Jasa Publikasi Prosiding Hasil Seminar Dan Conference

Bagi kamu yang sedang mencari Jasa Publikasi Prosiding Hasil Seminar Dan Conference, silahkan simak pembahasan ini sampai habis yah!

Prosiding merupakan publikasi artikel ilmiah yang merupakan hasil penelitian dosen (peneliti) yang melewati proses seminar. Dibawah ini tempat penyedia jasa publikasi prosiding hasil seminar atau conference.

Prosiding masih sering disalahartikan dengan jurnal. Agar tidak bingung Anda harus paham perbedaan antara. Prosiding dan Jurnal.

“Ingin Mempublikasikan Hasil Prosiding? Simak Poin Paling Bawah Yah!”

5 Perbedaan Prosiding Dan Jurnal Yang Perlu Kamu Ketahui!

Perbedaan Prosiding Dan Jurnal

Sebelum kami menawarkan Jasa Publikasi Prosiding Hasil Seminar Dan Conference, pada bagian awal ini kami akan memberikan informasi terlebih dahulu mengenai perbedaan jurnal dan prosiding.

Berikut adalah beberapa perbedaan prosiding dan jurnal ilmiah yang perlu diketahui agar tidak bingung lagi:

Baca Juga : Jasa Publikasi Prosiding Nasional Dan Internasional

1. Skema Penerbitan

Perbedaan pertama adalah perbedaan yang paling mencolok, dimana skema penerbitannya memang berbeda. Pada jurnal, peneliti (dosen) perlu memilih jurnal yang sesuai kriteria kemudian mengirimkan naskah artikel ilmiah. Jika diterima maka berlanjut ke tahap selanjutnya, yakni proses editing atau peer review.

Peer review adalah proses isi artikel ilmiah dibaca, dipelajari, dan dicek oleh ahli di bidangnya. Sistemnya sama seperti bimbingan skripsi, dimana dosen pembimbing melakukan koreksi dan mahasiswa melakukan perbaikan atau revisi. Jika sudah dianggap selesai atau bagus baru dipublikasikan ke jurnal.

Sedangkan prosiding, artikel ilmiah yang akan dipublikasikan dosen harus melewati proses seminar. Jadi, dosen menyampaikan artikel ilmiah yang dimiliki dalam sebuah seminar. Kemudian penyelenggara seminar menyatukannya dengan artikel ilmiah lain di seminar yang sama menjadi prosiding.

2. Tahapan Dalam Proses Penerbitan

Sama seperti penjelasan sebelumnya, publikasi artikel ilmiah ke dalam jurnal ilmiah memiliki tahapan panjang. Mulai dari pengiriman naskah artikel ilmiah ke editor jurnal, proses peer review, dan seterusnya sampai tahap akhir. Yakni artikel ilmiah disetujui untuk masuk jurnal dan ikut publikasi di volume berikutnya.

Sedangkan pada prosiding, tahapannya singkat karena dosen hanya perlu menyampaikannya dalam seminar. Tidak ada peer review yang biasanya memakan waktu berbulan-bulan. Selain itu, naskah yang umumnya sudah disampaikan di seminar secara otomatis masuk ke prosiding lembaga penyelenggaranya.

3. Bentuk Publikasi

Bentuk publikasi jurnal biasanya dalam bentuk online, dipublikasikan di website khusus jurnal dan tidak dicantumkan di website penerbit (baik itu perguruan tinggi, lembaga, dan lain-lain). Jadi, pihak penerbit punya website khusus untuk satu jurnal dengan tema spesifik.

Jurnal juga bisa diterbitkan dalam versi cetak dan didistribusikan ke berbagai perpustakaan. Sedangkan prosiding biasanya dipublikasikan dalam bentuk cetak, dan berhubung ada perubahan aturan dalam buku Panduan Operasional Penilaian Angka Kredit Jabatan Akademik/Pangkat Dosen di tahun 2019.

Maka prosiding bisa masuk ke angka kredit dosen dengan aturan tambahan. Salah satunya dipublikasikan secara online di website penyelenggara seminar.

Sehingga bentuk publikasinya bisa dalam bentuk online. Kemudian bisa didapatkan di website penyelenggara seminar tanpa perlu dibuatkan website khusus.

4. Lama Waktu Penerbitan

Perbedaan prosiding dan jurnal ilmiah juga bisa ditemukan pada lama waktu penerbitan. Pada jurnal, lama waktunya lebih panjang karena memang tahapannya lebih banyak.

Dimana proses peer review bisa memakan waktu bulanan, sedangkan prosiding tidak. Maka publikasinya lebih cepat selama sudah disampaikan di seminar.

5. Level Keilmiahan

Proses seleksi artikel ilmiah untuk prosiding tidak seketat jurnal ilmiah, hal ini membuat prosesnya cepat dan bebas ribet. Meskipun begitu, prosiding memiliki level keilmiahan di bawah jurnal.

Sehingga artikel ilmiah di dalam jurnal memiliki tingkat keilmiahan yang tinggi dan secara khusus hanya menyasar pembaca dari kalangan masyarakat ilmiah.

Melalui penjelasan di atas maka bisa dipahami dengan baik apa saja perbedaan prosiding dan jurnal. Meskipun sama-sama media publikasi terhadap penelitian yang dilakukan dosen, namun berbeda dengan jurnal. Supaya tidak bingung lagi, maka bisa mencoba memahami penjelasan di atas.

Baca Juga : Cara Cek Prosiding Terindeks Scopus

Jasa Publikasi Prosiding Terindeks Scopus (Hasil Seminar Dan Conference)

Jika Anda sudah tidak bingung lagi, maka saatnya Anda mempublikasikan hasil paper Anda pada sebuah Prosiding.

Jika Anda adalah sebuah Lembaga atau kampus yang mengadakan Seminar atau Conference namun masih bingung untuk mempublikasikan hasil papernya, Anda bisa hubungi Green Publisher Indonesia sebagai penyedia jasa publikasi Prosiding baik Nasional maupun Internasional.

Kami, Green Publisher Indonesia hadir dan menawarkan Kerjasama luaran publikasi conference berupa prosiding baik prosiding nasional maupun prosiding internasional terindeks Copernicus, EBSCO dan Scopus.

Jika Anda memiliki agenda seminar atau conference namun masih bingung terhadap publikasi luarannya, bekerja samalah dengan kami sebagai penyedia jasa penerbitan prosiding terpercaya dan bereputasi tinggi.

Hasil publikasi Prosiding sama-sama menambah total angka kredit dosen, selama prosiding diunggah di website institusi penyelenggara seminar. Atau disesuaikan dengan ketentuan yang ada dari pihak Kemendikbud.

Oleh karena itu, publikasikan hasil paper Seminar atau Conference Anda pada Prosiding dari Penerbit yang professional dan terpercaya seperti Green Publisher.

Kami siap menjadi solusi terbaik bagi kamu yang sedang mencari Jasa Publikasi Prosiding Nasional Dan Internasional.

Kami juga sudah berbadan hukum. Jadi kamu tidak perlu risau lagi.

Bagi Kamu Yang Tertarik Dengan Penawaran Kami, Silahkan Hubungi Kami Melalui Whatsapp Di Bawah Ini!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like