Cara Cek Akreditasi Jurnal Sinta

Kamu sedang mencari artikel cara cek akreditasi jurnal sinta? kamu datang pada artikel yang tepat, disini kami akan membahas tentang bagaimana cara cek akreditasi jurnal sinta, lebih lengkapnya simak artikel ini sampai habis!

Dalam dunia akademik, bahwa Cara Upload jurnal merupakan hal yang penting. Jurnal adalah sebuah media yang digunakan oleh para akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka. Jurnal yang memiliki akreditasi tinggi sangatlah penting bagi para akademisi untuk menunjukkan kualitas penelitiannya.

Salah satu akreditasi jurnal yang terkenal di Indonesia adalah akreditasi Sinta (Science and Technology Index) yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRTIN). Sinta merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi mengenai jurnal yang diakreditasi oleh Kemenristek/BRTIN. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai cara untuk cek akreditasi jurnal Sinta.

Bagi kamu yang ingin publikasi jurnal, bisa langsung konsultasikan pada whatsapp dibawah ini

 

 

Cara Cek Akreditasi Jurnal Sinta

Cara Cek Akreditasi Jurnal Sinta
  1. Mengunjungi website Sinta Langkah pertama untuk cek akreditasi jurnal Sinta adalah dengan mengunjungi website Sinta. Website Sinta dapat diakses melalui https://sinta.ristekbrin.go.id/. Setelah masuk ke website Sinta, akan muncul halaman awal Sinta.
  2. Pencarian jurnal Pada halaman awal Sinta, terdapat kolom pencarian yang dapat digunakan untuk mencari jurnal yang ingin diakses. Pengguna dapat mencari jurnal berdasarkan nama jurnal, ISSN jurnal, nama institusi atau nama penulis. Setelah memasukkan kata kunci pencarian, pengguna dapat menekan tombol ‘Cari’.
  3. Pilih jurnal yang diinginkan Setelah menekan tombol ‘Cari’, Sinta akan menampilkan daftar jurnal yang sesuai dengan kata kunci pencarian. Pengguna dapat memilih jurnal yang ingin diakses dari daftar tersebut.
  4. Melihat akreditasi jurnal Setelah memilih jurnal yang ingin diakses, pengguna dapat melihat akreditasi jurnal tersebut dengan mudah. Akreditasi jurnal tertera pada bagian atas halaman jurnal yang diakses. Selain itu, pada halaman jurnal juga terdapat informasi mengenai ISSN jurnal, nama penerbit, dan alamat situs jurnal.
  5. Verifikasi akreditasi jurnal Untuk memastikan bahwa jurnal yang diakses memiliki akreditasi Sinta yang valid, pengguna dapat memverifikasi akreditasi jurnal tersebut dengan melakukan pencarian pada website Sinta. Caranya adalah dengan mengunjungi halaman ‘Akreditasi Jurnal’ pada website Sinta. Pada halaman ini, pengguna dapat memasukkan nama jurnal atau ISSN jurnal yang ingin diperiksa. Setelah memasukkan kata kunci pencarian, Sinta akan menampilkan informasi mengenai akreditasi jurnal tersebut. Jika akreditasi jurnal tersebut valid, maka akan muncul informasi mengenai akreditasi jurnal tersebut, seperti nama jurnal, akreditasi, dan periode akreditasi.
  6. Mengevaluasi kualitas jurnal Setelah memastikan bahwa jurnal yang diakses memiliki akreditasi Sinta yang valid, pengguna dapat mengevaluasi kualitas jurnal tersebut. Salah satu cara untuk mengevaluasi kualitas jurnal adalah dengan melihat faktor dampak jurnal. Faktor dampak jurnal adalah ukuran yang digunakan untuk mengukur seberapa sering artikel dijurnal tersebut dikutip oleh jurnal-jurnal lain dalam periode tertentu. Semakin tinggi faktor dampak jurnal, semakin banyak artikel yang dikutip oleh jurnal-jurnal lain, dan semakin tinggi pula kualitas jurnal tersebut. Pengguna juga dapat mengevaluasi kualitas jurnal dengan melihat daftar artikel yang dipublikasikan dalam jurnal tersebut. Artikel-artikel tersebut sebaiknya ditulis oleh penulis yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang tinggi di bidangnya.Selain itu, pengguna juga dapat melihat faktor lain yang mempengaruhi kualitas jurnal, seperti kecepatan review artikel, kualitas editorial, dan kualitas peer review.

Konsultasikan segera kebutuhan publikasi Anda bersama Greenpublisher sekarang juga!

Kesimpulan

Demikianlah artikel yang dapat kami berikan terkait Cara Cek Akreditasi Jurnal Sinta, semoga dengan adanya artukel Cara Cek Akreditasi Jurnal Sinta bisa berguna dan bermanfaat. Terimakasih!

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like