima oleh pembaca.

Jika hasil yang diperoleh sangat positif, maka dapat diungkapkan dalam bentuk cerita yang mengalir dan mampu memikat minat para pembaca.

Untuk aspek yang kedua, ada kesempatan untuk menciptakan artikel yang mudah dipahami oleh para pembaca dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan dimengerti. Selain itu, pastikan penyampaian artikel tersebut jelas dan berjalan secara logis.

3. Teruslah Menulis Jurnal

Selain itu, kamu juga memiliki opsi untuk menghasilkan jurnal secara teratur. Dengan melakukan langkah ini, tentunya akan terjadi peningkatan dalam kemampuan menulis yang dimiliki oleh individu.

Sehingga, tidak akan ada perasaan jenuh ketika tengah mengarang jurnal ilmiah, karena proses menulis memerlukan pengembangan keterampilan yang berkesinambungan.

4. Buatah Tulisan Yang Paling Mudah

Artikel yang telah dipublikasikan di jurnal internasional ternyata tidak selalu berkaitan dengan teknologi terbaru dan terkini.

Akan tetapi, melalui perkembangan teknologi ini  terdapat peluang besar untuk berinovasi melalui penerapan teknologi yang lebih lama.

5. Buatlah Reviewer Tertarik Dengan Artikel Anda

Dalam proses penulisan, tentunya harus menarik perhatian pembaca. Akan tetapi yang lebih krusial adalah mampu memikat pengulas agar tertarik untuk membaca artikel yang kita tulis.

Hal ini dikarenakan pada akhirnya, pengulas akan melihat dengan seksama isi artikel kita.

6. Hindari Plagiarisme

Perlu kita untuk diingat juga bahwa dalam menghasilkan jurnal yang terindeks Scopus, tentunya harus terhindar tindakan plagiat sangatlah krusial.

Tidak peduli sebaik atau sehebat apa pun karya ilmiah yang telah diciptakan, jika mengandung hasil tiruan dari karya orang lain.

Tindakan palgiat tidak hanya akan mereduksi apresiasi dari masyarakat, selain itu, bahkan menyalin karya sendiri saja akan dianggap sebagai bentuk plagiarisme.

7. Koreksi Artikel Anda

Tingkat akurasi dalam penulisan memiliki nilai penting. Namun ketika menulis, tetaplah mempertahankan substansi dari artikel.

Dengan mengggunakan berbagai referensi yang berkualitas, akan ada lebih banyak kesempatan untuk melakukan perbaikan. Sehingga akan meningkatkan kualitas dari artikel yang kamu tulis.

Bagi Kamu Yang Membutuhkan Publikasi Jurnal , Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah Ini!

 

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara menambahkan artikel di scopus. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like