Cara Mengecek Jurnal Sinta

Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mengecek Jurnal Sinta silahkan simak artikel berikut hingga habis!

Banyak orang yang belum mengetahui cara melihat Jurnal Sinta, sedangkan menerbitkan artikel ilmiah adalah syarat wajib kelulusan perguruan tinggi. Salah satu syarat lulus S1 ke S3 merupakan publikasi di Jurnal Ilmiah terakreditasi.

Apalagi, Jurnal Internasional ternama seperti Scopus membutuhkan gelar P.H.D. Padahal untuk program magister adalah Jurnal Ilmiah Nasional yang terakreditasi Sinta.

Yang paling mudah tentunya yaitu membuat Bachelor, sebauh Jurnal Nasional online biasanya hanyak sebelum diindeks oleh Copernicus.

Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya submit jurnal, Anda bisa kunjungi blog Greenpublisher.id atau klik teks biru di atas ya!

Baca Juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Skripsi Orang

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Cara Mengecek Jurnal Sinta

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu beberapa cara mengecek Jurnal Sinta.

Ada juga Langkah-langkah mengecek Jurnal Sinta sebagai berikut:

1. Cara Mengecek Sinta Jurnal Di Website Resminya

  • Pertama silahkan buka url website sinta : https://sinta.kemdikbud.go.id/. Lalu pergi ke navigasi utama (atas) ke bagian “Sumber” dan klik “Jurnal”.
  • Kemudian, cari jurnal di bilah pencarian, masukkan nama jurnal jika ada, dan klik tombol cari. Jika tidak, klik tombol Pencarian Lanjutan.
  • Jadi dalam pencarian ini Anda dapat mencari jurnal ilmiah yang disinkronkan menggunakan bidang Anda. Bagian topik ini memiliki sepuluh bidang pengelompokan yang dapat Anda pilih, yaitu: Kesehatan, Sains, Pendidikan Agama, Ekonomi, Kemanusiaan, Pertanian, Seni, Masyarakat, dan Mesin.
  • Kali ini saya berikan contoh untuk memilih bidang pendidikan. Setelah dipilih, klik tombol “Cari”. Kotak lain mengabaikan kosong, tidak apa-apa.
  • Diagram di bawah ini adalah apa yang terjadi dalam proses pencarian jurnal terakreditasi di bidang pendidikan. Silakan pilih apa yang terjadi dengan pencarian ini untuk menemukan jurnal Sinta yang akan Anda kunjungi dengan tujuan 1, 2, 3, 4 atau lainnya.
  • Misalnya, ini adalah jurnal pendidikan terakreditasi Sinta 4.
  • Klik salah satu nama jurnal untuk mengetahui lebih detail tentang jurnal tersebut. Untuk membuka jurnal pilihan Anda, klik tombol “Situs” di bagian bawah nama penerbit.

Segera Konsultasikan Kebutuhan Publikasi Ilmiah Anda dan Dapatkan Jaminan 100% Terbit!

 

 

2. Cara Mengetahui Jurnal yang Terakreditasi Arjuna

Setelah kita membahas cara mengecek sinta jurnal, tidak lengkap rasanya kalau tidak membagikan bagaimana cara mengetahui jurnal terakreditassi lewai Arjuna.

  • Pertama yang perlu kalian ketahui adalah mengunjungi website Arjuna Ristekbrin di https://arjuna.kemdikbud.go.id/
  • Selanjutnya Klik Lihat Daftar Jurnal
  • ketikkan nama jurnalnya di bagian pencarian, selanjutnya tekan enter.
  • Klik Histori Akreditasinya, untuk melihat riwayat akreditasinya.
  • Yang terakhir adalah melihat masa berlaku akreditasinya.

Baca Juga : Cara Menulis Daftar Pustaka Nama Pengarang 3 Kata

Apa Itu Sinta?

Apa Itu Sinta?

SINTA (Science and Technology Index) adalah penelitian berbasis web yang dibangun untuk mengukur kinerja peneliti, institusi, dan jurnal ilmiah yang ada di Indonesia.

Jurnal yang terindex sinta adalah jurnal yang sudah terkreditasi oleh sistem akreditasi ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional) yang dikelola Ristekbrin.

Call For Paper Pendampingan Publikasi Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 2, 3, 4,dan  5 Bergaransi 100% Terbit

 

Nah, dalam proses publikasi jurnal sinta, kamu diwajibkan untuk memiliki naskah jurnal terlebih dahulu dan kemudian baru kita publikasikan.

Nah sebenarnya, untuk publikasi di daftar jurnal sinta sendiri ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Jika Sobat Green Publisher memilih jurnal sinta yang gratis, maka kamu akan melalui proses review naskah yang super ketat dan tidak ada yang mendampingimu. Selain prosesnya yang ketat, untuk menunggu naskah yang kamu miliki di terima atau tidak oleh jurnal tersebut, memakan waktu yang cukup lama. Bisa 3 bulan, 4 bulan hingga 6 bulan lamanya.

Jika ternyata naskahmu tidak diterima di jurnal sinta, maka naskah akan dikembalikan dan diperlukan revisi jurnal. Dan bilamana di terima, maka kamu juga perlu menunggu sekitar 6 bulan – 1 tahun untuk naskah tersebut bisa dipublikasikan.

Akan tetapi, jika kamu berinisiatif untuk memilih yang berbayar, maka kamu akan didampingi dalam proses review yang mana tidak akan menguras waktu lama.

Kamu hanya perlu menunggu maksimal 1 minggu saja untuk proses review jurnal. Jika naskah jurnalmu tidak sesuai, maka akan dibantu dalam proses revisinya. Dan jika sesuai, maka naskahmu akan dipublikasikan pada waktu yang dekat. Kami siap mendampingi naskahmu sampai benar-benar bisa terbit di jurnal sinta impianmu.

Kami memiliki banyak Tim yang masing-masing sudah ahli dalam bidangnya. Semua rumpun ilmu, bisa kami dampingi publikasinya di jurnal sinta.

Apakah biaya publikasi jurnal sinta ini mahal? Tidak, kami menyesuaikan kantong mahasiswa.

Apakah dijamin bisa terbit di jurnal SINTA? Kami jamin 100%, dengan catatan naskah tersebut sudah sesuai.

Kesimpulan

Nah, cukup sampai sini saja pembahasan kita kali ini mengenai Cara Mengecek Jurnal Sinta. Semoga ini bisa berguna dan bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Terimakasih!


FAQ

Ada berapa cara mengecek Jurnal?

Ada 7 cara

Bagaimana syarat lulus S1 ke S3?

Salah satu syarat lulus S1 ke S3 merupakan publikasi di Jurnal Ilmiah terakreditasi.

Bagaimana syarat menerbitkan artikel ilmiah?

Syarat wajib kelulusan perguruan tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like