Cara Index DOAJ

Halo sobat publikasi, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, manfaat dan cara index DOAJ. Bagi Anda seorang mahasiswa ataupun dosen, tentunya publikasi jurnal nasional dan internasional sudah menjadi hal yang wajib.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Namun, apakah Anda pernah bertanya mengenai cara upload jurnal atau bahkan sedang kebingungan dengan biaya publikasi jurnal. Pada artikel kali ini akan menjawab beberapa pertanyaan Anda yang mungkin selama ini belum terjawab.

Pengertian DOAJ

Cara Index DOAJ
DOAJ (Directory of Open Access Journals) merupakan direktori daring (online) yang mengindekskan dan menyediakan akses ke jurnal yang berkualitas, open access, dan peer-reviewed

DOAJ juga dapat diartikan sebagai sebuah platform yang digunakan untuk menyimpan dat abase jurnal yang tidak berbayar alias gratis (open access) dari seluruh dunia.

Selain itu,terdapat fungsi dari DOAJ adalah melakukan pengindeksan dengan memberi skor pada berbagai jurnal yang ada di dalam database tersebut.

Pada 11 Juni 2022 yang lalu, telah tercatat setidaknya 130 negara yang menjadi bagian dari DOAJ, dengan jumlah 17.790 jurnal, dan 7.569.294 artikel.

DOAJ telah menjadi platform yang sangat berkualitas karena setiap orang yang mempublikasikan jurnalnya akan penasaran apakah jurnal tersebut sudah terindeks DOAJ atau belum.

Tak hanya itu saja, layanan pengindeks tersebut memiliki tujuan menjadi titik awal bagi layanan referensi dan juga materi ilmiah yang sifatnya open access (akses terbuka).

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan DOAJ menawarkan visibilitas dan juga kemudahan melakukan akses jurnal ilmiah terbuka dengan harapan para penulis dapat terangkat dan merasakan dampak dari kegunaan jurnal ilmiah itu secara menyeluruh dan secara umum.

DOAJ juga memiliki berbagai fitur yang tersedia di direktori online ini, mulai dari fitur pencarian lanjut (advanced search) yang berguna untuk menemukan artikel atau jurnal ilmiah yang dimaksud.

Sehingga, pengunjung dapat dengan mudah mengakses secara gratis dan bebas hanya dengan menyesuaikan artikel atau jurnal berdasarkan kriteria dan kebutuhan yang mereka cari.

Nantinya hasil pencarian tersebut akan ditemukan lengkap dengan ISSN, URL asal jurnal, peer to review, berdasarkan klasifikasi jurnal, tanggal ditambahkan, dan atribut lengkap lainnya.

Contohnya saja seperti DOAJ Seal untuk jurnal yang terpilih, kemudian juga atribusi warna hijau untuk jurnal terbuka, dan lain sebagainya. Berikut tampilan laman DOAJ pada Jurnal Kesehatan.

Tertarik Publikasi Jurnal DOAJ? Konsultasikan Sekarang!

Oh iya, jika Anda ingin mengetahui cara upload jurnal sinta, Anda bisa kunjungi web resmi greenpublisher.id.

Manfaat Jurnal Terindeks DOAJ Bagi Dosen

Bagi para dosen yang memiliki jurnal terindeks DOAJ, tentunya memiliki berbagai manfaat. Pada umumnya, berbagai jurnal yang sudah terbit dan terindeks DOAJ serta memenuhi berbagai kriteria dapat digunakan untuk kenaikan pangkat atau jabatan tertentu.

Terlebih lagi jika nilai memiliki nilai lebih tinggi dari jurnal yang tidak terindeks di DOAJ. Di bawah ini terdapat beberapa manfaat bagi dosen yang memiliki jurnal terindeks DOAJ. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Perolehan Angka Kredit Maksimal 20 kum

Untuk jurnal yang terindeks DOAJ akan memiliki dampak yang positif, terutama pada penelitian. Hal ini dikarenakan angka kredit kenaikan jabatan akademik dosen akan terbantu.

Misalnya saja jika terdapat artikel ilmiah yang terbit pada jurnal terindeks DOAJ, maka akan mendapatkan angka kredit maksimal sebesar 20.

Meningkatkan Nilai Akreditasi Jurnal Ilmiah

urnal yang sudah terindeks DOAJ, tentunya secara tata kelola dapat dikatakan bahwa jurnal tersebut sudah memenuhi standar jurnal ilmiah. Sehingga, jurnal yang sudah terindeks direktori ini memiliki nilai atau poin plus di hadapan asesor akreditasi jurnal.

Meningkatkan Traffic Kunjungan ke Website Jurnal

Di dalam DOAJ memiliki database yang dapat diakses dari seluruh penjuru negara. Sehingga, siapa saja dapat mengaksesnya secara terbuka.

Apabila Anda sedang mencari informasi dan memanfaatkan DOAJ untuk mencari artikel yang sesuai dengan riset. Anda hanya perlu mengetikkan variabel yang diinginkan, lalu akan muncul judul artikel, file PDF, dan juga informasi.

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa cara indeks DOAJ agar jurnal yang kamu kelola bisa cepat diterima.

Silahkan simak langkah-langkah berikut ini :

Langkah Pertama

Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu kelengkapan website jurnal yang Anda kelola agar bisa sesuai dengan standar yang dimiliki oleh DOAJ.

Sehingga,  kita bisa memudahkan Manajer Jurnal untuk mengiri form pendaftaran.

Selain itu, kita bisa menyetting dengan menggunakan akun Jurnal Manajer pada OJS dengan cara menambahkan block pada Plugin Custom Blog Manager.

Nah, di bawah ini terdapat sebuah HTML Code untuk custom blog & static Page yang bisa kamu gunakan.

Langkah-Langkah Menambahkan Block :

  • Silahkan masuk sebagai Journal Manager
  • Setelah itu, klik Setting Website
  • Kemudian klik Plugins dan kemudian Custom Blog Manager

Langkah-Langkah Menambahkan Static Page :

  • Silahkan masuk ke Journal Manager
  • Kemudian pilih Setting Website
  • Lalu klik Static Page
  • Berikut Cara Indeks DOAJ :
  • Pertama-tama, silahkan klik Register / Daftar
  • Setelah itu, lengkapi formulir yang diminta
  • Kemudian, silahkan input email konfirmasi (email ini berguna untuk berkomunikasi antara Pengelola Jurnal & Reviewer DOAJ)
  • Langkah terakhir, Klik Save / Simpan

Jika sudah selesai, maka Anda perlu menunggu review dari pihak DOAJ.  Untuk jangka waktunya maksimal 6 bulan.

Setelah itu, Anda akan diberikan masukkan akan pergantian atau perbaikan akan komponen-komponen pada OJS jurnalmu dalam waktu yang ditentukan. (1 Hari, 1 Minggu, 1 Bulan & Tanpa Deadline)

Rekomendasi Tempat Publikasi Jurnal DOAJ Mudah Terbit

Cara Index DOAJ

Bagi Anda yang membutuhkan jasa publikasi jurnal dengan biaya yang terjangkau dan cepat terbit.

Tentunya, dalam cukup sulit untuk menemukan publisher jurnal yang bisa terbit dalam waktu yang dekat.

Green Publisher telah menjadi  satu-satunya lembaga publikasi jurnal yang sudah berbadan hukum yang mengelola lebih dari 12 jurnal, dan beberapa diantaranya sudah terindeks oleh Sinta & Scopus.

Selain itu, belum lama ini salah satu Jurnal (Journal of Sosial Science) yang kami kelola sudah berhasil terindeks oleh DOAJ. Dengan ini, Anda dapat mempublikasikan naskah jurnal di Journal of Sosial Science milik kami yang sudah terindeks DOAJ.

Ingin Publikasi Jurnal Terindeks DOAJ Cepat Terbit? Yuk Konsultasi Langsung Dengan Tim DOAJ Kami Sekarang Juga! Klik Whatsapp Di Bawah ini!

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa cara index DOAJ. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like