Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Baik dan Benar

Apabila kita menulis naskah jurnal, tentunya kita tau tentang Daftar Pustaka atau Kutipan Penulisan. Tapi, ada beberapa orang yang masih belum tau bagaimana sih Cara Menulis Daftar Pustaka Yang Tersusun dengan Baik dan Benar?

Artikel ini tentunya akan menjelaskan caranya loh!

Daftar pustaka adalah daftar referensi dari kumpulan karya tulis ilmiah yang berfungsi untuk dijadikan landasan penelitian.

Daftar pustaka berfungsi untuk menghindari plagiasi, menghargai karya tulis orang lain, memudahkan pembaca untuk memahami penelitian yang sama dan memperkuat kepercayaan.

Cara Membuat Daftar Pustaka

Membuat daftar pustaka berdasarkan caranya dibagi menjadi dua yaitu

1. Cara Mengutip Langsung

Mengutip suatu karya tulis dari sumber referensi secara langsung yaitu kutipan langsung.

Contoh Kutipan Langsung: “Daftar pustaka yaitu menulis kutipan dari sumber lain” (Green Publisher, 2021).

2. Cara Mengutip Tidak Langsung

Mengutip suatu karya tulis dari sumber lain tapi tidak utuh dan dirangkai sendiri yaitu kutipan tidak langsung.

Contoh Kutipan Tidak Langsung: Tahun 2021, Green Publisher menjelaskan penelitian tentang penulisan daftar pustaka yang baik dan benar.

Urutan Penulisan Daftar Pustaka Secara Baik dan Benar

Unsur yang dibutuhkan untuk penulisan daftar pustaka secara berurutan yaitu nama penulis, tahun terbit, judul karya tulis, kota penerbit dan nama penerbit.

1. Penulisan nama penulis, tahun terbit, judul, penerbit akhirannya berikan tanda titik. 2. Jika nama penulis lebih dari dua suku kata, maka penulisannya terbalik dan berikan tanda koma. Contoh: Taufik Ridwan, tulis dengan Ridwan, Taufik.

Berikut merupakan contoh menulis daftar pustaka yang baik dan benar dari berbagai sumber karya tulis ilmiah:

1. Sumber referensi Buku

Contoh:

Ridwan, Taufik. 2021. Organisasi Belajar. Cirebon: Syntax Corporation Indonesia

2. Sumber Skripsi/Thesis/Disertasi

Contoh:

Fahmi, Muhammad. 2019. Ketertarikan Penggerek Buah Kopi Terhadap Tiga Jenis Atraktan Yang Dipasang dalam Botol Perangkap pada Pertanaman Kopi Robusta di Desa Pesangkalan, Banjarnegara. Skripsi. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman.

3. Sumber Website atau Internet

Contoh:

Green Publisher. 2021. Syarat Publikasi Jurnal Nasional dan Internasional Untuk Kelulusan S2 (greenpublisher.id). Akses pada 28 November 2021 pukul 19.50 WIB.

4. Sumber Jurnal Ilmiah

Contoh:

Kekry, B. P. N., & Fahmi, M. (2021). Economic Facts Of Sumatra And Kalimantan Islands For 10 Years. Jurnal Sosial dan Teknologi1(11).

5. Sumber Wawancara

Contoh:

Abdurokhim, diwawancarai oleh Siti Komara, November 2021, Family Gathering 5th and Syntax Annual Planning, Syntax Corporation, Indonesia.

Merasa Sulit untuk Menyusun Tugas Akhir atau Jurnal?

Jika kalian merasa kesulitan atau bingung menyusun tugas akhir, silahkan baca 10 Cara Menulis Tesis dengan Mudah,Cepat dan Tepat Panduan Lengkap (greenpublisher.id) atau klik icon gambar di bawah ini

Contoh Daftar Pustaka Lengkap:

Buku:

  • Kusumawardhani, R. (2020). Menulis Ilmiah Populer: Teknik dan Strategi Jitu. Gramedia Widiasarana Indonesia.
  • Sugiyono, I. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  • Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Artikel Jurnal:

  • Hidayat, R., & Susanto, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 152-163.
  • Wulandari, D., & Lestari, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan E-Commerce. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 24(1), 78-92.
  • Sari, D. P., & Rahmawati, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 123-134.

Artikel Website:

  • Kompas.com. (2023, Oktober 26). Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital. https://www.kompas.com/tag/kesehatan-mental (diakses pada 2024, Maret 4).
  • Tempo.co. (2023, November 14). Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Teknik Pomodoro. [URL yang tidak valid dihapus] (diakses pada 2024, Maret 4).
  • Katadata.co.id. (2023, Desember 2). 5 Tren Teknologi yang Akan Mendominasi di Tahun 2024. [URL yang tidak valid dihapus] (diakses pada 2024, Maret 4).

Laporan Penelitian:

  • Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Indonesia 2023. BPS – Statistics Indonesia.
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Peta Jalan Pendidikan Tinggi 2022-2045. Kemendikbudristek.

Sumber Lainnya:

Baca juga Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata Dengan Mudah (greenpublisher.id)

Baca juga Cara Menerbitkan Buku Sendiri (greenpubliser.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like